PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PARIWISATA BAGI MASYARAKAT

Dyah Palupiningtyas, Nina Mistriani

Abstract


Abstrak: Pelatihan kewirausahaan berbasis pariwisata merupakan pengabdian masyarakat yang sederhana dan dapat dilakukan oleh masyarakat yang berada disekitar daya tarik wisata. Namun, dalam pelaksanaannya dibutuhkan antusias masyarakat berinovasi dalam membuat produk yang diminati wisatawan, sehinggadapat membuka peluang usaha baru yang bermanfaat untuk dikembangkan didesanya.   Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskripsi, dimana peneliti mendiskripsikan pengabdian dengan wawancara potensi daya tarik, kemudian dilakukan FGD (Focus Group Discussion) kepada masyarakat tentang pentingnya Kewiruasahaan. Tujuan kewirausahaan ini merupakan proses melakukan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang berguna dalam memberikan nilai lebih. Desa Jamalsari memiliki daya tarik yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan yaitu Waduk  Barang Bukit Cinta Jati. Tetapi dibutuhkan ada inovasi untuk orang-orang yang akan mengembangkan daya tarik ini dengan konsep ramah lingkungan, dan orang-orang yang menjual kreativitas inovasi produk lokal untuk menarik dipromosikan di sekitar waduk Bukit Cinta Jatibarang. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan perspektif dan meningkatkan motivasi masyarakat di bidang kewirausahaan, produk yang tersedia di masyarakat dapat dikemas dengan baik dan tentunya akan menarik bantuan pemerintah / mitra untuk bekerja sama.

Abstract: Entrepreneurial training based on tourism is a simple community devotion and can be done by people who are around the tourist attraction. However, in its implementation it takes enthusiasm of the community innovating in making the products that tourists demand, so that open new business opportunities that are beneficial to be developed in the village. Methods of research conducted using the method of description, where researchers describe the devotion with interviews potential attraction, then conducted FGD (Focus Group Discussion) to the public about the importance of entrepreneurship. This entrepreneurial goal is the process of doing something new or creative and different (innovative) that is useful in delivering more value. Jamalsari Village has a very interesting attraction for tourists to visit namely Bukit Cinta Jati Reservoir goods. But it takes innovation for people who will develop this attraction with eco-friendly concepts, and those who sell creativity of local product innovations to withdraw are promoted around Bukit Cinta Jatibarang Reservoir. This Activity aims to create perspectives and improve community motivation in the field of entrepreneurship, the products available in the community can be packed well and will certainly attract government/partner assistance to cooperate.


Keywords


Kewirausahaan, Ramah Lingkungan, Produk Lokal.

Full Text:

PDF

References


Andi Hallang Lewa. (2018). PENGEMBANGAN MASYARAKAT BERBASIS KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN PARIWISATA DAN BUDAYA DI DESA WISATA KANDRI KOTA SEMARANG. 14(1), 37–54.

Diandra, D. (2016). Program Pengembangan Kewirausahaan Untuk Menciptakan Pelaku Usaha Sosial Yang Kompetitif. Jurnal.Polban.Ac.Id, 1340–1347. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1424

Hidayat, M. (2011). STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA (STUDI KASUS PANTAI PANGANDARAN KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT) Marceilla Hidayat Politeknik Negeri Bandung. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, I(1), 33–44.

Ibad, I., & Susilaningsih, S. (2019). Pemasaran Online Aneka Olahan Makanan Di Desa Jendi, Selogiri, Wonogiri. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 24(13), 38. https://doi.org/10.20961/jkb.v24i13.25382

Intan Yulia Insani Saragih; Gde Indra Bhaskara. (2019). KAJIAN PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA KAWASAN PESISIR PANTAI KABUPATEN ACEH TIMUR. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(2), 231–238. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2019.v07.i02.p04

Kurniawan, W. (2015). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Pariwisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Economics Development Analysis Journal, 4(4), 443–451. https://doi.org/10.15294/edaj.v4i4.14851

Malik, A., & Mulyono, S. E. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 87–101. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15151

Peraturan Presiden Republik Indonesia No 63 Tahun 2014 TENTANG PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPARIWISATAAN. (n.d.). https://doi.org/10.1530/EJE-14-0355

Puspaningtyas, M., Bahtiar, M. D., Putri, D. M., Ekonomi, F., Malang, U. N., & Karangpatihan, D. (2018). Peningkatan kemampuan berwirausaha masyarakat desa wisata gunung beruk. Jurnal KARINOV, 1(3), 1–7.

Reindrawati, D. Y. (2017). Tantangan dalam implementasi social entrepreneurship pariwisata di Pulau Madura. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 30(3), 215. https://doi.org/10.20473/mkp.v30i32017.215-228

Rintan Saragih. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26–34.

Sukma, A. I. N. (2014). Buku Ajar Pariwisata Berkelanjutan. Denpasar: Sustain Press.

Tim Penyusun. (2018). Kamus Besar Bahasa Indinesia. In 經濟研究.

Wawan Hari Subagyo; Asti Andayani. (2019). Model Pengembangan Kawasan Wisata Pedesaan Melalui Pendekatan Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus Desa Tegalwaru, Ciampea, Bogor). Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(1), 11–21.

Yulia, I., Saragih, I., & Indra, G. (2019). Pencitraan Sosial Media : Studi Kasus Ulasan Tripadvisor Terhadap 5 Restaurant Terbaik Di Bali. 7(2), 231–238.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i2.2341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: