Pengaruh Komik Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Kewarganegaraan Siswa SMA Srijaya Negara Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media komik interaktif terhadap pemahaman konsep kewarganegaraan peserta didik kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti penggunaan media komik interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep kewarganegaraan. Dengan demikian, media komik interaktif efektif digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran PPKn.
This study aims to analyze the effect of using interactive comic media on students' conceptual understanding of citizenship in grade XI at SMA Srijaya Negara Palembang. The research applied a quantitative approach with a quasi-experimental design of the Nonequivalent Control Group type. Data collection techniques included pre-tests and post-tests, along with classroom observations. The results show a significant difference in learning outcomes between the experimental and control classes. The experimental class’s post-test scores were notably higher than those of the control class. The t-test results revealed a significance value of less than 0.05, indicating that the use of interactive comic media significantly influenced students’ conceptual understanding. Therefore, interactive comic media is proven effective as an innovative learning medium in Civics Education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Maulidah, Nurrohmatillah Anshori, I. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Perumusan Pancasila. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10.
Arysad, A. (2021). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Rajawali Press Ghufron.
Batubara. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Deepublish CV Budi Utama.
McCloud, S. (2020). McCloud, Scott. 2020. Memahami Komik. Kepustakaan Populer Gramedia.
Mei, A., & Fathurrohman, Y. (2024). Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar PKn di Kelas IV SDN Kuatajaya 1. Nnovative: Journal of Social Science Research, 3 (3).
Melanda. (2023). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran PPKN. Bening Media Publishing.
Rosmana, & Sari, Y. K. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Komik dan Proses Pada Perencanaan Pembelajaran PPKn. Education, 18(1), 143–153.
Sajidiman, E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Komik pada Materi Getaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 7 (2), 187–190.
Sari, N. D., Akhodiyah, S., Info, A., & History, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Komering Heritage pada Materi Narrative Texts. 8(April), 3821–3826.
Sawitri, J. I., Novita, T., Karo, B., Mutiara, C., & Barus, B. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Improving the Quality of Learning by Using Interactive Learning Media. 1, 96–102.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengarui. PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulaiman, & Sari, I. P. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.
Susanty, L., & Pujiastuti, S. (2024). Development of Digital Comic “ Putri Tujuh ” for Reading Course Pengembang an Komik Digital “ Putri Tujuh ” u ntuk Mata kuliah Membaca A2. 3(3), 203–220.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.31496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: