PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN DITINJAU DARI TEORI KEAGENAN (STUDI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN ONDERDIL OTOMOTIF YANG GO PUBLIK DI BEI)

Handoyo Wirastomo, Muhammad Ali

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kebijakan hutang perusahaan. Penelitian ini berdasarkan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Wahidahwati (2001) yang menemukan bahwa struktur kepemilikan berpengaruh terhadap kebijakan hutang perusahaan untuk mengurangi konflik keagenan. Fokus dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang teradaftar di BEI. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dan diperoleh 57 sampel perusahaan selama tiga tahun. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda.


Keywords


Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Teori Keagenan

Full Text:

PDF

References


Wahidahwati 2002 Pengaruh Kepemilikan Manajerian dan Kepemilikan Institusional Pada Kebijakan Hutang Perusahaan : Sebuah Perspektif Theory Agency, Jurnal Riset Akutansi Indonesia Vol. 5 No 1 Januari Hal 1-16

Beny, 2013, Pengaruh Dividen Payout, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Kepemilikan Manajerial,

Kepemilikan Institusional dan Aliran Kas Bebas terhadap Kebijakan Hutang. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.15, No.2. Hlm : 168-176.

Brigham, Eugene F.dan Joel F Houston, 2011, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Jakarta : Salemba Empat.

Brigham, Eugene F, dan Joel F. Houston, 2012, Dasar-dasar Manajemen Keuangan Edisi Kesebelas, Jakarta : Salemba Empat.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F, 2013, Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat.

Brealey, Myers, Marcus, 2008, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Perusahaan, Jilid Jakarta: Erlangga

Indahningrum, Rizka Putri, dan Ratih Handayani, 2009, Pengaruh Kepemilikan Manajerial,Kepemilikan

Instritusional, Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow, Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol.11, No.3. Hlm :189-207.

Jensen, Michael C. And W.Meckling, “Theory of the Firm : Managerial Behavior Agency Cost, and Ownership Structure,” Journal of Finance Economics Vol. 3, No. 4, Oktober 1976.

Kasmir, 2008, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008, Jakarta: PT.RAJAGRAFINDO PERSADA.

Larasati, Eva, 2011, Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Dividen

Terhadap Kebijakan Hutang Peusahaan. Jurnal Ekonomi Bisnis, No. 2.

Mardiyanto, Handono, 2009, Intisari Manajemen Keuangan, PT Grasindo: Jakarta.

Murtiningtyas, Andika Inova, 2012, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional,

Profitabilitas, Risiko bisnis terhadap Kebijakan Hutang. Accounting Analysis Journal. Vol.1, No. 2.

Pearce, J.A. dan Robinson, R.B, 2008, Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, Penterjemah Yanivi Bahtiar, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung. Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Van Horne, James C., dan Wachowicz, JR, John M. 2007. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Wuryaningsih D.L, 2007. Pengujian Pengaruh Capital Structure Pada Debt Policy (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia). BENEFIT. vol. 8, No. 2. Hlm: 41-56.

Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012- 2014 http://ejournal.ukanjuruhan.ac.id Hal | 15

Yeniatie dan Nicken Destriana, 2010, Faktor- Faktor yang mempengaruhi Kebijakan Hutang pada Perusahaan

Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol.12, No.1. Hlm: 1-16.

Yohana, Denny dan Warnida, 2008, Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan, Klasifikasi Industri, Pertumbuhan Risiko Terhadap Leverage Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Penelitian Akuntansi-Fakultas EkonomiUniversitas Gunadarma, Juni 2008.

Jensen, Michael C. and Meckling, William H., Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure (July 1, 1976). Michael C. Jensen, A THEORY OF THE FIRM: GOVERNANCE, RESIDUAL CLAIMS AND ORGANIZATIONAL FORMS, Harvard University Press, December 2000, Journal of Financial Economics (JFE), Vol. 3, No. 4, 1976




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: