PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) BERBAHAN BIOSLURRY DI DUSUN TEBAO LOMBOK BARAT

Basirun Basirun, Muanah Muanah

Abstract


Bioslurry merupakan ampas dari produksi biogas berbahan kotoran ternak sapi. Bioslurry yang dihasilkan ada dua jenis yaitu padat dan cair. Untuk yang padat sudah banyak dimanfaatkan sebagai pupuk sedangkan yang cairnya terbuang begitu saja ke sungai. Perlu diketahui bahwa bioslurry cair memiliki potensi yang sama sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair. Maka dari itu pada pendampingan ini masyarakat di ajarkan proses pembuatan bioslurry menjadi POC. Metode yang digunakan ada dua yaitu penyuluhan dan pelatihan. Penyuluhan disini merupakan penyampaian informasi awal potensi bioslurry sebagai bahan pembuatan POC. Sedangkan untuk meningkatkan wawasan masyarakat dilakukan pelatihan. Kegiatan pendampingan dihadiri 30 orang peserta yang memiliki digester. Kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar dan tentunya menambah wawasan baru bagi masyrakat dusun tebau untuk mengolah ampas biogas yang dihasilkan setiap hari menjadi produk yang bermanfaat. Keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat dari POC yang dihasilkan mengandung nutrsi yang dibutuhkan oleh tanaman dan peserta yang hadir mampu membuat POC secara mandiri.


Keywords


bioslurry; pupuk organik cair; kandungan nutrisi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, H. et al. (2010) ‘Bioslurry as a fuel. 3. Fuel and rheological properties of bioslurry prepared from the bio-oil and biochar of mallee biomass fast pyrolysis’, Energy and Fuels. doi: 10.1021/ef1008117.

Puspadewi, S., Sutari, W. and Kusumiyati, K. (2016) ‘Pengaruh konsentrasi pupuk organik cair (POC) dan dosis pupuk N, P, K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays L. var Rugosa Bonaf) kultivar talenta’, Kultivasi. doi: 10.24198/kltv.v15i3.11764.

Roidah, I. S. (2013) ‘Manfaat Penggunaan Pupuk Organik untuk Kesuburan Tanah’, Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO.

Singgih, B. and Yusmiati (2018) ‘Pemanfaatan Residu Ampas Produksi Biogas Dari Limbah Ternak (Bio-Slurry) Sebagai Sumber Pupuk Organik"’, Kelitbangan.

Suhastyo, A. A. (2019) ‘Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. doi: 10.32699/ppkm.v6i2.580.

Sundari, E., Sri, E. and Rinaldo, R. (2012) ‘Pembuatan pupuk organik cair menggunakan bioaktivator Bioscb dan EM4’, Prosiding SNTK TOPI.




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v2i1.4398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muanah Muanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.