UPAYA PENANAMAN KETERAMPILAN LITERASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN MANGGISAN 03

Lailiya Rhamadhani, Aura Frisca Amalia Risanti, Intan Amalia Salsabila, Moh. Yusron Fuad Muzzaki, Agus Milu Susetyo, Fatqurhohman Fatqurhohman

Abstract


Abstrak: Pandemi COVID-19 di Indonesia bermula pada tahun 2020. Adanya peningkatan kasus COVID-19 membuat pemerintah mengeluarkan surat edaran tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah. Dampak pandemi tersebut membuat beberapa peserta didik seperti SDN Manggisan 03 Jember mengalami penurunan kemampuan literasi. Upaya Pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Program ini menugaskan mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia untuk membantu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu bentuk pengabdian mahasiswa adalah program literasi yang menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik di sekolah dasar. Tujuan program lietasi ini sebagai langkah pembiasaan dan stimulus pada penguasaan literasi dalam proses pembelajaran, serta memotivasi minat baca peserta didik melalui media yang dikembangkan dan video pembelajaran yang diputarkan di dalam kelas saat sebelum memulai pelajaran ataupun sesudah pelajaran usai. Hasil kegiatan program ini berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan melalui beberapa kegiatan diantaranya membaca buku cerita/pengayaan pelajaran, memilih buku bacaan yang disukai, mengoleksi buku bacaan yang baik, penguasaan literasi mata pelajaran, pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah.

Abstract: The COVID-19 pandemic in Indonesia began in 2020. The increase in COVID-19 cases has made the government issue a circular on online learning and working from home. The impact of the pandemic has made some students such as SDN Manggisan 03 Jember experience a decrease in literacy skills. The Government's efforts to solve this problem are with the "Merdeka Belajar Kampus Merdeka" program. This program assigns selected students from all over Indonesia to assist teachers in the process of teaching and learning activities. One form of student service is a literacy program that applies fun learning methods for students in elementary school. The purpose of this lietasi program is as a step of habituation and stimulus to mastery of literacy in the learning process, as well as motivating students' interest in reading through developed media and learning videos that are played in the classroom before starting the lesson or after the lesson is over. The results of this program activity went well and as expected through several activities includingreading storybooks/enrichment lessons, choosing preferred reading books, collecting good reading books, mastering subject literacy, utilizing the environment around the school.


Keywords


Literacy; Teaching Skills; Campus Teaching.

Full Text:

PDF

References


Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 142–150. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8063

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 3(1), 42–52.

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa. LIBRIA, 9(1), 17–26.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Batubara, H. Husein., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15–29. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Fatqurhohman, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru SDN Sumberbulus 01 Kecamatan Ledokombo Jember. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 101–108. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Mujtama/article/view/5856

Fatqurhohman, F., & Susetyo, A. M. (2022). Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Transition of Symbolic-Pictorial Representation in Solving Mathematics Problems. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(April), 22–29.

Huda, H., & Setiawan, B. A. (2021). Penguatan Metode Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Edmodo di MTs Al-Mubarok Dusun Suling Desa Bagon Kecamatan Puger. Mujtama’: Jurnal Pengabdian …, 1(1), 21–28. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Mujtama/article/view/5127

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, II(2), 11–21. file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2019 (jurnal) (2).pdf

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1488—1498. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 112–123.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154

Widiyono, A., Saidatul, I., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.10058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: