Penguatan Sikap Nasionalisme Siswa di Era Digital SMK Swasta PAB 12 Saentis
Abstract
Era digital memudahkan masuknya budaya asing, yang berpotensi mempengaruhi sikap nasionalisme siswa, terutama akibat penggunaan media sosial yang tidak bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dalam penguatan sikap nasionalisme siswa di era digital SMK Swasta PAB 12 Saentis dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya sikap nasionalisme siswa di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan, pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila di SMK Swasta PAB 12 Saentis berperan penting dalam memperkuat nasionalisme siswa di era digital, peran diwujudkan sebagai edukator, motivator, leader (pemimpin), inovator, dan fasilitator melalui keteladanan, penggunaan media, serta pendekatan yang menyentuh ranah afektif dan psikomotorik siswa. Penguatan sikap nasionalisme dipengaruhi oleh faktor internal, seperti lingkungan keluarga dan sosial, serta faktor eksternal berupa arus globalisasi dan budaya asing yang masuk melalui media digital. Namun, peran aktif guru dan dukungan sekolah mampu menyeimbangkan pengaruh negatif tersebut, sehingga siswa tetap menunjukkan sikap nasionalisme yang positif di tengah tantangan era digital.
The digital era facilitates the entry of foreign cultures, which have the potential to influence students' nationalism attitudes, especially due to the unwise use of social media. This study aims to determine the role of Pancasila Education teachers in strengthening students' nationalism attitudes in the digital era of SMK Swasta PAB 12 Saentis and to determine the factors that influence the decline in students' nationalism attitudes in the digital era. The method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques used are observation, interview and documentation study techniques. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation (display), and drawing conclusions. The results of the study indicate that Pancasila Education teachers at SMK Swasta PAB 12 Saentis play an important role in strengthening students' nationalism in the digital era, the role is manifested as educators, motivators, leaders, innovators, and facilitators through role models, use of media, and approaches that touch the affective and psychomotor domains of students. Strengthening nationalism attitudes is influenced by internal factors, such as family and social environments, as well as external factors in the form of globalization and foreign cultures that enter through digital media. However, the active role of teachers and school support can balance these negative influences, so that students continue to demonstrate a positive nationalistic attitude amidst the challenges of the digital era.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aga, E. K., Oka, D. N., & Sudirgayasa, I. G. (2021). Peranan Guru PPKn Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa Di Smpn 6 Tabanan. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 3(1), 1–7.
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772/pdf
Anderson, B. (2008). Imagined Communities Komunitas-Komunitas Terbayang. Pustaka Pelajar dan Insist Press.
Dewi, N. A., Maisyaroh, Perangin-Angin, R. B. B., & Dharma, S. (2023). Peran Guru Dalam Membangun Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas VI DI MIS Azrina Pada Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4902–4910.
Fartdilah, K., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Gandasari 1 Kota Tangerang. Anwarul jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 232–241.
Gulo, I. N. H., Khinanti, L. D., & Manurung, K. (2024). Rendahnya Sikap Nasionalisme Mengakibatkan Meningkatnya Sikap Egoisme di Kalangan Remaja (Studi Kasus: Kelas VIII SMP N 35 Medan). Journal on Education, 6(4), 19188–19195. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5919
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran PKn. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1570
Hermala, Z., & Masito, F. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Taruna/i Poltekbang Palembang : Karakter, Nasionalisme dan Lingkungan. Journal of Engineering and Transportation, 1(4), 1–12.
Hingan, A. O. W., Wingkolatin, & Majid, N. (2024). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme Pada Siswa Melalui Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 40 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 149–163.
Ifnaldi, & Andani, F. (2021). Etika dan Profesi Keguruan. CV. Andhra Grafika.
Ismawati, Y. T., & Suyanto, T. (2015). Peran Guru PPKn dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air Siswa di SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 02(03), 877–891.
Kobandaha, S. S., Hamid, S. Al, & Ngiu, Z. (2024). Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Di Smp Negeri 1 Bone Raya. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 6413–6424.
Kurniawaty, J. B. (2024). Nasionalisme Di Era Digital : Tantangan Dan Peluang Bagi Generasi Z Indonesia. Jagaddhita, 3(2), 1–9.
Marpaung, P. S., & Saragih, S. Z. (2024). Peran Guru PPKn Dalam Menanamkan Rasa Nasionalisme Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Rantau Selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(3), 1997–2012.
Panayitsa, A. L., & Falah, P. Al. (2025). Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Kebudayaan Indonesia. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 2(1), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/filosofi.v2i1.468
Prianti, E. N., Aulawi, A., & Khadijah, S. (2019). Peranan Guru PKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 1 Petir Kelas XI Ips 2 Kabupaten Serang. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan- Universitas Banten Jaya, 2(2), 125–138.
Salsabila, A., & Afamery, S. (2024). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa. SELAMI IPS, 17(2), 85–89.
Saragih, R., & Batubara, A. (2024). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Nilai Nasionalisme Untuk Mengatasi Sikap Fanatisme Idol K-Pop Pada Siswa Di Smp N 37 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 161–171.
Sianturi, C. G., Maulia, S. T., Salam, M., & Sariani, D. (2024). Analisis peran Guru PPKn dalam menanamkan sikap Bela Negara pada Siswa Kelas X (Fase E) di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Academy of Education Journal, 15(1), 765–772. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2309
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suheri, A., Mantili, Rosmawiah, & Albert. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Nasionalisme Dan Integrasi Bangsa Di Era Modern. Prosiding Seminar Nasional Universitas Pgri Palangka Raya, 1, 327–341. https://doi.org/10.54683/puppr.v1i0.33
Suparlan. (2006). Guru Sebagai Profesi. Hikayat.
Taqiyya, W., Finanda, M. F., Azzahra, S. S. M. A., & Supriyono. (2024). Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab 2023 Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidika tambusai, 8(1), 2088–2093. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12705
Wakano, J., Hatala, R., & Tuharea, J. (2024). Peran Guru PPKn Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMA Negeri 2 Maluku Tengah. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, 2(1), 213–217. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i1.1957
Wenni, S., Situmeang, N. K., Sitompul, S. H., Nurhayati, F., & Siregar, W. M. (2024). Peran Guru PKn dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Era Globalisasi. Bhinneka : Jurnal Bintang Pendidikan danBahasa, 2(3), 90–97.
Wijayanti, M. D., & Suwanda, I. M. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMAN 1 Ngadirojo Pacitan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(4), 1007–1021. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p1007-1021
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.32629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: