PENGEMBANGAN DESA WISATA TENIGA ”PENATAAN KAWASAN TAMAN PECATU” KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA
Abstract
Abstrak: Desa teniga merupakan salah satu dari 7 desa yang berada di Dataran tinggi kecematan Tanjung kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat secara geografis desa Teniga berada di ketinggian 400 m di atas permukaan Laut, Wilayahnya memiliki Luas 1440 H dan jumlah penduduk 2933 jiwa yang dimana penduduk tersebar di 9 Dusun. di Desa Teniga bermayoritas Penduduk beragama Islam dan suku asli Sasak, Desa Teniga Memiliki potensi ekonomi disektor perkebunan dan sektor Pariwisata. Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor, yang memi1iki potensi yang layak untuk dikembangkan dan dikelolaa secara maksimal. Salah satu tempat wisata yang dapat di kembangkan sebagai desa wisata yang ada di desa teniga yaitu taman pecatu. Adapun kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu masyarakat mengembangkan potensi wisata yang berada di Desa Teniga salah satunya menjadikan Taman pecatu sebagai salah satu destinasi wisata yang diperuntukkan untuk meningkatkan perekonomian desa. Metode yang digunakan ialah melalui penataan Taman pecatu sebagai desa wisata dengan beberapa tahapan didalamnya. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membuat masyarakat di desa Teniga sadar akan besarnya potensi wisata yang dimiliki sehingga dapat terus melanjutkan pengembangan agar ke depannya dapat menarik minat wisatawan dalam jumlah besar berkunjung ke desa Teniga.
Abstract: Abstract: teniga Village is one of 7 villages located in the Highlands of Tanjung kecematan, North Lombok regency, West Nusa Tenggara province geographically Teniga village is located at an altitude of 400 m above sea level, its area has an area of 1440 H and a population of 2933 people where the population is spread over 9 Hamlets. in Teniga village with a majority population of Muslims and Indigenous Sasak, Teniga village has economic potential in the plantation sector and the tourism sector. Tourism in Indonesia is one of the sectors, which memi1iki feasible potential to be developed and managed to the maximum. One of the tourist attractions that can be developed as a tourist village in teniga village is pecatu Park. The service activity aims to help the community develop tourism potential in Teniga Village, one of which is to make pecatu Park as one of the tourist destinations intended to improve the village economy. The method used is through the arrangement of pecatu Park as a tourist village with several stages in it. With this service activity, it is hoped that it can make the community in Teniga village aware of the amount of tourism potential that is owned so that it can continue to develop so that in the future it can attract large numbers of toaurists visiting Teniga village.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, M. M. (2017). Strategi Ikonik Wisata Untuk Memperkenalkan Kota Malang Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Religi. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.26905/jpp.v2i2.1488
Anwar, M. F., Hamid, D., & Topowijono. (2017). Analsis Dampak Pengembangan Wisata Religi Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim Dalam Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Sekitar. Jurnal Administrasi Bisnis, 44(1), 186–193.
Dala, I. M., Maemunah, M., & Saddam, S. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Kampung Adat Tutubhada Sebagai Desa Wisata. Seminar Nasional Paedagoria, 1, 112–125.
Farida, F., Zulaikha, Z., & Putro, H. E. (2020). Desentralisasi Wisata Religi Indonesia Melalui City Branding Wisata Kabupaten Bangkalan Madura. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 223. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2149
Indarto, N. P. (2023). Pemasangan Papan Sapta Pesona oleh Mahasiswa KKN UGM di Desa Wisata Kebondalem Kidul – Kebondalem Kidul. Kelompok Sadar Wisata Gendewa.
Kaparang, A. A. P., Tarore, R. C., & Tinangon, A. J. (2023). Penataan Kawasan Wisata Bukit Wawo. MEDIA MATRASAIN, 20(2), 132–141.
Madyan, M., Kholidah, H., S, D. F., & Laila, N. (2018). Dampak Ekonomi Wisata Religi, Studi Kasus Kawasan Wisata Sunan Ampel Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 101. https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p101-106
Muharromah, G. L., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Religi Makam Kh. Abdurrahman Wahid. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p152-164
Panorama, M. (2018). Analisis Potensi Wisata Religi Ki Merogan Palembang. I-Economics: A Research Journal on Islamic Economics, 4(1), 18–28.
Saddam, S., Maemunah, M., & Palahuddin, P. (2021). Potensi Wisata Kampung Adat Tutubhada Desa Rendu Tutubhada Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(2), 86–94.
Silalahi, A. D., Zulfida, I., Safrawali, S., br Bangun, N., Hutagaol, J., & Afrida, E. (2022). Pelatihan Penataan Spot Tempat Wisata sebagai Daya Tarik Pengunjung. Journal Liaison Academia and Society, 2(2), 15–20.
Siti, ), Rahmi, A., Mintasrihardi, ), Rosada, ), & Mataram, U. M. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Desa Melalui Sosialisasi Penataan Destinasi Desa Teniga Lombok Utara (Development Of The Creative Economy In The Village Through Socialization Of Destination Arrangements Teniga Village North Lombok). Juni, 1(3), 115–122.
Suryadana, M. L. (2013). Sosiologi Pariwisata: Kajian Kepariwisataan dalam Paradigma Intergratif-Transformatif menuju Wisata Spiritual. Humaniora.
Susilo, D. E., Chasanah, I. N., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Dewantara, P. (2022). PARTA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Wisata Sebagai Penguatan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Menuju Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing Pendahuluan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1–5.
Yunanmalifah, M. A., Mulyaningsih, T., Fadholi, A. A. R., Choirunissa, A., Medina, B., Hendrawati, B. P., Umam, C., Wahyuni, D. T., Sumbawati, P. A. Les, Ashari, R. Y., Anggriani, S. P., Suripto, S., Juniarsih, N., Karyadi, L. W., & Ramdani, T. (2021a). Penataan Destinasi dan Strategi Promosi Guna Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Karang Mataram. Abdi Insani, 8(2), 168–180. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i2.403
Yunanmalifah, M. A., Mulyaningsih, T., Fadholi, A. A. R., Choirunissa, A., Medina, B., Hendrawati, B. P., Umam, C., Wahyuni, D. T., Sumbawati, P. A. Les, Ashari, R. Y., Anggriani, S. P., Suripto, S., Juniarsih, N., Karyadi, L. W., & Ramdani, T. (2021b). Penataan Destinasi Dan Strategi Promosi Guna Meningkatkan Jumlah Wisatawan Di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Karang Mataram. Abdi Insani, 8(2), 168–180. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i2.403
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i2.24113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: