ANALISIS STRATEGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PEDAGANG KAKI LIMA DI SEPANJANG JALAN UDAYANA DALAM MENGHADAPI MASA KRISIS EKONOMI DI ERA PANDEMI COVID-19
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi dengan munculnya pandemi covid-19 yang saat ini telah melanda indonesia yang mengakibatkan krisis ekonomi di berbagai sektor. Sektor yang terdampak diantaranya adalah sektor industri pariwisata, sektor perdagangan serta UMKM. Banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan pembeli yang mengakibatkan penurunan omset penjualan. Hal ini disebabkan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat agar tetap berdiam dirumah. Maka dari itu perlu adanya strategi yang bisa membuat mereka terus bertahan dan meningkatkan kembali omset pendapatan mereka.metode penelitian yang digunkan adalah dengan analisis kualitatif dengan langkah eksploratif dengan menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberikan berbagai macam strategi yang bisa dilakukan pelaku usaha diantaranya melakukan penjualan secara online , melakukan pemasaran secara digital, manajemen pemasaran, strategi pemasaran, serta menjalin hubungan baik dengan konsumen atau menjalin hubungan pemasaran pelanggan. Hasil penelitian bisa dilakukan oleh pelaku usaha mengingat terjadinya perubahan kondisi dan diharapkan pelaku usaha bisa bertahan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM Di Indonesia.
Anggraeni, Dewi (2013-12-10). "Inilah Asal Muasal Lahirnya Kota Mataram". LOMBOKita. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-09. Diakses tanggal 2019-11-19.
Ariani, dan Utomo, Mohamad Nur. 2017. Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 13, Nomor 2, September 2017, 99-118.
Alfed,D.Chandler, Jn.1962 Strategy and Structure: Chaptres In the History of the Industrial Enterprise.Cambridge mass.MIT.Press
Aulia, T. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Studi pada Umkm Royal Food Medan).
Azqiara. (2019, Januari 31). Pengertian UMKM Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap. ID Pengertian. Diunduh tanggal 28 September 2019 dari https://www.idpengertian.com/pengertian-umkm-secara-umum-dan-menurutpara-ahli-lengkap/#Rudjito
Baud, D. et al. (2020) ‘Real estimates of mortality following COVID-19 infection’, The Lancet Infectious Diseases. Elsevier Ltd, 3099(20), p. 30195. doi: 10.1016/S1473-3099(20)30195-X
C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.
ERA PANDEMI COVID-19 (UMKM DALAM BIDANG KULINER DI SEPUTARAN GOMONG MATARAM) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
Evers Hans-Dieter & Korff, Rudiger, 2002, Urbanisme di Asia Tenggara: Makna dan Kekuasaan dalam Ruang-ruang Sosial, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta
Evers HD dan Rudiger Korff. Urbanisasi di Asia tenggara: Makna dan kekuasaan dalam ruang-ruang sosial. (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2002), 234.
Frenddy Rangkuti, Analisis SWOT, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1997), 3-7
Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46-62.19 George Steinner, Jhon Minner, Manajemen Stratejik, (Jakarta: Erlangga, 2002), hlm. 20
Gilang Permadi, Pedagang Kaki Lima: Riwayatmu dulu, nasibmu kini!, Yudhistira, Bogor, 2007, hlm. 2 29
Hardilawati, W. L. (2020, Juni). Strategi Bertaan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 90-98.
Hariyani, T. (2021). Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Mempertahankan Usaha Di Tengah Pandemi Covid-19. JURNAL EKUIVALENSI, 7(1), 147-164.
HERLINA, M. (2021). STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI PASAR DI
IRMAYANI, I. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA KOTA MATARAM (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
Irine Diana SariWijayanti, Manajemen, hlm 61
James C. Craig dan Robert M. Grant, Strategic Management, (Jakarta: Elex Media Cumputindo, 2002), 4
Kotler,keller,2012.Marketing Management,14th,Person Education
Marhaeni, M. (2020). Studi terhadap perjanjian pemanfaatan Taman Selagalas Kecamatan Sandubaya Kota Mataram oleh pedagang kaki lima (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Noviyuanda, R., & Yoesoef, A. (2018). PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (SUATU TINJAUAN HISTORIS TAHUN 2003-2015). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 3(1).
Pasigai, M. A. (2010). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ekonomi Balance, 6(2), 51-56.
Rangkuti, Freddy. 2002. Analisis SWOT; Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk menghadapi Abad 21. edisi kesembilan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.
Rachmat, Manajemen Strategik, hlm 8 20 Arie Rachmat Sunjoto, Strategi Pemasaran Swalayan Pamella Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Swalayan Pamella Yogyakarta Tahun 2010), Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Volume I, No.2 Desember 2011, hlm 51 21Ronald JEbert, Pengantar Bisnis Edisi Kesepuluh, hlm 159
Retno Widjayanti, Penataan Fisik Kegiatan PKL Pada Kawasan Komersial di Pusat Kota, (ITB: Program Pasca Sarjana, 2000), 28
Salma, Y. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Produk bumbu masak Meurasa di Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 291-297.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2020). Perilaku konsumen.
Schiffman, and Lazar Kanuk,2000, Costumer Behavion,International Edition, Prentice Hall
Septria, W. (2019). Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Mempertahankan Usaha Dagangan (Studi Kasus: Pedagang Kaki Lima Kuliner Di Pasar Tuah Serumpun KM 4 Tualang Perawang (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).
Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Somad, R. (2013). PENGEMBANGAN MODEL PERILAKU KONSUMEN E-COMMERCE. Jurnal Komputer Bisnis, 3(1).
Assauri, Sofjan. 20013 Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pre.
Sudewi, S., & Khodijah, K. (2018). ANALISIS SISTEM INFORMASI DELIVERY BERBASIS WEB MOBILE PADA WARUNG MAKAN SETIA KAWAN PRINGSEWU DALAM UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN. Jurnal AKTUAL, 16(2), 127-135.
Sugiono (2018). Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono, (2008). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung:Alfabeta,
Susanti, D., Wibowo, S. B., & Murwani, J. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Kulit Pada Industri Kerajinan Kulit “Figha” Magetan. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 2(2), 85-97.
Tambunan M Rudi, 2013, Pedoman penyusunan Standard operating prosedur, Edisi 2013, Penerbit Maiesta.
Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.
WALIDAEN, M. B., UTAMI, N. W. F., & YUSIANA, L. S. (2017). Perencanaan Taman Islam pada Lansekap Islamic Center Provinsi NTB. Jurnal Arsitektur Lansekap, 77-86.
Yatiningrum, A., Hendra, J., & Saifullah, S. (2017). Analisis Pengaruh Pemberdayaan Wanita Pedagang Sektor Informal Terhadap Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(2), 55-63.
Yoniartini, D. M. (2021). Lanskap Linguistik Kawasan Pusat Pendidikan di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Telaah, 6(2), 162.
Website
sumber : https://www.gramedia.com/literasi/manajemen-pemasaran/ 27/01/2022, 09:36
Sumber: https://www.info.populix.co/post/perilaku-konsumen,27/01/2022,09:30
Wikipedia, 2020. Pandemi Covid-19. https://id.wikipedia.org. Diakses tanggal 21 Oktober 2020
http://www.komunitashistoria.com/article/2015/12/03/sejarah-pedagang-kaki-lima/ diakses pada tanggal 13 januari 2022 pukul 11:20
https://www.info.populix.co/post/perilaku-konsumen
DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v3i1.7607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This publication is indexed by: