IMPLEMENTASI PLP II TERINTEGRASI KKN DIK DALAM MENINGKATKAN MINAT LITERASI PESERTA DIDIK SDN 1 BATUNYALA

Akhmad Akhmad, Swahip Swahip, Ahmad Ridwansyah, Gina Mawaddatul Aini, Lutfah Lutfah, Lestari Ainun Saputri, Fara Putri Nurya, Iga Mawarni

Abstract


Abstrak: Program game literasi yang diadakan di SD Negeri 1 Batunyala sangat penting dalam membantu peserta didik mengembangkan literasi membaca supaya lebih berpikir kritis di era globalisasi sekarang terutama bagi peserta didik di SD Negeri 1 Batunyala. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 1 Batunyala kurangnya inovasi dalam proses pembelajaran sehingga menurunya motivasi siswa dalam belajar dan kemampuan literasi baca peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut mahasiswa PLP II Terintegrasi KKN-Dik mengadakan program literasi  bertujuan meningkatkan minat dalam belajar terutama pada Literasi baca siswa. Metode yang diterapkan pada kegiatan literasi berupa:1). Tahap 1 kegiatan perencanaan, 2). Tahap 2 kegiatan pelaksanaan 3). Tahap 3 kegiatan Evaluasi. Dengan adanya kegiatan game literasi minat baca peserta didik SD Negeri 1 semakin meningkat. 

Kata Kunci: Peningkatan, Minat Baca, Game Literasi.

Abstract:  The literacy game program held at SD Negeri 1 Batunyala is very important in helping students develop reading literacy to think more critically in the current era of globalization, especially for students at SD Negeri 1 Batunyala. Based on the results of observations at SD Negeri 1 Batunyala, there is a lack of innovation in the learning process, resulting in decreased student motivation in learning and students' reading literacy skills. Based on these problems, PLP II Integrated KKN-Dik students held a literacy program aimed at increasing interest in learning, especially in student reading literacy. The methods applied to literacy activities are: 1). Phase 1 planning activities, 2). Stage 2 implementation activities 3). Stage 3 evaluation activities. With the literacy game activities, the reading interest of SD Negeri 1 students is increasing. 

Keywords: Improvement, Reading Interest, Literacy Games.

Keywords


improvement, reading interest, literacy games

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, HeruJuabdinSada, Saiful Bahri, D. S. (2022). Attractive : Innovative Education Journal. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.

Affiati, A., Haifaturrahmah, H., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2021). Tingkat Keaktifan dan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31.

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420

Castellano, A. (2019). Effective Literary Resources to Support Adolescent Parents Ensuring Kindergarten Readiness for Their Children.

Deliyati, A., Gustina, R., Winata, A., Rejeki, S., Saddam, S., & Bidaya, Z. (2023). Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 478–486.

Dwi Wardhani, J., Halwat Hikmat, M., Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., Jakia, N., Masir, R. A., Harmanto, B., & Nur Alim, C. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi, dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21284

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research(JSR), 1(1), 1012–1113.

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.

Ihsan Inzani, F., Fadhillah, B. W., & Marni, S. (2021). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Bahasa Indonesia SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19388

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., & ... (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah …, 3, 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12.

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Murti, I. G. W. P., & Handayani, D. A. P. (2022). Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 403–414. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49598

Nursyatin, N., Gustina, R., Saddam, S., Rejeki, S., Mayasari, D., & Isnaini, I. (2023). Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan untuk Bersaing di Era 4.0 serta Pengaruhnya. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 333–341.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Rizwana, R. A., Rejeki, S., Saddam, S., Farid, M. R. A., & Kaman, S. Y. (2023). Pengembangan Literasi Kebangsaan pada Siswa Sanggar Bimbingan Kampung Baru Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 163–178.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Saleh, F., Gustina, R., Muttaqien, Z., Mayasari, D., Rezeki, S., & Saddam, S. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 244–253.

Skwarchuk, S. L., Sowinski, C., & LeFevre, J. A. (2014). Formal and informal home learning activities in relation to children’s early numeracy and literacy skills: The development of a home numeracy model. Journal of Experimental Child Psychology, 121(1), 63–84. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2013.11.006

Susilowati, A. R., & Saputra, Y. A. (2022). Penerapan Permainan Edukatif ‘Harta Karun’ Berbasis Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 639–660. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.605

Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.

Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742

Wulandari, N., Muhdar, S., Sari, N., & Mariyati, Y. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 88–98.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i3.19189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: