PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI UMKM ANGGOTA KOPWAN ‘AISYIYYAH LOMBOK UTARA

Marianah Marianah, Suwati Suwati, Zaenafi Ariani

Abstract


Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mitra dari kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku UMKM yang tergabung dalam Koperasi Wanita (Kopwan) 'Aisyiyyah Lombok Utara. Tahapan pelaksanaan pengabdian terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu kegiatan penyuluhan dengan tema “Pentingnya Literasi Pembukuan Bagi Pelaku UMKM” dan pelatihan pembukuan sederhana, dimana para mitra secara langsung didampingi untuk mengisi buku kas sebagai salah satu unsur pembukuan sederhana. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 14 UMKM yang merupakan anggota aktif Kopwan 'Aisyiyyah Lombok Utara. Hasil dari kegiatan ini, mitra memahami pentingnya pembukuan bagi pelaku UMKM, jenis-jenis pembukuan sederhana, dan mampu mengisi buku kas secara mandiri yang dibagikan kepada mitra secara gratis. Saran untuk kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya antara lain melatih mitra dalam pemasaran digital agar penjualan produk mitra dapat diperluas ke tingkat nasional bahkan internasional.

Keywords


Kopwan ‘Aisyiyyah; Lombok Utara; Literasi keuangan; Pembukuan sederhana

Full Text:

PDF

References


B. Herdina, T. Krisnahadi, M. Aryani, and Y. Erry, “Sangkareang Mengabdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pembukuan Sederhana Pada Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) Mata Air Rebut Di Kabupaten Lombok Barat,” vol. 1, no. 2, pp. 8–12, 2021.

N. Alinsari, “Peningkatan Literasi Keuangan Pada Umkm Di Wisata Kuliner Kebon Ayu Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana,” J. Wicara Desa, vol. 1, no. 4, pp. 556–564, 2023, doi: 10.29303/wicara.v1i4.3368.

C. T. Sari and E. Indriani, “PENTINGNYA PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI KELOMPOK UMKM KUB MURAKABI DESA NGARGOYOSO,” WASANA NYATA, vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.36587/wasananyata.v1i1.189.

F. Muttaqien, R. Cahyaningati, V. L. Rizki, and I. Abrori, “Pembukuan Sederhana Bagi UMKM,” Indones. Berdaya, vol. 3, no. 3, pp. 671–680, 2022, doi: 10.47679/ib.2022287.

M. I. Firdaus, P. N. Azizah, and R. Sa’adah, “PENTINGNYA DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI ERA 4.0,” J. Graha Pengabdi., vol. 4, no. 2, 2022, doi: 10.17977/um078v4i22022p154-162.

P. Sukmasetya, T. Haryanto, F. A. Sadewi, R. B. G. Maulida, H. S. Aliudin, and B. Sugiarto, “Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry,” Community Empower., vol. 5, no. 2, 2020, doi: 10.31603/ce.v5i2.3514.




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v4i1.30794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zaenafi Ariani, Suwati Suwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.