Pendampingan Digital Marketing pada Pengrajin Rotan di Dusun Jerua Desa Montong Beter, Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur
Abstract
Abstrak: Dusun Jerua memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dari dusun-dusun lainnya di Desa Montong Beter, yaitu adanya produktivitas usaha masyarakat. Salah satu produktivitas usaha yang dikembangkan di Dusun Jerua adalah industri kerajinan rotan berupa pembuatan tas dari anyaman rotan yang bernama ”ketak” yang dikelola masyarakat dalam bentuk Home Industry. Permasalahan yang dihadapi adalah masih minimnya pengetahuan dan keterampilan dalam hal pemasaran. Pemberian pelatihan dan pendampingan merupakan salah satu bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pemasaran produk. Kegiatan PkM ini diawali dengan identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan digital marketing serta evaluasi kegiatan. Setelah dilaksanakannya kegiatan PkM ini diketahui bahwa tumbuhnya kesadaran, peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang digital marketing dalam upayanya meningkatkan penjualan produk kerajinan rotan.
Abstract: Jerua Hamlet has unique traits that set it apart from the other hamlets in Montong Beter Village, including the productivity of community businesses. One of the business productivity created in Jerua Hamlet is the rattan craft industry, which makes bags from woven rattan called "ketak" and is administered by the community as Home Industry. The problem is a lack of information and abilities in marketing. Providing training and mentoring is a type of Community Service (PkM) activity that attempts to improve knowledge and abilities in product marketing. This PkM activity begins by identifying the difficulties that partners experience, followed by digital marketing training and evaluation activities. Following the deployment of this PkM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123–131. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/605
Christantyawati, N., Sufa, S. A., Susilo, D., & Putranto, T. D. (2018). Metamorfosis Media Komunikasi Pemasaran Produk Hasil Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 91–96.
Eka, D., Diah, Y. M., Taufik, T., Bunga, C. A. C., Putriana, V. N., Febianti, D., ... & Arifuddin, Z. (2022). Peranan Kompetensi SDM dalam Meningkatkan Industri UMKM di Kecamatan Ilir Barat II Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1), 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.29259/jscs.v3i1.56
Eriska, A. (2019). Mengenal Kerajinan Anyaman Rotan. Pengsilo Media. https://www.google.co.id/books/edition/Mengenal_Kerajinan_Anyaman_Rotan/hDzLDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Eskak, E. (2014). Kajian Pengembangan Mebel Rotan di Sumbawa Barat. Indonesian Ministry of Industry.
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 30–39. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452
Mahalizikri, I. F. (2019). Membangun Dan Mengembangkan Serta Meningkatkan UMKM Di Desa Tenggayun. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 185–194. https://doi.org/https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.171
Minarsih, M. M., & Fathoni, A. (2015). Pengaruh Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Promosi Terhadap Pemberdayaan UMKM (Studi Kasus pada Pemilik Usaha di Sekitar Pasar Babadan, Ungaran). Journal of Management, 1(1). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/231.di
Noviadji, B. R. (2014). Desain kemasan tradisional dalam konteks kekinian. Artika, 1(1), 10–21. https://doi.org/https://doi.org/10.34148/artika.v1i1.24
Salsabilla, F., & Ardhiyansyah, A. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pembangunan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Minat Beli. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 240–247.
Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/AMALEE.V1I2.408
Werdiningsih et al. (2023). Digitalisasi Manajemen Koperasi dan UMKM (Indra Pradana Kusuma (ed.)). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i4.25861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: