Pembelajaran PPKn di Masa Pandemi Covid-19: Integrasi Learning Management System dan Online Assessment di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Abstract
Pandemi virus Corona atau Covid-19 Pandemi merupakan kondisi yang tidak diinginkan yang terjadi di seluruh dunia. Dampak Covid-19 adalah beberapa kegiatan yang seharusnya dilakukan secara berkelompok atau bersama-sama merupakan kegiatan sehari-hari harus mengalami pembatasan. Semua sektor dipengaruhi oleh pembatasan ini sehingga aktivitas di semua sektor di transfer secara online. Salah satunya bidang pendidikan, kegiatan belajar mengajar dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Google Classroom Learning Management System dan Google Meet sebagai Online Assessment pembelajaran PPKn pada masa pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas 9A Global. Teknik analisis data yang digunakan adalah menarik kesimpulan dari hasil wawancara dan observasi. Hasil riset menunjukkan bahwa tulisan ini merupakan fakta yang diperoleh dalam pelaksanaan observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran PPKn pada saat pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta selama pandemi Covid-19.
The Corona virus pandemic or the Covid-19 Pandemic is an undesirable condition that occurs around the world. The impact of Covid-19 is that several activities that should be carried out in groups or collectively and constitute daily activities must experience restrictions. All sectors are affected by this restriction so that activities in all sectors are transferred online. One of them is the education sector, teaching and learning activities are shifted into distance learning or online learning. This article aims to describe the usage Google Classroomas Learning Management Systemand Google Meet as an Online Assessment of PPKn learning during the Covid-19 pandemic at SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. This study used a qualitative approach with data collection techniques using the method of observation and interviews with PPKn subject teachers and students of class 9A Global. The data analysis technique used is drawing conclusions from the results of interviews and observations. The results of this article are facts obtained in the implementation of observations made on PPKn learning during the Covid-19 pandemic at SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.during the Covid-19 pandemic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Siahaan, “Dampak Pandemi Covid-9 Terhadap Dunia Pendidikan,” J. Kaji. Ilm., vol. 20, no. 2, hal. 1–3, 2020.
Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020, “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corina Virus Disease 19,” 2020. .
H. Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, hal. 65–70, 2020.
S. R. R. Firman, “Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian,” J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, hal. 81–89, 2020.
K. L. A. E. Randy Joy Magno Ventayen, M. J. De Guzman, C. M. Cabaluna, dan & N. N. Espinosa, “Usability Evaluation of Google Classroom: Basis for the Adaptation of GSuite E-Learning Platform,” Asia Pacific J. Educ. Arts Sci., vol. 5, no. 1, hal. 47–51, 2018.
Y. Putri, G., dan Dewi, “Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom,” Al-Fikrah, vol. 2, no. 1, hal. 60–79, 2019.
M. Al-Maroof, R., dan Al-Emran, “Student’s Acceptance of Google Classroom : An Exploratory Study using PLS-SEM Approach,” I-JET, vol. 13, no. 6, hal. 112–123, 2018.
Hermanto, “Pemanfaatan Google Meet untuk Pembelajaran Daring,” 2020. .
N. Gazali, “Kolaborasi Google Meet – Google Classroom – Whatsapp Sebagai Solusi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” Bunga Rampai, hal. 249–257, 2020.
A. S. I Made Sujana, Eka Fitriana, Kurniawan Apgrianto dan E. Kurnianingsih, “Integrasi Google Classroom, Google Forms, dan Google Meet Dalam Rancangan Program Belajar dari Rumah (BDR),” J. Pengabdi. Ilmu Pendidikan, Sos. dan Hum., vol. 1, no. 1, hal. 13–23, 2021.
S. Astini, “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” J. Ilmu Pendidik., vol. 3, 2020.
M. L. Idad Suhada, Tuti Kurniati, Ading Pramadi, “Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19,” Digit. Libr. UIN Sunan Gunung Djati, hal. 1–10, 2020.
M. Okmawati, “The use of Google Classroom during pandemic,” J. English Lang. Teach., vol. 9, no. 2, hal. 438–443, 2020.
Y. B. B. Andira Permata, “Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), vol. 4, no. 1, hal. 27–33, 2020.
V. N. Wahyuni, “Efektifitas penggunaan google meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al Islam Plus Krian Sidoarjo,” Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya, hal. 1–71, 2021.
D. Sawitri, “Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” Prioritas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, hal. 13–21, 2020.
R. A. Faizin, “Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Media Aplikasi Google Meet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 02 Kota BLITAR,” 2021.
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: