Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA Negeri 2 Donggo

Sri Rejeki, Bernadus Iker Willem

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan kendala-kendala guru pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa SMA Negeri 2 Donggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek informasi adalah guru PPKn, Kepala Sekolah, dan Siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan pursposif sampling. Data penelitian diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data berupa data kualitatif. Sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari pengintegrasian pendidikan karakter oleh guru dalam setiap kali pertemuan melaui mata pelajaran dan di luar mata pelajaran atau partisipasi nyata. Sedangkan  kendala-kendala guru pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter terhadap siswa yaitu faktor sikap dari siswa, faktor keluarga, dan faktor lingkungan pergaulan.

 

The purpose of this research is to know the effort and constraints civics and Citizenship teachers in implementing character education in students of SMA Negeri 2 Donggo community. This research is qualitative research with a descriptive approach. The subject of the information is PPKn teachers, principals, and students. The technique of sampling using purposive sampling. Research data obtained through the method of observation, interviews, and documentation. The type of data in the form of qualitative data. Data sources, namely primary and secondary data sources. Analysis of the data used is the reduction of the data, the presentation of data, and verify. Based on the results of the study, it was concluded that the efforts of the civics and Citizenship teachers in implementing character education on students have already done well. This appears from the integrating character education by teachers in every time the meeting via the subjects and outside subjects or real participation. While constraints civics and Citizenship teachers in implementing character education towards students, i.e., students of attitude factors, family factors, and environmental factors in socialization.


Keywords


upaya; guru; mengimplementasi; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta Pemerintah Republik Indones., 2003.

A. Syarbini, Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Elex Media Komputindo, 2014.

F. Fitriani and A. Sakban, “Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Efektifitas Penggunaan Kurikulum 2013 Dalam Persepektif Moral Bangsa di SMA Nurul Jannah NW Ampenan,” Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2018.

S. B. Raharjo, “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, no. 3, pp. 229–238, 2010.

F. Y. Fauzi, I. Arianto, and E. Solihatin, “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik,” J. PPKN UNJ Online,(Online), vol. 1, no. 2, 2013.

D. Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,” Alf. Bandung, 2010.

M. Ali, “Strategi Penelitian Pendidikan Statistik Bandung,” Bumi Aksara, 1993.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,” Rineka Cipta, p. 201:274, 2013.

Sugiyono, “Memahami Penelitian Kualitatif,” Bandung Alf., 2005.

A. Soebani and B. Ahmad, “Metode Penelitian Kualitatif,” Bandung, Pustaka Setia, 2012.

M. B. Miles and A. M. Huberman, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: