SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN PASIEN PADA SISTEM 5 MEJA DI POSYANDU KAWAN SEIRING KELURAHAN BAMBU KUNING WILAYAH KERJA PUSKESMAS REJOSARI

Masriani Situmorang, Mulyana Mulyana, Risda Safitri

Abstract


AbstrakPelayanan kesehatan terpadu (posyandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan dan keluarga berencana yang dilaksanakan ditingkat dusun dalam wilayah kerja masing-masing puskesmas. Posyandu adalah suatu forum komunikasi, alih tegnologi dan pelayanan kesehatan masyarakat oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis dalam mengembangkan sumber daya manusia sejak dini. Sebagai pusat kegiatan masyarakat, posyandu merupakan forum swadaya masyarakat yang memberikan pelayanan kesehatan sederhana dan keluarga berencana. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan peningkatan kinerja petugas terhadap pelayanan rekam medis sistem informasi khususnya pada bagian pencatatan dan pelaporan data. Kegiatan pengabdian di laksanakan di Posyadu Kawan Seiring, Kelurahan Bambu Kuning Kota Batam. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah mengadakan penyuluhan tentang pencatatan dan pelaporan pasien pada sistem 5 meja di posyandu dan sesi tanya jawab Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar. Antusiasme dari peserta juga cukup baik, hal ini bisa terlihat mulai dari awal kegiatan sampai rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat selesai. Penyampaian materi dilakukan oleh tim yaitu pemaparan terkait pencatatan dan pelaporan pasien pada sistem 5 meja di posyandu. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pecatatan dan pelaporan pada sistem 5 meja telah dilaksanakan di Posyandu Kawan Seiring. Solusi terkait teknis pencatatan dan pelaporan di Posyandu telah diberikan termasuk saran untuk pengembangan pada sistem 5 meja posyandu ke depan.

Abstract:  Integrated health services (posyandu) are a form of integrated health and family planning services implemented at the hamlet level within the working area of each community health center. Posyandu is a forum for communication, technology transfer and public health services by and for the community which has strategic value in developing human resources from an early age. As a center for community activities, posyandu is a community self-help forum that provides simple health and family planning services. This activity is expected to create an increase in the performance of officers regarding information system medical record services, especially in the data recording and reporting section. Service activities were carried out at Posyadu Kawan Along, Bambu Kuning Village, Batam City. The method used in this activity was to provide education about recording and reporting patients on the 5 desk system at the posyandu and a question and answer session. Overall, this community service activity ran smoothly. The enthusiasm of the participants was also quite good, this could be seen from the start of the activity until the series of community service activities were completed. The team delivered the material, namely a presentation regarding patient recording and reporting on the 5 desk system at the posyandu. Socialization and training activities for recording and reporting on the 5 table system have been carried out at Posyandu Kawan Along. Solutions related to technical recording and reporting at Posyandu have been provided including suggestions for future development of the 5 posyandu desk system.


Keywords


Sistem 5 Meja di Posyandu; Pencatatan dan Pelaporan Posyandu.

Full Text:

PDF

References


Abduh, R. (2021). Kajian Hukum Rekam Medis Sebagai Alat Bukti Malapraktik Medis. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 6(1), 221–234.

Amran, R., Apriyani, A., & Dewi, N. P. (2022). Peran Penting Kelengkapan Rekam Medik Di Rumah Sakit. Baiturrahmah Medical Journal, 1(2), 69–76.

Anis, Y., Purwatiningtyas, P., Retnowati, R., & Fajrina, E. A. N. (2022). Penerapan Framework Bootstrap Dalam Sistem Informasi Rekam Medis Data Posyandu Dengan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (Json), 4(2), 310–318.

Cynthia Silsilia Tailaso. (2018). Puskesmas Bahu Kota Manado Pendahuluan Mutu Pelayanan Kesehatan Adalah Pelayanan Yang Dapat Memberikan Kepuasan Kepada Setiap Pemakai Jasa Pelayanan Kesehatan Sesuai Dengan Tingkat Kepuasan Yang Kesehatan Dapat Memenuhi Seluruh Harapan Pelanggan Melalui P. Hubunga Mutu Pelayanan Kesehatan Denga Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado, 7, 1–10.

Ipa, A., Pratama, R., Hasan, Z. A., & Husniyah, H. (2020). Penguatan Kemitraan Dengan Kader Kesehatan Dalam Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Program Kesehatan Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Wilayah Desa Binaan. Media Implementasi Riset Kesehatan, 1(1).

Kamilah, F., & Ratnasari, A. (2020). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web (Studi Kasus: Posyandu Mandala 2). Jurnal Sistem Informasi Dan E-Business, 2(4), 479–495.

Karmila, B. N. (2023). Pengaruh Pelatihan Kader Terhadap Tingkat Pengetahuan Sistem 5 (Lima) Meja Posyandu Di Desa Marong Wilayah Kerja Puskesmas Mujur Kabupaten Lombok Tengah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hamzar.

Kholili, U. (2011). Pengenalan Ilmu Rekam Medis Pada Masyarakat Serta Kewajiban Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal Of Community Health), 1(2), 60–72.

Nur’azizah, S. (2012). Pengembangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web: Studi Kasus Posyandu Cempaka Ii Kelurahan Baranangsiang Kota Bogor.

Purwaningsih, E., & Supatmi, S. (2021). Pelatihan Posyandu Sistem Lima Meja Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di Dusun Soka Pundong Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 1(1), 35–46.

Situmorang, M. (2023). Optimalisasi Elektonik Medical Record (Emr) Pada Layanan Kesehatan Di Tingkat Primer Puskesmas Botania Kota Batam. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 169–174.

Situmorang, M., & Mulyana, M. (2023). Sosialisasi Tentang Elektronik Medical Record Kepada Petugas Pelayanan Kesehatan Dalam Upaya Percepatan Emr Tahun 2023 Di Rumah Sakit Graha Hermine. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12542–12545.

Situmorang, M., & Wulandari, S. (2023). Analisis Standar Pelayanan Minimal (Spm) Penyediaan Berkas Rekam Medis Poliklinik Penyakit Dalam Rawat Jalan Di Rsud Embung Fatimah. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 164–168.

Tantowi, R. (2019). Standar Pelayanan Minimal (Spm) Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Review Terhadap Peraturan Pemerintah). Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 175–185.

Tarigan, S. F. N., & Maksum, T. S. (2022). Pemanfaatan Layanan Sistem Informasi E-Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Pieces. Jambura Health And Sport Journal, 4(1), 29–36. Https://Doi.Org/10.37311/Jhsj.V4i1.13446

Taringan, S. F. N., Abudi, R., & Arsad, N. (2022). Sistem Pengelolaan Rekam Medis Di Puskesmas. Jambura Health And Sport Journal, 4(2), 119–126.

Tunggal, T., Setiawati, E., & Heryanti, A. (2021). Revitalisasi Posyandu Dan Pelatihan Kader Tentang Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Sistem 5 Meja. Jurnal Bakti Untuk Negeri, 1(2), 90–97.

Widarti, W., Rinawan, F. R., Susanti, A. I., & Fitri, H. N. (2018). Perbedaan Pengetahuan Kader Posyandu Sebelum Dan Sesudah Dilakukan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Iposyandu. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 1(2), 143–150.

Yanti, Y., Lailiyana, L., & Helina, S. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kader Posyandu Dalam Memberikan Penyuluhan Mp-Asi Di Desa Tanah Merah Kabupaten Kampar. Ika Bina En Pabolo: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41–48.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i3.24931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: