PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI CIHANJUANG PARONGPONG

Cahyo Prianto, Roni Andarsyah, Rd.Nuraeni Siti Fatonah

Abstract


Abstrak: Pesatnya perkembangan teknologi saat ini memberi banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali terhadap perubahan perilaku interaksi antara penjual dan pembeli. Dari hasil survey diperoleh data bahwa terdapat 36% pemilik UKM belum melek komputer dan internet untuk bisnis, 12% pemilik UKM menggunakan komputer dan internet untuk bisnis dan hanya 6% saja pemilik UKM yang sukses berbisnis online. Berbagai kegiatan UMKM yang digerakan masyarakat salah satunya terdapat di Desa Cihanjuang. Di Desa Cihanjuang saat ini terdapat berbagai UMKM yang berjalan dan bergerak dalam bidang food, fashion dan craft. Pada umumnya UMKM yang ada dalam menjalankan kegiatannya belum melibatkan teknologi berbasis internet sehingga penetrasi pasar pun masih berjalan secara konvensional. Hal ini yang  menjadi permasalahan bagi masyarakat karena adanya keterbatasan informasi dan pengetahuan teknis penggunaan teknologi e-Commerce. Program PKM ini merupakan kegiatan yang menjembatani para pelaku UMKM untuk dapat mengoptimalkan peran media sosial khususnya facebook dan instagram sebagai media dalam memasarkan produknya. Secara lebih lengkap PKM ini bertujuan untuk 1) memberikan pemahaman kepada UMKM di Desa Cihanjuang tentang e-Commerce. 2) memberikan pendampingan dan pelatihan implementasi penggunaan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk UMKM. Sasaran dari PKM ini adalah para UMKM yang berada di Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Abstract: The rapid development of technology today gives many changes in various sectors of life, no exception to changes in interaction behavior between sellers and buyers. From the results of the survey obtained data that there are 36% of the owners of SMES not yet literate computers and internet for business, 12% of SME owners use computers and internet for business and only 6% of the owners of SMES who succeed in business online. Various SMES activities in the movement of the community are located in Cihanjuang village. In Cihanjuang village, various SMES are running and moving in the field of food, fashion, and craft. In general, SMES in carrying out their activities does not involve Internet-based technology, so the market penetration still running conventionally. It is a problem for the community because of the limited information and technical knowledge of the use of e-Commerce technology. This PKM Program is an activity that bridges SMES to be able to optimize social media roles especially Facebook and Instagram as a medium in marketing their products. More fully the PKM aims to 1) give understanding to SMES in Cihanjuang village about e-Commerce. 2) Provide mentoring and training implementation of social media use as a means to market SMES products. The target of the PKM is the SMES in the village of the Cihanjuang District Parongpong district of West Bandung.


Keywords


UMKM, e-Commerce, Facebook, Instagram.

Full Text:

PDF

References


Choiri, E. O. (2018). Pentingnya Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Indonesia. Diakses Dari Https://Www. Jurnal. Id/Id/Blog/2018-Pentingnya-Memilikiizin-Usaha-Mikro-Kecil-Iumk-Bagi-Umkm-Di-Indonesia/, Pada, 22.

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi Umkm Di Indonesia. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(2), 184–207.

Hamid, E. S., & Susilo, Y. (2011). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Koperasi, D. (2017). Kementrian Koperasi dan Usaha kecil dan Menengah Republik Indonesia. Diakses Dari Http://Www. Depkop. Go. Id/Berita-Informasi/Data-Informasi/Data-Umkm/Pada Tanggal, 2.

Marius, P., & Anggoro, S. (2015). Profil pengguna internet Indonesia 2014. APJII, Jakarta.

Marjuni, A., Syukur, A., & Hastuti, K. (2015). Model Pendampingan Pengembangan E-Commerce bagi UKM. CITEE UGM.

Praditya, D. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tingkat Pemerintahan Desa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2), 129–140.

Prianto, C., Harani, N. H., & Marismiati, M. (2018). Pemanfaatan Photo Product dan Facebook Marketing Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Parongpong. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 1(1), 128–135.

Simamora, P. C. S. R. (n.d.). Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil dengan Kemudahan Izin yang Diberikan Terhadap Usaha Mikro dan Kecil.

Undang–Undang, R. I. (n.d.). No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: