PEMBERDAYAAN GURU TANGERANG SELATAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS MELALUI MEDIA DIGITAL DAN MEDIA BIGBOOK

Andayani Andayani, Mutiara Magta, Sri Tatminingsih, Khaerul Anam, Rif’at Shafwatul, Monika Handayani

Abstract


Abstrak: Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Universitas Terbuka dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam rangka memberdayakan guru TK dan guru SD dalam meningkatkan literasi baca tulis melalui media digital dan media bigbook. Adapun peserta yang mengikuti 15 guru SD dan 10 guru TK mengikuti kegiatan pelatihan yang dilakukan di SMPN 11 Tangerang Selatan. Pelatihan dilakukan secara luring dan daring dengan menggunakan metode seminar dan workshop. Kegiatan dilaksanakan selama enam bulan dengan membagi dua pelatihan, yaitu pelatihan pembuatan e-book untuk guru SD dan pembuatan bigbook untuk guru TK. Kegiatan tersebut menghasilkan dua bigbook dan dua e-book. Implikasi dari kegiatan ini adalah penggunaan media digital dan bigbook merupakah salah satu media yang berfungsi untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran dan memudahkan guru untuk mengoptimalkan praktik pembelajarannya.

Abstract:  This activity was a collaboration between the Open University and the South Tangerang City Government to empower kindergarten and elementary school teachers to improve literacy through digital media and book media. The participants were 15 elementary school teachers and 10 kindergarten teachers participating in training activities conducted at SMPN 11 South Tangerang. The training was conducted offline and online using seminar and mentoring methods. The activities were carried out for six months by dividing the training into two: training on making e-books for elementary school teachers and big books for kindergarten teachers. The activity produced two big books and two e-books. The implication of this activity is that the use of digital media and big books is one of the media that functions to attract students' attention in the learning process and makes it easier for teachers to optimize their learning practices.


Keywords


Literasi; Buku Digital; Bigbook; Pemberdayaan Guru.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ade Devi Rahmawati. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Minat Membaca Peserta Didik di SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung [Tesis, UIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12285

Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969.

Fauzie, D. F., Komariah, K., & Furnamasari, Y. F. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif Anti Korupsi Melalui Kegiatan P5 Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 1–18.

Ghazali, S., Amin, M., Rahmawati, W. S. N., & Anecy, G. (2022). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 13–37.

Hasanah, U. D., & Silitonga, M. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Haslinda, F., Maghfiroh, N., & Fadillah, S. R. (2022). Buku Digital Sebagai Media Pengembangan Literasi. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 576, 576–584.

Magta, M., Anam, K., Andayani, A., Amini, M., Tatminingsih, S., Aisyah, S., & Hariyono, M. (2022). PEMBERDAYAAN GURU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PARENTING. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 599–611.

Marhamah. (2018). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Bidayah, 1(1). https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/183

Muslimin. (2018). Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 108–118. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/viewFile/17141/pdf

Oktafiyan, M. S., & Yaqub, L. H. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Pramesti, I. A., & Irwansyah, I. (2021). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Cara Membaca Masyarakat Indonesia di Era Digital, serta Dampaknya Pada Bisnis Media Cetak. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(1), 117–131. https://doi.org/10.22437/titian.v5i1.10695

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Prima, E., & Lestari, P. I. (2023). GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SDN PANJER DENPASAR SELATAN, PROVINSI BALI. JURNAL WIDYA LAKSANA, 12(2), 341–347. https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.45973

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437

Syah, I., & Surya, D. (2021). Membangun budaya literasi perdesaan di Desa Pondok Kemuning Kota Langsa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.32505/connection.v1i1.2823




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i1.21224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: