Sosialisasi Pembinaan Karakter Anti Perundungan Atau Bullying Terhadap Kalangan Remaja Di SMA Negeri 07 Bombana
Abstract
Sekolah merupakan salah satu tempat dimana kasus bullying atau perundungan banyak terjadi. SMA Negeri 07 Bombana termasuk salah satu sekolah yang siswa siswinya tidak terlepas kasus bullying. Oleh karenanya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan karakter kepada peserta yang merupakan siswa siswi SMA Negeri 07 Bombana, dan menemukan model penecagahan perundungan yang tepat untuk diterapkan di sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode sosialisasi dalam bentuk ceramah dan diskusi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta menjadi jauh lebih memahami apa itu bullying, jenis dan bentuk bullying, dampak bullying, serta pencehagan bullying melalui pembinaan karakter dan peran dari sekolah. Peserta juga mendapatkan gambaran mengenai aksi bullying yang terjadi di lingkangan sekolahnya, sehingga kedepannya mereka dapat menghindari segala bentuk perilaku yang mengarah pada aksi bullying.
Full Text:
PDFReferences
Fitri, A. Z. 2011. Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika: Studi deskriptif-fenomenologis di SDN Kampung Dalem 1, 5 & 6 dan SDN Botoran II Kota Tulungagung. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.
Jan, MS. Afroz & Husain, Shafqat (2015). Bullying in Elementary Achools: Its Causes and Effect on Students. Journal of Education and Practice, Vol. 6, No. 19, 2015.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2022). “Bullying” diakses melalui https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8e022-januari-ratas-bullying-kpp-pa.pdf pada tanggal 13 Juni 2022, Pukul 01.50 WITA.
Kompas.com. (2021). “41 Persen Murid Indonesia Alami Bully, Siswa SMA Buat Aplikasi Atasi Trauma” diakses melalui https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/20/084259871/41-persen-murid-indonesia-alami-bully-siswa-sma-buat-aplikasi-atasi-trauma?page=all pada tanggal 13 Juni 2022, Pukul 01.40 WITA.
Novalia, Ricca. (2016). Dampak Bullying terhadap Kondisi Psikologis Anak di Perkampungan Sosial Pingit. Skripsi: Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Riauskina, I.I., Djuwita, R., dan Soesetio, S.R. (2005). “Gencet-gencetan” dimata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah kognitif tentang arti, scenario, dan dampak “gencet-gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial, 12(01), 1-13.
DOI: https://doi.org/10.31764/jamin.v1i3.9155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This publication is indexed by: