ANALISIS STRATEGI PEMASARAN YANG DIGUNAKAN OLEH INDUSTRI KERAJINAN GERABAH GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN (Studi Kasus, Di Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah)
Abstract
ABSTRAK
Di era pembangunan zaman, perkembangan industri menjadi lebih sulit. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan industri yang beroperasi pada sektor yang sama. Dalam pasar domestik, persaingan menawarkan peluang dan ancaman bagi bisnis lokal. Perkembangan media informasi menyebabkan tingginya tingkat persaingan yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha, sehingga diperlukan strategi bersaing untuk melindungi diri dan bersaing secara sehat. Tujuan penelitian ini yaitu, Ingin mengetahui tentang strategi pemasaran yang digunakan oleh industri kerajinan gerabah yang berada didesa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, serta hambatan dalam memasarkan usaha industri kerajinan gerabah masyarakt desa Penujak. Dalam penelitian ini mengunakan metode diskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pengrajin gerabah Di Desa Penujak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang selama ini dipakai oleh para pengrajin gerabah didesa Penujak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah yaitu dengan cara make to order, jika ada pesanan baru, maka produk akan diproduksi sesuai dengan pesanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan. 2 005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Astuti, Ambar. 1977. Pengetahuan Keramik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Basu Swastha Dharmmesta & Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yoyakarta: Liberty.
Boyd, Walker. Dkk. 2000. Manajemen Pemasaran (Suatu Pendekatan, Strategis dan Orientasi Global). Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Dalam edisi XVII, Yogyakarta: STST, 2001.
Dominick Salvatone, Teori Mikroekonomi, (Jakarta : Erlangga, 2009).
Drs. Lincoln Arsyad, Msc. Ekonomi Mikro, (Jakarta: Gemapress, 1999),
Dumairy.1997. Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga
Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Yogayakarta: Andy Offset.
Hasibuan, Nurimansyah. 2000. Ekonomi Industri, Persaingan, Monopoli, dan Regulasi. LP3ES. Jakarta.
Irsan Azhary. 1986. Industri Kecil Sebuah Tinjauan dan Perbandingan. Jakarta:LP3S
Jemsly Hutabarat dan Martani Huseini, Strategi: Terpadu Komprehensif /Simultan, Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing, 2018.
Kotler, Philip dan A. B. Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta:Salemba Empat.
Kusnadi, Peran Seni Kerajinan (Tradisional dsn Baru) Dalam Pembangunan, dalam edisi XVII, Yogyakarta: STST, 2001.
Lamb, Charles W, Hair, Joseph F dan Mc.Daniel, Carl. 2001. Pemasaran Buku 1 Dialih basakan oleh David Octaveria. Jakarta: Salemba Empat.
Lexy Moleong. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
McKinnon, E. Edward. 1996. Buku Panduan Keramik. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulia, T.S.G. dan Hidding, K.A.H., 1980. Ensiklopedia Indonesia. Bandung; Van Hoeves Gravenhage.
Munro, Thomas. 1969. The Art and Their Interrelations. Cleveland and London: The Press of Case Western Reserve University.
Oka, I.B. 1975. Keramik Tradisional Bali. Denpasar: Sasana Budaya.
Soedarso, Sp. 2006. Trilogi Seni: Penciptaan, Estetika, dan Kegunaan Seni.Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Soegondho, Santoso. 1995. Tradisi Gerabah di Indonesia: Dari Masa Prasejarah Hingga Masa Kini. Jakarta: Himpunan Keramik Indonesia.
Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung Alfabeta, 2016.
Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumber: Data Dari Profil Kantor Desa Penujak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Tuti Sundari, 2007. “Analisis Strategi Pemasaran Sentral Industri Gerabah Paska Gempa Bumi Di Kecamatan Pundong Bantul Tahun 2006”. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Yudosaputro, W. 1983.Seni Kerajinan Indonesia. Jakarta: Departemen P dan K.
Website
Sumber:http://id.lombokindonesia.org/gerabahdesapenujaklombok/Diunggah pada Tanggal 24 Desember 2021 08:32
Sumber:https://www.kaskus.co.id/show_post/57aedbc49e7404ba4f8b4569/12/Tengah/24 Desember 2021 05:29
DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v4i1.7606
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This publication is indexed by: