IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI PROGRAM BUNGA SAMPAH LESTARI (BSL) SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak: Sampah anorganik sering kali menjadi masalah dalam kehidupan masyarakat. Disamping itu, masalah sampah anorganik juga menjadi masalah kerapkali dikeluhkan di lingkungan sekolah. Sampah anorganik memiliki krakter khas, yaitu tidak mudah terurai dan dapat merusak lingkungan sekitar. Dengan demikian, melalui program BSL ini, sampah anorganik dapat diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai (berharga). Melalui kegiatan BSL, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi karya bunga dengan bentuk yang beraneka ragam. Kegiatan ini difokuskan pada para peserta didik kelas VII SMPN 1 Lembar dengan tujuan untuk mengembangkan kempetensi pikir kreatif serta pengembangan karakter peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan terpadu, ceramah, dan praktek langsung membuat karya berbagai jenis bunga. Melalui metode-metode yang diberikan ini para peserta didik SMPN 1 Lembar dapat membuat berbagai macam bunga dari sampah anorganik.
Abstract: Inorganic waste is often a problem in people's lives. Besides that, the problem of inorganic waste is also a problem that is often complained about in the school environment. Inorganic waste has a distinctive character, which is not easy to decompose and can damage the surrounding environment. Thus, through this BSL program, inorganic waste can be reprocessed into useful and valuable (valuable) goods. Through BSL activities, inorganic waste can be recycled into flower works in various forms. This activity is focused on class VII students of SMPN 1 Sheet with the aim of developing creative thinking competencies and developing students' character to care about the environment. The methods used in this program are integrated training, lectures, and hands-on practice of making works of various types of flowers. Through the methods provided, SMPN 1 Sheet students can make various kinds of flowers from inorganic waste.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, N. (2011). Pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada sekolah tinggi seni Indonesia (STSI) bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (2), 54–74.
ASTUTI, R. (2015). Meningkatkan Kreativitas Peserta didik Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 37. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3872
Chaerul, M., Marbun, J., Destiarti, L., Armus, R., Marzuki, I., NNPS, R. I. N., Mohamad, E., Widodo, D., Tumpu, M., & Tamim, T. (2021). Pengantar Teknik Lingkungan. Yayasan Kita Menulis.
Erwin, E. (2022). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 38–44.
Evi Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.
Fadil, M., Billah, M., Wisudaningsih, E. T., Diharjo, R. F., Ilmu, T., Sosial, P., Zainul, U., Genggong, H., Agama, P., Universitas, I., Hasan, Z., Ilmu, T., Sosial, P., Zainul, U., Genggong, H., Karakter, P., Kemandirian, K., & Sosial, K. (2022). Penerapan pendidikan karakter kemandirian dan kepedulian sosial santri di pondok pesantren zainul hasan genggong. 5(2), 91–97.
Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar peserta didik dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1).
Haryuni, S. (2013). Penerapan bimbingan konseling pendidikan dalam membentuk kedisiplinan layanan bimbingan pengembangan diri. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Hendri, W., Taula Sari, R., Har, E., Deswati, L., Muhar, N., & Yuselmi, R. (2018). Pengolahan Limbah Organik Dan Anorganik Sebagai Transmode Upaya Peningkatan Kreativitas Masyarakat Pantai Gondaria Pariaman. Journal of Character Education Society, 1(2), 44–49. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.
Iskandar, I., & Lubis, L. (2020). Konsep Kepemimpinan Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Digital (Sebuah Kajian Terhadap Gaya Kepemimpinan Transformasional). Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 1(2). https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1744
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Mariati, M. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761.
Marliani, N. (2015). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.146
Mete, Y. Y., Sadipun, B., Rian, M., & Marlon, E. Y. (2022). Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi kerajinan Tangan Yang Menarik. 6(2), 838–841.
Nurrokhman, A., Khasbunalloh, M., Mulyono, A., Jawad, A. A., & Maulana, Y. (2021). Pembinaan Penanganan Limbah Sampah dan Plastik Terhadap Ekosistem Laut di Wilayah Pantai Untung Jawa Kepulauan Seribu. Adibrata Jurnal, 2(1).
Rosyidah, K. (2019). Penguatan kapasitas ibu-ibu PKK dalam pemanfaatan limbah sampah plastik di Karangpoh Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Saleh, M. (2020). “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8
Santana Purba, H., Pramita, M., & Sari, D. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Untuk Guru Sd. Journal of Character Education Society), 5(2), 461–469.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Syamsul, S., Pakaya, S., & Muhrim, M. (2020). PKM Kelompok Kerajinan Pengolahan Sampah Plastik Di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 79. https://doi.org/10.36339/je.v4i2.328
Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401.
Titin, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1–18.
Widodo, T., Samad, D., Kosim, M., Fajri, S., & Duski, F. F. (2020). Merdeka belajar from the perspective of family education. International Conference Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 1–6.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.13127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: