PEDAMPINGAN MAHASISWA PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN 1 (PLP 1) DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Pengenalan Lapangan Persekolahan satu (PLP 1) adalah proses pengamatan atau observasi yang dilakukan mahasiswa. Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan ini mencakup observasi struktur organisasi dan tata kerja di sekolah, kultur sekolah, dan pelibatan aktivitas pendidikan di sekolah. Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk empat kompetensi yang dipersyaratkan bagi calon guru profesional, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional. Pedampingan ini bertujuan menganalisis hasil refleksi pengalaman mahasiswa peserta PLP 1 untuk mengetahui penguasaan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, pengalaman-pengalaman positif yang diperoleh dan tantangan yang dihadapi mahasiswa, sikap atau nilai-nilai yang berkembang dalam diri mahasiswa. Hasil pedampingan menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menguasai capaian pembelajaran dengan baik, mahasiswa memperoleh berbagai pengalaman positif dan pengalaman mengatasi tantangan yang muncul ketika melaksanakan kegiatan, ada sikap atau nilai-nilai baik yang berkembang dalam diri mahasiswa.
Abstract: Introduction to School Field One (PLP 1) is a process of observation or observation carried out by students. Bachelor of Education program to study aspects of learning and educational management in educational units. This activity includes observing the organizational structure and work procedures in schools, school culture, and involvement in educational activities in schools. This activity is expected to be able to form the four competencies required for prospective professional teachers, namely: personality competence, social competence, pedagogical competence and professional competence. This assistance aims to analyze the results of reflections on the experiences of students participating in PLP 1 to determine mastery of predetermined learning outcomes, positive experiences gained and challenges faced by students, attitudes or values that develop within students. The results of mentoring show that students can master learning outcomes well, students gain various positive experiences and experience in overcoming challenges that arise when carrying out activities, there are good attitudes or values that develop within students.
Full Text:
PDFReferences
Alifah, C., & Hastuti, M.A.S.W. (2023). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhineka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023. Jurnal Economica, 2(8)2147-2163.
Fitri, F. (2023). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Calon Guru Kimia. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Fikriana, N. I., & Harini. (2020). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Calon Guru Kimia. 06(01), 1–51.
Hidayati., Vera, M., Syafruddin, M.,& Ahmad, A. (2024). Buku Panduan PLP 1 (Observasi dan Pengenalan Budaya Sekolah). Mataram:Universitas Muhammadiyah Mataram
Kainama, M. S., Latuserimala, G., Dewi, S. N., & Tomasoa, T. F. (2023). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi Terhadap Kesiapan Mahasiswa FKIP Universitas Pattimura Menjadi Guru Akuntansi Di Era Revolusi Industri 4.0. ProBank, Jurnal Ekonomi dan Perbankan 7(2), 154–161. https://doi.org/10.36587/probank.v7i2.1338
Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353
Latifah, L. (2021). Laporan Pengenalan Lapangan Persekolahan II. Malang:Universitas Brawijaya.
Majidah, Z.S., & Agus, S. (2024). Pengaruh PLP, KKN-Dik, dan Penguasaan Teknologi Informasi Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Di Era Society 5.0. Jurnal Kependidikan Didaktika. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/509
Masrotin, M., & Wahjudi, E. (2021). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 178–189. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p178-189
Murtiningsih, Y. J., Susilaningsih, & Sohidin. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Mata Kuliah Dasar Kependidikan (Mkdk) Dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Implementation Science, 39(1), 1–15.
Prayitno, H.J., Sutama., Djalal, F., Nurhidayat., & Koesoemo, R. (2020). Buku Pedoman Program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 Observasi Persekolahan & Pengenalan Budaya Sekolah. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Setiawan, F.A., Aswin, N.S., & Muhammad, M. (2022). Keberhasilan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp): Antara Nilai Keterampilan Mahasiswa Menyusun Rpp Dan Nilai Plp Guru Pamong.https://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/view/9598
Setiawan, I., Ariani, W., Inayah, N., Razip, M. K., Alanggi, G., Hakim, M., & Nurkomariah, N. (2023). Aktualisasi Project Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 286-291. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.19233
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality pada Guru SDN 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898-905. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909
Setiawan, I., Khosiah, K., Sudarwo, R., & Muhardini, S. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Pengembangan Profesi Berkelanjutan Pada Guru Bidang Studi Di Sma. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1030-1042. https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.6508
Soedjatmiko (2021). Pengenalan Lingkungan Persekolahan. Universitas Negeri Semarang.
Nugraheni, B.I. (2021). Analisis pelaksanaan mata kuliah pengenalan lapangan persekolahan (plp) secara daring berdasarkan experiential learning theory. Journal Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21. No. 2. (2021), 173-192
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i2.22423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: