PEDAMPINGAN PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID
Abstract
Abstrak: Kegiatan pedampingan ini merupakan kegiatan lokakarya bagi guru-guru dalam rangka pengembangan profesi terutama pada pemimpin pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Metode pendampingan yang dilakukan berupa Focus Grup Discussion (FGD) dengan tujuan untuk menciptakan suasana pendampingan yang harmonis dan bersahabat. Berdasarkan hasil pedampingan menunjukkan bahwa Guru sudah dapat mengetahui dan berbagi perkembangan kompetensi Guru; sudah mampu memetik pembelajaran (refleksi) dan merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru; sudah mampu menyusun rencana pengembangan diri setelah pelatihan; sudah mampu menyusun dan memiliki rencana pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid (1 tahun); sudah memiliki strategi pelibatan warga sekolah dalam program yang berdampak pada murid.
Abstract: This mentoring activity is a workshop activity for teachers in the context of professional development, especially in learning leaders to be able to encourage the growth and development of students holistically, actively, and proactively in developing other educators to implement student-centered learning; as well as being an example and agent of transforming the educational ecosystem to realize the Pancasila Student Profile. The mentoring method carried out is in the form of a Focus Group Discussion (FGD) to create a harmonious and friendly mentoring atmosphere. Based on the results of the assistance, it shows that the Teacher can already know and share the development of the Teacher's competence; has been able to learn (reflection) and formulate improvement efforts from Teacher Competence; already able to draw up a self-development plan after training; have been able to compile and have a school program development plan that has an impact on students (1 year); already has a strategy of engaging school residents in programs that impact students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
El Maskhuriyah, D., Fatchan, E. G., Murti, V. S., & Maulidia, W. (2022). Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. SNHRP, 1068–1074.
Fauzan, M., Khasairi, M., Hanafi, Y., & Basid, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Inovatif Bagi Alumni: Program, Refleksi dan Implikasi. Jurnal KARINOV, 5(1), 1–8.
Hennink, M. M. (2013). Focus group discussions. Oxford University Press.
Khatun, F., Saadat, S. Y., Khatun, F., & Saadat, S. Y. (2020). Focus Group Discussion (FGD). Youth Employment in Bangladesh: Creating Opportunities—Reaping Dividends, 77–88.
Kumalasari, E., Palupi, R. E. A., Vidyastari, R. I., & Desriyanti, D. (2022). Literasi Digital Sebagai Upaya Pendampingan Penguatan Kompetensi Pendidik Di Masa Pandemi Covid-19. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, 1(1), 1–9.
Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). GURU PENGGERAK: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12.
Novita, E. (2022). Praktik Pembelajaran Inovatif Guru Penggerak di SDN Inpres Tenga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 190–201.
OVIYANTI, F., Sodik, N., & Win Afgani, M. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Pengggerak. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 136–149.
Palenti, C. D., Urmila, M., Gusti, R., & Jasma, S. (2021). Analisis Pengelolaan Organisasi Wisata Rindu Hati Melalui Focus Grup Discussion (FGD). Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 63–68.
Prasetyono, H., Tjitrosumitro, S., Setyohadi, J. S., PD, M. I. A., & Mursito, H. (2022). Pelatihan Guru Komite Pembelajaran Sekolah Menengah Atas Kota Bekasi. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 20–31.
Puspitaningsih, L., & Xiaoyan, J. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Peribahasa Indonesia yang Mengandung Unsur Makanan dan Cita Rasanya. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 1(2), 282–303.
Riandari, H. (2022). Mentoring Pengimbasan Pendidikan Guru Penggerak di Sekolah Binaan Tahun 2022. Jurnal Edukasi Indonesia, 3(7), 21–32.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Sa’adah, E. O. (2022). Implementation of Guru Penggerak Program In PPPPTK TK & PLB. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 11(2), 1–14.
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130–144.
Sodik, N., Oviyanti, F., & Afgani, M. W. (n.d.). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Program Guru Penggerak. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, VI (2), 14.
Sodik, N., Oviyanti, F., & Afgani, M. W. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 136–149.
Susanti, R. (n.d.). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk SDM Unggul Di Smk Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2021.
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.13058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: