PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PANCASILA PADA GURU MGMP PPKn SMA/SMK

Ahmad Eddison, Hariyanti Hariyanti, Hambali Hambali

Abstract


Abstrak: Video pembelajaran menjadi sesuatu yang tidak bisa dielakkan dalam proses pembelajaran selama pandemic sebab media ini menunjang keefektifan dan efisiensi waktu dalam penjabaran materi kepada peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan untuk merancang dan membuat video pembelajaran. Metode dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan, artinya setelah dijelaskan secara detail dan panjang lebar mengenai proses membuat video, para peserta akan diminta untuk membuat video pembelajaran sendiri dan selama proses itu akan didampingi oleh tim pengabdi. Tulisan ini menjabarkan mengenai (1) pentingnya media pembelajaran video dalam proses pembelajaran di masa pandemic maupun endemic; (2) Kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan video terhadap guru-guru ppkn SMA/SMK di Kota Dumai. Telah dihasilkan beberapa video pembelajaran yang dibuat oleh guru PPKn, setelah sebelumnya tim pengabdi menyediakan bahan mentah berupa slide materi, rekaman suara, dan tampilan animasi yang siap dimasukkan ke dalam video selama kegiatan berlangsung, yang nantinya dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran. Dengan berbekal keterampilan membuat video yang sudah diajarkan, mereka diharapkan nantinya dapat merancang sendiri video pada materi pembelajaran lainnya sehingga proses pembelajaran PPKn menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Abstract: Learning videos are something that cannot be avoided in the learning process during a pandemic because this media supports the effectiveness and efficiency of time in explaining the material to students. Therefore, it takes skills to design and create learning videos. The method in this service activity is training and mentoring, meaning that after being explained in detail and at length about the process of making videos, the participants will be asked to make their own learning videos and during the process they will be accompanied by a service team. This paper describes (1) the importance of video learning media in the learning process during pandemic and endemic periods; (2) Training and mentoring activities for making videos for PPKn SMA/SMK teachers in Dumai City. Several learning videos have been produced by PPKn teachers, after previously the service team provided raw materials in the form of material slides, sound recordings, and animated displays that were ready to be included in the video during the activity, which could later be used to support the learning process. Armed with the skills to make videos that have been taught, they are expected to later be able to design their own videos on other learning materials so that the Civics learning process becomes more interesting and not boring.


Keywords


Pelatihan, Media Pembelajaran, Video, guru PPKn SMA/SMK.

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., Perdana, D. ., & Supriyono. (2021). Nilai Pluralistik: Eksistensi Jatidiri Bangsa Indonesia Dilandasi Aktualisasi Penguatan Identitas Nasiona. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 10–21.

Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1), 9–16.

Elyta, Sofyan, A., Rahman, I., & Nuzulian, U. (2018). Nasionalisme Masyarakat Perbatasan di Kalimantan Barat Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, 1(2), 311–322.

Herdiawanto, & Hamadayama. (2010). Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara (Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi). Erlangga.

Juliardi, B. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi: Disesuaikan dengan Kepdirjen Dikti No. 43 tahun 2006 tentang Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadiandan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. RajaGrafindo Persada.

Kementerian Riset, Teknologi, dan P. T. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Margono. (2012). Pendidikan Pancasila Topik Aktual Kenegaraan dan Kebangsaan. Universitas Negeri Malang.

Mulyana, E. S. S., Sudrajad, Rahmad, & Suneki, S. (2020). Penguatan Identitas Nasional Pada Komunitas “Omah Ngisor” Di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Jurnal Ilmiah Civis, 9(1), 19–30.

Muzayanah. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Mahasiswa Upaya Komitmen Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bela Negara. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 79–92.

Nugroho, A. (2015). Pemahaman Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Dasar Jiwa Nasionalisme. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, 285–291.

Rohman, A., & Ningsih, Y, E. (2018). Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 44–50.

Saleh, M. H. (2011). Model Pemaknaan Nasionalisme Masyarakat Pulau Sebatik Kalimantan Timur. Jurnal Borneo Administrator, 7(2), 202–221.

Sari, B. T., Chasiotis, A., van de Vijver, F. J. R., & Bender, M. (2018). Parental Culture Maintenance, Bilingualism, Identity, and Well‐being in Javanese, Batak, and Chinese Adolescents in Indonesia. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 39(10), 853–867.

Sormin, Y., Furnamasari, Y, F., & Dewi, D, A. (2021). Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinant Pembangunan dan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7278–2785.

Zein, R. . (2018). What’s the Matter with Being Indonesian? A Social Representation Approach to Unravelling Indonesian National Identity/Qué significa ser indonesio? Una perspectiva de la representación social para desentrañar la identidad nacional indonesia. Revista de Psicologia Social, 33(2), 390–423.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.10556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: