MOOCs dalam Pendidikan Bisnis: Peningkatan Keterampilan Negosiasi dan Pemasaran Digital di Lombok

Windi Baskoro Prihandoyo, Nining Suryani, Khaerul Anam

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan Massive Open Online Courses (MOOCs) yang berfokus pada peningkatan keterampulan negosiasi dan pemasaran digital bagi pelaku UMKM di Lombok. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan akses pelatihan formal yang menyebabkan pelaku usaha lokal kesulitan bersaing di era transformasi digital. Penelitian menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk menggali kesenjangan kompetensi dilakukan kegiatan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui wawancara dengan praktisi, dosen, dan pelaku UMKM di Lombok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian yang signifikan antara kebutuhan keterampilan negosiasi dan pemasaran digital dengan pelatihan yang tersedia. Pembelajaran pada MOOCs ini dikembangkan dengan model model self-paced learning berbasis Learning Management System (LMS) dengan delapan materi, video animasi interaktif, serta materi diskusi dan soal evaluasi formatif. Untuk memastikan kelayakan dilakukan pengujian oleh ahli media, bahasa, dan materi yang menunjukkan kualitas baik hingga sangat baik (rata-rata >80%), sehingga dinyatakan layak untuk digunakan.

The purpose of this study was to design and develop Massive Open Online Courses (MOOCs) focused on improving negotiation and digital marketing skills for MSMEs in Lombok. The background of this research is limited access to formal training, which makes it difficult for local businesses to compete in the era of digital transformation. The study employed a research and development (R&D) approach, utilizing the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. To explore competency gaps, a needs analysis was conducted through interviews with practitioners, lecturers, and MSMEs in Lombok. The results revealed a significant disparity between the demand for negotiation and digital marketing skills and the available training. The learning in this MOOC was developed using a self-paced learning model based on a Learning Management System (LMS) with eight materials, interactive animated videos, discussion materials, and formative evaluation questions. To ensure feasibility, testing was conducted by media, language, and material experts, which demonstrated good to excellent quality (average >80%), thus being declared suitable for use.


Keywords


MOOCs, UMKM, Negosiasi, Pemasaran Digital, Transformasi Digital

Full Text:

PDF

References


Amalina, V., & Riofita, H. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Live Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 386-400Vol 6, No. 2Mei2024Zaini, S. A., Salim, S. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1421

Aulia, M. R., Kusnadi, I. H., Wandanaya, A. B., Zakhra, A., Mustafa, F., & Muliyani, N. (2025). Peningkatan Kapabilitas Pelaku UKM dengan Pelatihan Digitalisasi dan Komunikasi Efektif. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 5428–5433. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1400

Chen, P. J., & Chen, Y. H. (2022). Massive Open Online Course Study Group: Interaction Patterns in Face-to-Face and Online (Facebook) Discussions. Frontiers in Psychology, 12(March), 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.670533

Ekawati, Y. A., & Ikhwana, H. (2024). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Manajemen Komunikasi Efektif bagi Pelaku Usaha Lokal (Studi Kasus UMKM di Medan Amplas). RESPINARIA: Jurnal …, 1(2), 52–56. https://ejournal.katersipublisher.com/index.php/RESPINARIA/article/view/77%0Ahttps://ejournal.katersipublisher.com/index.php/RESPINARIA/article/download/77/29

Febrianty, V., Bagas, F., & Firmansyah, R. (2022). Pengaruh Teknik Negoisasi Pada Platform Live Shopee. 2, 23–33.

Hidayati, D. (2022). Digital, Sistem Informasi Pendidikan dan Transformasi (B. Asyari (ed.)). UAD Press.

Khairi, et al. (2022). Teknologi Pembelajaran Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0 (A. A. Syukron (ed.)). Penerbit NEM.

Kuswandi, D., Zafar, Z. A. T., Wijanarko, D. A., Kurniawan, C., Avila, F., Nafda, M. Z. I., Maknunah, L., & Kustiawan, D. U. (2022). Konstruksi Learning Content Management System (LCMS). Academia Publication. https://www.google.co.id/books/edition/Konstruksi_Learning_Content_Management_S/VmVwEAAAQBAJ

Lisa Anggraini, I. (2025). Analisis Strategi Komunikasi Dan Negosiasi Untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis pada UMKM Kota Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(6), 3206–3210. https://doi.org/https://doi.org/10.56338/jks.v8i6.7952

Maharani, A., & Putra, R. H. (2023). Adaptasi Pendidikan Era 4.0: Covid-19 Momentum Mengkonstruksi Sistem Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 6(1), 27. https://doi.org/10.17977/um032v6i1p27-34

Margaryan, A., Bianco, M., & Littlejohn, A. (2015). Instructional quality of Massive Open Online Courses (MOOCs). Computers and Education, 80, 77–83. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.08.005

Martaningtyas, N. U. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Digital Marketing untuk Mencapai Kesuksesan dalam Berbisnis di Media Sosial Guna Memajukan Sektor UMKM. Prosiding Management Business Innovation Conference (MBIC), 556–567. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/article/view/67696

Murad, Z. K. ., Robbani, M. M., Rakhmadi, M. F., Sulistyowati, W., Maulida, F., Nurrachmat, J., & Maharani, T. E. (2023). The Development Of Digital Skill Path For MSMEs. Digital Transformation Center (DTC) dan Make-IT Indonesia. https://www.bmz-digital.global/wp-content/uploads/2024/02/The-Development-of-Digital-Skill-Path-for-MSMEs.pdf?utm_source=chatgpt.com

Nasution, et al. (2024). Perkembangan Teknologi dan Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan (Cetakan Pertama (ed.)). UMSU Press.

Ningrum, R. (2021). Seni Negosiasi: Intisari Ilmu Negosiasi (I). Psikologi Corner.

Rakhmaniar, A. (2024). Analisis Kuantitatif Tentang Pengaruh Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Proses Negosiasi Bisnis. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/sosial.v2i1.251

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 11(1), 49–61. https://doi.org/https://doi.org/10.52103/jtk.v11i1.144

Rita Bencivenga, C. L. and A. S. (2022). Equality, Diversity and Inclusion – A MOOC for Academic Purposes. Intech, 13. https://www.intechopen.com/books/advanced-biometric-technologies/liveness-detection-in-biometrics

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwingsih, N. N. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan (R. Utami (ed.)). CV ANDI OFFSET.

Saepuloh, A., Nurasiah, B. O., Pristianti, E., & Simanjutak, V. (2024). Pentingnya Komunikasi Bagi Pelaku UMKM Dalam Memasarkan Product. Jurnal Pengabdian Mandiri, 4(02), 7823–7830.

Sarbaitinil, S., Fatimah, I. F., Mabruroh, H., Hakpantria, H., & Ardiansyah, W. (2024). Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Teori_Belajar_dan_Pembelajaran/XCT2EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=definisi+Teori+konstruktivisme&pg=PA119&printsec=frontcover

Shah, J., Khanna, M., & Patel, H. (2021). Technology Adoption and Continuance of Moocs: a Systematic Literature Review, Synthesis and Future Research Agenda. Journal of Content, Community and Communication, 14(7), 106–132. https://doi.org/10.31620/JCCC.12.21/10

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information (Switzerland), 13(9), 1–20. https://doi.org/10.3390/info13090402

Syamanda, N., Silalahi, E., Limbanadi, I., Dhia, F., & Muhammad, A. (2024). Pengaruh Teknik Negoisasi pada Platfrom Live Shope dalam Peningkatan Penjualan. Majalah Ilmiah METHODA, 14(2), 208–216. https://doi.org/10.46880/methoda.vol14no2.pp208-216

Syofiyanti, D. (2022). Monograf Pengembangan Model Pendidikan Seks untuk Anak dengan Pendekatan Index Card Match di Sekolah Dasar (Retno (ed.); Pertama). CV Bintang Semesta Media.

Yachesta, R., Ilham, L., S, janatul A., & Kudusiah, K. (2025). Tata kelola pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan produktivitas umkm dan perluasan jangkauan ntb mall. Kontribusi: Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–112. https://risetekonomi.com/jurnal/index.php/kontribusi/article/view/281




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.34732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: