SOSIALISASI PEMANFAATAN KEMBALI LIMBAH SAYUR DAN BUAH DII DESA LINGGA KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN KARO

Ruth Dameria Haloho, Chaula Lutfia Saragih, Fauzul Azhimah, Suranta Sinulingga, Yohanes Togu, Algazali Algazali

Abstract


Pertanian merupakan bidang yang sangat strategis untuk dikembangkan bagi masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan di Kabupaten Karo. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat memiliki tujuan untuk memotivasi dan mengedukasi masyarakat di Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan akibat sisa-sisa hasil panen yang tidak terjual atau tidak dimanfaatkan kembali seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan yang dapat diolah kembali menjadi produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyuburkan tanaman yaitu kompos. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dengan metode diskusi, tanya jawab dan praktik yang dikemas dalam kegiatan sosialisasi. Masyarakat khususnya Desa Lingga belum banyak yang melakukan pengolahan kembali dari limbah hasil pertanian tersebut. Hal ini merupakan permasalahan yang dialami oleh masyarakat minimnya pengetahuan dalam pemanfaatan kembali limbah organik. Adapun metode pengelolaan limbah organik  yaitu reduce (pengurangan), reuse (memanfaatkan kembali) dan recycle (daur ulang). Hasil kegiatan adalah masyarakat petani mampu diarahkan untuk mencintai lingkungan dengan diberikan edukasi tentang pemanfaatan dan pengelolaan kembali sisa-sisa hasil panen seperti sayuran, buah-buahan yang diolah sehingga menjadi pupuk kompos. Pengetahuan ini perlu dan penting diberlakukan sejak dini sebab dengan pengolahan yang tepat limbah organik akan menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman. 


Keywords


Limbah, sayur, buah, kompos, penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Alex. 2012. Sukses Mengolah Sampah Organik. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Breitenbeck, G. A. and Schellinger, D. 2013. Calculating the Reduction in Material Mass and Volume during Composting. Compost Science and Utilization, 365-371.

Cannavaro, A, D., Hidayah, A., Apriyanti, A., Afifah, A, E dan Prayoha, Y. 2020. Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kompos sebagai Media Tanam untuk Tanaman Hias di Desa Temon, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan. Universitas Negeri Semarang.

Damanhuri, E., dan Padmi, T. 2015. Pengelolaan Sampah Terpadu. Bandung: ITB Press.

Kaleka, N. 2020. Pintar Membuat Kompos Dari Sampah Rumah Tangga & Limbah Pertanian / Peternakan. Pustaka Baru Press. Yogyakarta. CR Journal Vol. 03. No.02 Desember 2017.

Kurniati, S. (2013) Pembuatan Kompos Skala Rumah Tangga Sebagai Salah Satu Upaya Penanganan Masalah Sampah Di Kota Mataram. Media Bina Ilmiah, 7.

Sahwan, F.L., Wahyono, S., Suryanto, F. 2011. Kualitas Kompos Sampah Rumah Tangga Yang Dibuat Dengan Manggunakan Komposter Aerobik. Jurnal Teknik Lingkungan Vol. 12. No. 3 Hal 233-240. September 2011.

Zuhrufah, Izzati, M., & Haryanti, S. (2015) Pengaruh Pemupukan Organik Takakura Dengan Penambahan EM4 Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kacang Hijau (Phaeseolus radiatus L.).




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v3i2.10894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ruth Dameria Haloho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.