Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Instrumen Penegakan Hukum Jangka Panjang

Winda Nurul Annisa, Zulaikha Tri Astuti

Abstract


Penegakan hukum yang berkelanjutan tidak dapat hanya mengandalkan pendekatan represif oleh aparat hukum, tetapi juga memerlukan strategi preventif melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pendidikan kewarganegaraan sebagai instrumen penegakan hukum jangka panjang dengan membentuk budaya hukum masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi pustaka sistematik dengan pendekatan deskriptif-analitis melalui teknik analisis isi dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan berperan strategis dalam menumbuhkan kesadaran dan sikap menghormati hukum untuk penegakan hukum jangka panjang. meski demikian implementasinya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan keterampilan guru dalam menyampaikan materi secara kontekstual dan dominasi metode hafalan.

 

Sustainable law enforcement cannot rely solely on a repressive approach by legal authorities; it also requires preventive strategies, such as education. This study aims to analyze the role of civic education as a long-term law enforcement instrument by fostering a culture of law within society. This research employs a Systematic Literature review as a method, utilizing a descriptive-analytical approach and content and thematic analysis techniques. The results indicate that civic education plays a crucial role in developing legal awareness and respect for the law as part of long-term law enforcement efforts. However, its implementation still faces challenges, such as teachers’ limited skills in delivering contextual material and the dominance of the memorizing learning method.


Keywords


Legal Culture; Civic Education; Legal Education; Law Enforcement; Legal Awareness

Full Text:

PDF

References


Amatahir, Z. (2022). Pengaruh Budaya Hukum Terhadap Kebijakan Pembangunan Hukum di Indonesia. Jurnal Media Hukum, 10, 38–50. https://doi.org/10.59414/jmh.v10i1.502

Ayane, Z. T., & Mihiretie, D. M. (2024). Developing good person and citizen through civic and ethical education in Ethiopia: A content analysis of secondary school textbooks. Social Sciences and Humanities Open, 10. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.100913

Hidayati, A. N., & Qur’ani, E. R. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mewujudkan Penegakan Hukum di Indonesia. Indigenous Knowledge, 2(1). https://jurnal.uns.ac.id/indigenous/article/view/74886

Hurtado, S. (2019). “Now Is the Time”: Civic Learning for a Strong Democracy. Daedalus, 148(4), 94–107. https://doi.org/10.1162/DAED_a_01762

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i3.995

Rahmawati, H. N., & Azzahra, N. R. (2022). Meningkatkan Penegakan Hukum di Indonesia melalui Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. https://jurnal.uns.ac.id/indigenous/article/view/73625

Rahmayanti, D. (2020). Kajian Literatur: Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKndalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum. Seminar Nasional Pendidikan 2, 131–137. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/310

Sánchez-Agustí, M., & Miguel-Revilla, D. (2020). Citizenship education or civic education? A controversial issue in Spain. Journal of Social Science Education, 19(1), 154–171. https://doi.org/10.4119/jsse-1591

Sila, I. M. (2024). Membangun Kesadaran Hukum Warga Negara Melalui Pendidiakn Kewarganegaraan. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(1). https://doi.org/10.60153/jocer.v2i1.49

Subagio, T. R., & Trihastuti, M. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Konsep Penegakan Hukum Pada Generasi Muda. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2). https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1718

Suntara, R. A. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Hukum Bagi Warga Negara. SCRIPTA Jurnal Kebijakan Publik Dan Hukum, 2(2). https://journal.puskapkum.org/index.php/scripta/article/view/26

Syamsuri, A. S., Rukman, A. A., & Anggraeni, A. F. (2025). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat Indonesia. Jurnal Restorative, 2. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/hukbis/article/view/17637

Takdir. (2022). Peran Budaya Hukum dalam Mencapai Tujuan Hukum di Masyarakat. MADDIKA: Journal of Islamic Family Law, 3(1), 41–52. https://doi.org/10.24256/ahkam.v1i1.752

Yudhayana, S. W., & Aziz, A. S. (2024). Pentingnya Kesadaran Hukum dalam Dinamika Sosial di Masyarakat. LEGALITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 9, 79–96. https://doi.org/10.31293/lg.v9i1.7885

Zein, M. F. (2023). Pentingnya Mentaati Dan Meningkatkan Kesadaran Hukum Di Masyarakat. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 3(2), 71–75. https://doi.org/10.56393/nomos.v3i2.1489




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.33244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: