PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBINAAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN)
Abstract
Abstrak: Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari data dinas Pendidikan Kabupaten Barru, kurang siswa yang dapat lolos pada seleksi tingkat kabupaten. Berdasarkan hal di atas maka kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan difokuskan kepada pembinaan guru-guru IPA SD dalam pendalaman materi dan pelatihan soal Olimpiade Sains Nasional. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan melalui pembinaan kepada guru-guru IPA SD tentang soal Olimpiade Sains Nasional, sehingga guru-guru dapat mengenali jenis soal OSN dan menganalisis soal-soal OSN, sehingga nantinya dapat membimbing siswa yang akan mengikuti seleksi OSN dengan maksimal. Kegiatan ini dilaksanakan di PKG SDI S. Binangae, pada tanggal 25-26 Juli 2019. Kegiatan diawali dengan kegiatan pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru. Selanjutnya materi dibawakan oleh dua orang narasumber dalam satu kelas. Peserta diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu pretest di awal kegiatan dan posttest di akhir kegiatan. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir peserta sebagai bahan evaluasi keberhasilan kegiatan pembinaan ini.
Abstract: The National Science (OSN) is a competition in the field of science for students at the elementary, junior and senior high schools in Indonesia. Based on information obtained from the Barru District Education Office Data, the lack of students who can qualify for district-level selection. Based on the above, the community service activities carried out are focused on fostering elementary science teachers in the deepening of the material and training on the National Science Olympiad. The purpose of this activity is to provide knowledge through guidance to elementary science teachers about the National Science Olympiad so that teachers can recognize OSN questions and analyze OSN questions, so that later they can guide students who will take OSN selection maximally. This activity was carried out by PKG SDI S. Binangae, on 25-26 July 2019. The activity began with an opening activity by the head of the Barru District Education office. Furthermore, the material was presented by two speakers in one class. Participants were given tests twice, namely pretest at the beginning of the activity and posttest at the end of the activity. This test aims to determine the participants’ initial and final abilities as an evaluation material for the success of this coaching activity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Sumadji, A. R. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 350–358. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5667
Artayasa, I. P., Muhlis, M., Hadiprayitno, G., Merta, I. W., & Karnan, K. (2019). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Untuk Pembinaan Olimpiade Sains Di SMPN 20 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.318
Faizin, M. (2012). IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMENANG OLIMPIADE SAINS NASIONAL SEKOLAH DASAR TINGKAT KABUPATEN DEMAK.
Fauzan, A., & Dzikrullah, abdullah A. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Siswa dengan Intensitas Pembinaan Olimpiade Matematika. AJIE-Asian of Innovation and Enterpreneur Ship, 03(03), 209–215.
Gita, I. N., Suryawan, P. P., & Artawan, I. G. N. Y. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Bagi Siswa Dan Guru Sd Di Desa Sambangan. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 48. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11905
Hartawan, I G. N. Y.; Suryawan, I P. P.; Gita, I. N. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Bidang Olimpiade Matematika Tingkat SMP. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 404–408.
Hasil, K., Di, P., & Latihan, B. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jogjakart, 28 April 2018 Ruang Ki Sarino Mangunsaskoro Direktorat Pascasarjana UST. (April), 75–86.
Kurniawati, M. (2014). Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia pada Siswa SMA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(1), 446–455.
Mauliddin, M. (2018). Pelatihan olimpiade matematika pada guru matematika Madrasah Ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 55–62. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.575
Muliani, F., Noviati, D., & Fajriani. (2018). Pembinaan Peningkatan Mutu Pendidikan Bidang Olimpiade Sains Bagi Guru Sd Kota Langsa Provinsi Aceh. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 3(2), 9–13.
Rachmawati, D. O. (2014). Pembinaan olimpiade sains nasional (osn) fisika smp di kecamatan mengwi. 231–238.
Ramdhani, N., Wimbarti, S., & Susetyo, Y. F. (2018). Psikologi Untuk Indonesia Tangguh dan Bahagia. UGM PRESS.
Rohati, R., Pasaribu, F. T., & Kumalasari, D. (2019). Pkm Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Untuk Guru Sd Al Fath Dan Sd Jambi Islamic School Kota Jambi Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(4), 870. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i4.12402
Rosyid, A., Noor, M., & Sutisna, A. (2019). Pembinaan Olimpiade MIPA SD untuk Guru SD di Gugus Ahmad Yani Kuningan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 187–198.
Tjahjadarmawan, E. (2017). Best Practice Guru dalam Tugas Pembelajaran di Sekolah. Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.1375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: