PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI KEUANGAN PADA ERA SOCIETY 5.0 BAGI GENERASI ZENIAL
Abstract
Abstrak: Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi, edukasi dan literasi tentang pentingnya pengelolaan keuangan pribadi, menginvestasikan bagian dari pendapatan yang dimiliki, pengenalan financial technology dan memberikan pelatihan investasi di pasar modal. Ini perlu dilakukan mengingat kurangnya kesadaran publik tentang pentingnya mengelola keuangan dan berinvestasi untuk meningkatkan nilai kekayaan di masa depan agar tidak terkikis oleh inflasi. Generasi Z adalah generasi setelah generasi milenial. Tentunya pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dan cara untuk berinvestasi akan menjadi bekal yang harus dimiliki. Kegiatan ini bertempat di SMK Terpadu Al-Ikhwan sebanyak 50 peserta dimana siswa-siswinya sebagai zenial merupakan usia yang tepat untuk mulai diberi pengatahuan literasi keuangan. Tujuan sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bahwa mitra akan dapat mengetahui pentingnya pengelolaan keuangan, pemanfaatan financial technology, dan berinvestasi dibandingkan dengan tabungan, mengubah paradigma saving society menjadi investment society dan menjadi investor individu untuk meningkatkan kekayaan dan ekonomi keluarga di tahun mendatang. Metode yang akan digunakan dalam mencapai tujuan-tujuan ini adalah tutorial dan pelatihan dalam pengelolaan keuangan, pengenalan financial technology dan pasar modal serta pelatihan dalam tata cara transaksi. Hasil dari pengabdian ini adalah peserta sudah mulai mencoba menjadi investor muda hal ini ditandai dengan adanya pembukaan akun saham pada sekuritas sebagai awal mula menjadi investor.
Abstract: This activity aims to provide socialization, education and literacy on the importance of managing personal finances, investing part of their income, introducing financial technology and providing investment training in the capital market. This needs to be done considering the lack of public awareness about the importance of managing finances and investing to increase the value of wealth in the future so as not to be eroded by inflation. Generation Z is the generation after the millennial generation. Of course, knowledge about financial management and how to invest will be a must-have. This activity took place at the Al-Ikhwan Integrated Vocational School as many as 50 participants where the students as zenials were the right age to start being given financial literacy knowledge. The purpose of this socialization and training is that partners will be able to know the importance of financial management, use of financial technology, and investing compared to savings, change the paradigm of a saving society into an investment society and become individual investors to increase family wealth and economy in the coming year. The methods that will be used to achieve these goals are tutorials and training in financial management, introduction to financial technology and capital markets and training in transaction procedures. The result of this service is that participants have started to try to become young investors, this is indicated by the opening of a stock account in securities as the beginning of becoming an investor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmadja, A. T., & Saputra, K. A. (2018). Struktur Pengendalian Intern Berbasis Kontrol Religius Magis. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 17(2), 85-118.
Badriatin, T., & Rinandiyana, R. L. (2019). New Investor Class Program Sebagai Sarana Literasi dan Inklusi Pasar Modal. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4, No. 1. 100-107, 100-107.
Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., & Sudiarti, S. (2020). Pelatihan Investasi Sejak Dini Melalui Pasar Modal Pada Mahasiswa Baru Politeknik Triguna Tasikmalaya. JCES (Journal of Character Education Society), Vol. 3, No. 1, 8-16., 8-16.
IDX. (2018). Indonesia Stock Exchange. Kanal Mekanisme dan Jam Perdagangan. Retrieved From : https://www.idx.co.id/produk/mekanisme-dan-jam-perdagangan/.
Kaswan, A. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Indonesia : Alfabeta.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2013). The Economic Importance Of Financial Literacy: Theory And Evidence. NBER Working Paper No. 18952. NBER Working Paper No. 18952.
Marganingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 8 No. 1 April 2021. P-ISSN 2355-2700 E-ISSN 2550-0139, 56-64.
Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FIA dan FEB UNISMA Yang Sudah Menempuh Mata Kuliah Mengenai Investasi). JIAGABI. ISSN 2302 - 7150. Vol. 9, No. 1, Januari 2020, hal. 64-75.
Mulyawan, R. (2022). Penjelasan Pengertian Tutorial: Apa itu Tutor? Definisi, Tujuan, Jenis, Macam Strategi, Contoh serta Perbedaannya! Retrieved from : https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-tutorial/.
OJK. (2017). Otoritas Jasa Keuangan. Kanal Pasar Modal. Retrieved from : https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/Pages/Perusahaan-Efek.aspx.
Reliance. (2022). PT. Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk. Kanal Aplikasi Trading Online. Retrieved from : https://www.relitrade.com.
Santoso, R., Fianto, A. Y., & Ardianto, N. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Pengembangan Bisnis Pada Karang Taruna Permata Alam Permai Gedangan Sidoarjo. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), vol 4 no 2 Tahun 2020, halaman 326-338. ISSN 2580-8680, e-ISSN 2722-239X.
Sulaiman, & Asanudin. (2020). Analisis Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntanika, Vol. 6, No. 1 , Januari – Juni 2020. ISSN 2407 - 1072, 38-45.
Wasita, P. A., Artaningrum, R., & Clarissa, S. V. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, Vol : 13 No : 01 Tahun 2022 e- ISSN: 2614 – 1930.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v5i4.11237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: