PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL MEETING DALAM UPAYA PENINGKATAN EFEKTIFITAS KEGIATAN PENYULUHAN KESEHATAN: EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING DENGAN PANGAN TINGGI PROTEIN DI DESA MARGAJAYA, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN SUMEDANG JAWA BARAT

Robi Andoyo, Syamsul Huda, Siti Nurhasanah, Damar Irza

Abstract


Abstrak: Stunting merupakan permasalahan kekurangan gizi kronis pada anak. Sampai saat ini, stunting masih menjadi masalah yang cukup besar yang dihadapi pemerintah Indonesia. Pelaksanaan KKN-PPM adalah untuk untuk berkontribusi dalam upaya menurunkan angka stunting berbasis penyuluhan kesehatan. Penulisan laporan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran penggunaan teknologi yang ada dan cukup mudah dipakai dalam program-program stakeholder terkait, seperti penyuluhan kesehatan. Penggunaan aplikasi virtual meeting dalam kegiatan pendampingan dan workshop “Edukasi Pencegahan Stunting dengan Pangan Tinggi Protein Kepada Kader Posyandu” di wilayah sasaran Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, sebagai salah satu metode penyuluhan kesehatan di masa  pandemi. Pengetahuan di kalangan kader posyandu Desa Margajaya mengenai stunting sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan pre-test awal kegiatan rata-rata nilai yang didapatkan adalah 80,88 dari 18 perwakilan kader daring 18 RT. Setelah diberikan edukasi, angka tersebut meningkat menjadi rata-rata 100. Namun, pada prosesnya didapatkan bahwa salah satu hal krusial yakni masih terbatasnya metode yang digunakan dalam kegiatan posyandu di masa pandemi. Selain itu, ketidaktahuan bagaimana mengindikasikan seorang anak dikatakan stunting, menjadikan seringkali peserta tidak menyadarinya. Terdapat peningkatan pengetahuan di kalangan peserta, terutama kader posyandu terkait permasalahan stunting, dari sebelum dan setelah pelaksanaan edukasi kesehatan.


Keywords


posyandu; stunting; margajaya; virtual meeting

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Uin Malang.

Anindita, P. (2012). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu, Pendapatan Keluarga, Kecukupan Protein & Zinc Dengan Stunting (Pendek) Pada Balita Usia 6 – 35 Bulan Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1, 10.

Arigia, M. B., Damayanti, T., & Sani, A. (2016). Infografis Sebagai Media Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Publik Bank Indonesia. Jurnal Komunikasi, 8(2), 14.

Blank. (2016, February 23). Steve Blank The Mission Model Canvas – An Adapted Business Model Canvas For Mission-Driven Organizations. Steve Blank. Https://Steveblank.Com/2016/02/23/The-Mission-Model-Canvas-An-Adapted-Business-Model-Canvas-For-Mission-Driven-Organizations/

Iswarawanti, D. N. (2010). Kader Posyandu: Peranan Dan Tantangan Pemberdayaannya Dalam Usaha Peningkatan Gizi Anak Di Indonesia. 5.

Izwardy, D. (2020). Studi Status Gizi Balita Terintegrasi Susenas 2019. Kementrian Kesehatan Ri.

Kementrian Kesehatan Ri, & Bps. (2019). Laporan Pelaksanaan Integrasi Susenas Maret 2019 Dan Ssgbi Tahun 2019. Bps.

Nurhidayah, I., Hidayati, N. O., & Nuraeni, A. (2019). Revitalisasi Posyandu Melalui Pemberdayaan Kader Kesehatan. Media Karya Kesehatan, 2(2). Https://Doi.Org/10.24198/Mkk.V2i2.22703

Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press.

Rachmawati, W. (2019). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Wineka Media.

Rahmawati, N. F., Fajar, N. A., & Idris, H. (2020). Faktor Sosial, Ekonomi, Dan Pemanfaatan Posyandu Dengan Kejadian Stunting Balita Keluarga Miskin Penerima Pkh Di Palembang. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 17(1), 11.

Sari, I. N., Alfiansya, M. Z., Ilmi, A. M., Abdillah, I. F., & No, J. M. H. (2021). Pemanfaatan Zoom Meeting Sebagai Media Edukasi Covid-19 Bagi Kaum Milenial. 2, 7.

Sundari, E. (2016). Hubungan Asupan Protein, Seng, Zat Besi, Dan Riwayat Penyakit Infeksi Dengan Z-Score Tb/U Pada Balita. Journal Of Nutrition College, 10.

Tnp2k. (2017). Buku Ringkasan Stunting.Pdf. Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia.

Tohirin, T., & Widianto, S. R. (2020). Peran Trello Dalam Adopsi Agile Scrum Pada Pengembagan Sistem Informasi Kesehatan. Multinetics, 6(1), 32–39. Https://Doi.Org/10.32722/Multinetics.V6i1.2763




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v4i2.7345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Robi Andoyo, Syamsul Huda, Siti Nurhasanah, Damar Irza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.