DISEMINASI UNDANG-UNDANG NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG TUGAS GURU DALAM MENDIDIK DAN MEMBIMBING ANAK BERDASARKAN PROFIL PANCASILA DI SMP

Maemunah Maemunah, Hafsah Hafsah, Abdul Sakban, Wayan Resmini, Zulae Pani, Ziha Sulistia, Fitrianingsih Fitrianingsih, Aria Tuti Melani

Abstract


Abstrak: Kurangnya sosialisasi undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen secara detail, kurangnya pemahaman guru tentang implementasi undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen berdasarkan profil Pancasila. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan soft skill guru melalui diseminasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang tugas guru dalam mendidik dan membimbing anak berdasarkan profil pancasila. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan pendekatan pelatihan dan pembimbingan intensif dengan melibatkan guru sebanyak 21 guru di SMP Negeri 2 Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa soft skill guru setelah mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat mencapai rata-rata 91.05 dengan kategori sangat memahami. Kegiatan ini sangat membantu guru dalam mendidik dan membina anak harus mengikuti penjelasan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk pendidikan karakter di era industry 4.0, dengan capaian indikator yang harus dimiliki peserta didik yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Serta guru mata pelajaran memahami menyusun perangkat pembelajaran berbasis karakter profil pelajar Pancasila.

Abstract: Lack of detailed dissemination of Law Number 14 of 2005 concerning teachers and lecturers, lack of understanding of teachers regarding the implementation of Law Number 14 of 2005 concerning teachers and lecturers based on the profile of Pancasila. The purpose of this article is to explain the soft skills of teachers through the dissemination of Law Number 14 of 2005 concerning the teacher's duties in educating and guiding children based on the Pancasila profile. Implementing community service uses an intensive training and mentoring approach involving 21 teachers at SMP Negeri 2 Labuapi, West Lombok Regency. Based on the results and discussion, it was concluded that the soft skills of teachers after participating in community service activities reached an average of 91.05 in the same understanding category. This activity helps teachers in educating and fostering children must follow the explanation of Law Number 14 of 2005 concerning teachers and lecturers. The profile of Pancasila students is a form of character education in the industrial era 4.0, with the achievement indicators that students must have, namely faith, fear of God Almighty, and have a noble character, global diversity, cooperation, independence, critical thinking, and creativity. As well as the subject teachers understanding of compiling learning tools based on the character of the Pancasila student profile.


Keywords


Dissemination; Law on Teachers and Lecturers; Character; Profile of Pancasila Students.

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, F. (2018). Problematika tata kelola guru dalam implementasi undang-undang guru dan dosen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1), 121–143.

Asesmen, P. (2021). Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendigbud. Asesmen Nasional: AKM, Survey Karakter, Survey Lingkungan Belajar, Dalam Https://Ppkn. Unpkediri. Ac. Id/Wp-Content/Uploads/2021/03/Asesmen-Nasional. Diases Pada, 30.

Hadi, R. I., Suhirwan, S., & Simatupang, H. (2018). Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Studi Kasus Kompetensi Tenaga Pendidik di Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan Kalijati Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Pertahanan TNI AU Tahun 2017). Strategi Pertahanan Udara, 4(3).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Komara, E. (2016). Perlindungan Profesi Guru di Indonesia. Mimbar Pendidikan, 1(2).

Nur, I., & Mannuhung, S. (2022). Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Guru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pada UPT SMA Negeri 1 Luwu Utara. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 5(2), 98–108.

Nur, M., Wahyuddin, W., Syukur, U., Malik, F., & Syaharuddin, S. (2023). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Dan Pameran Hasil Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sd Negeri 5 Pangali-Ali. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 485–490.

Radja, P. L., Hawali, R. F., Tamelab, M. F., Saefatu, I. D., Jaga, M. R., & Tunbonat, W. (2022). Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila Dan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru-Guru PAUD. Devotion: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60–67.

Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi implementasi program profil pelajar pancasila di smp swasta sultan agung pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282–289.

Tarina, A., & Prawitasari, N. Y. (2023). Socialization Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum Tentang Aborsi Menurut Hukum Pidana dan Undang-Undang Kesehatan Di SMK Farmasi Bintang Harapan-Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 6(1), 93–104.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i3.15298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: