REVITALISASI KEMAMPUAN MEMBACA BAGI GURU BAHASA PRANCIS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak: Guru bahasa Prancis di Sekolah Menengah Kejuruan merupakan ujung tombak dalam memperkenalkan bahasa Prancis kepada siswa Sekolah Menengah Atas. Melalui merekalah, para siswa mengenal bahasa Prancis. Oleh karena itu, guru bahasa Prancis sebagai sumber belajar siswa seyogyanya memiliki sertifikat kompetensi bahasa Prancis tingkat DELF B2. Salah satu kemampuan kebahasaan yang diujikan adalah kemampuan membaca. Agar guru-guru yang mengikuti ujian DELF B2 memiliki strategi dalam mengerjakan ujian, diperlukan pelatihan. Pelatihan yang dilakukan untuk guru-guru tersebut berupa latihan mengerjakan soal-soal kemampuan Membaca pada ujian DELF dengan menggunakan metode interaktif. Pelatihan berlangsung selama 4 kali pertemuan à 5 jam. Evaluasi diberikan sebanyak dua kali. Evaluasi kedua menghasilkan 2 peserta memperoleh nilai A, 6 peserta memperoleh nilai B dan 6 peserta bernilai C. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kemampuan memahami teks mereka meningkat setelah diberikan pelatihan.
Abstract: French teachers in vocational schools are the spearhead in introducing French to high school students. Through them, students learn French. Therefore, French teachers as a source of student learning should have a certificate of French competence at the DELF B2 level. One of the language skills tested is reading comprehension. For teachers who take the DELF B2 exam to have a strategy for taking the exam, training is needed. Training conducted for these teachers is in the form of exercises to work on reading questions on the DELF exam using interactive methods. The training lasts for 4 meetings à 5 hours. Evaluation is given twice. The second evaluation resulted in 2 participants getting an A, 6 participants getting a B and 6 participants having a C. The calculation results showed that the ability to understand the texts improved after being given training.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahli, D. S. M. P., Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2011). Definisi Strategi Pembelajaran, Metode, Model, Pendekatan, Teknik Menurut Para Ahli.
Boulet, A., & Savoie-Zajc, L. (2011). Les stratégies d’apprentissage à l’université (Vol. 6). PUQ.
Cuq, J.-P., & Gruca, I. (2011). Cours de didactique du français langue étrangère et seconde. Presses universitaires de Grenoble.
De l’Europe, C. (2015). Cadre européen commun de référence pour les langues, Apprendre Enseigner, Évaluer, 2005. Paris (Didier).
Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83–92.
Harras, K. A. (2014). Membaca 1.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lescure, R., & Gadet, E. (2011). DELF A2: 200 activités;[nouveau diplôme; livret de corrigés à l’intérieur]. Ernst Klett Sprachen.
Prisdiana, S. A. (2015). PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 SURAKARTA. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Putrayasa, I. B. (2013). Landasan Pembelajaran. Singaraja, Bali: UNDIKSHA Press. Tersedia Secara Online Di: Http://Pasca. Undiksha. Ac. Id/Media/1227. Pdf [Diakses Di Kota Malang, Indonesia: 2 Maret 2017].
Rejeki, S., & Pudjitriherwanti, A. (2018). PELATIHAN PENGGUNAAN TINDAK TUTUR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEBAHASAAN PARA GURU BAHASA PRANCIS DI WILAYAH SURAKARTA DAN SEKITARNYA. SNKPPM, 1(1), 139.
Sarimanah, E. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF PQ4R. 2016.
Selvia, E. (2016). PENERAPAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar (Development of Learning Resources). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca.
Tagliante, C. (2015). L’évaluation et le Cadre européen commun (Vol. 54). CLE international Paris.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.1552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: