PELATIHAN PENGEMASAN SERTA DESAIN KEMASAN BAGI PELAKU UMKM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN UMKM DI DESA SELAT KECAMATAN NARMADA
Abstract
Produk yang aman dan sehat merupakan produk yang terlindungi dari berbagai kontaminasi. Salah satu cara menjaga agar produk tetap aman adalah dengan cara mengemas suatu produk dengan baik dan benar. Kemasan merupakan tempat atau wadah suatu produk. Kemasan dapat beraneka ragam jenis dan bentuk tergantung dari jenis produk yang akan dikemas. Kemasan makanan harus memenuhi beberpa persyratan salah-satunya persyaratan undang-undang keamanan pangan. Bagi pelaku UMKM harus memerhatikan hal tersebut yaitu jenis pengemasan yang dipakai serta desai kemasan yang menarik supaya konsumen dapat tertarik untuk membelinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Djirong, D. K. Visual, U. N. Makassar, F. Seni, and K. J. Tiram, “Perancangan kemasan keripik jamur tiram tiga putra farm kendari,” 2021.
J. H. WIJAYA, E. C. Yuwono, and B. M. Soewito, Perancangan Desain Kemasan Makanan Khas Kabupaten Ngawi Keripik Tempe Rico. 2015. [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3700%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/3700/3368
A. Widiati, “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak,” JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura), vol. 8, no. 2, pp. 67–76, 2020, doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.
E. Dusauw, M. Mangantar, and M. H. C. Pandowo, “the Impact of Sensory Marketing on Consumer Behavior At Starbucks Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 11, no. 1, pp. 138–146, 2023, doi: 10.35794/emba.v11i1.45579.
S. Ropikoh, M. Idris, G. M. Nuh, and M. Zainal, “PRODUK PANGAN ( The Development Of Food Product Packaging And Storage Technology ),” vol. 6, no. April, pp. 30–38, 2024.
D. F. Budiman, E. C. Yuwono, and V. Yusuf, “Perancangan Desain Kemasan Produk Toko Kue Kering ‘Dewi’ Semarang,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 16, pp. 8–15, 2020.
S. Sufaidah, M. Munawarah, N. Aminah, M. A. Prasastii, and D. Oktavianti, “Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing,” Jumat Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 152–156, 2022, doi: 10.32764/abdimasekon.v3i3.3195.
F. Pertanian and U. C. Palopo, “PERANCANGAN LOGO DAN DESAIN KEMASAN KERIPIK PISANG TANDUK ARJUNA DI KOTA PALOPO Logo and Packaging Design of Arjuna Horn Banana Chips in Palopo City Gita Srihidayati PENDAHULUAN Keripik Pisang Arjuna merupakan camilan khas kota Palopo . Bahan baku berasal,” vol. 11, no. 1, pp. 74–82, 2023.
DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v6i1.29571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 irwan saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.