Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Interaktif Bagi Guru di SMPS Al-Hikam Burneh Bangkalan

Sigit Dwi Saputro, Mochammad Yasir, Naelur Rohmah, Abd Ghaffar, Ach Irgi Bik Nada

Abstract


Abstrak: Selama ini siswa di SMPS Al-Hikam Burneh Bangkalan hanya menggunakan buku paket yang tersedia di sekolah dengan sistem pinjam. Tidak semua siswa memiliki buku paket sehingga siswa harus berkelompok untuk menerima informasi pengetahuan. Sementara disisi lain mayoritas siswa menggunakan HP Android yang dapat mengakses berbagai macam informasi secara digital. Tujuan pengabdian ini adalah melatih guru di SMPS AL-Hikam untuk membuat bahan ajar digital interaktif. Metode yang digunakan adalah melalui teknik Workshop. Peserta pelatihan adalah semua dewan guru di SMPS Al- Hikam yang terdiri dari 32. Instrumen pelatihan berupa angket respon terdiri dari lima indikator yang meliputi buku panduan, penyampaian materi, tim pengabdian, pemahaman dan keterampilan, dan perasaan mengikuti kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa rerata persentase dari kelima indikator mencapai 89,5% dengan demikian seluruh peserta memberikan respon sangat positif terhadap pelatihan pembuatan bahan ajar digital.

Abstract: Students at SMPS Al-Hikam Burneh Bangkalan have only used textbooks available at school with a borrowing system. Not all students have textbooks so students have to form groups to receive knowledge information. While on the other hand, the majority of students use Android phones that can access various kinds of information digitally. The purpose of this community service is to train teachers at SMPS AL-Hikam to create interactive digital jar materials. The method used is through the Workshop technique. The training participants were all teachers at SMPS Al-Hikam consisting of 32. The training instrument was a response questionnaire that assessed five indicators including guidebooks, material delivery, community service teams, understanding and skills, and feelings of participating in activities. The results of the community service showed that the average percentage of the five indicators reached 89.5%, thus all participants gave a very positive response to the training in making digital teaching materials.


Keywords


bahan ajar digital interaktif; articulate storyline; guru.

Full Text:

PDF

References


Aljanazrah, A. (2020). The Effectiveness Using Virtual Experiments on Students’ Learning in The General Physics Lab. Journal of Information Technology Education: Research, 19(2), 976–995.

Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658

Anjana. (2018). Technology for Efficient Learner Support Services in Distance Education. Springer Nature Singapure.

Arni, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Electronic Publication (EPUB) pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IPA MAN 1 Padang Panjang. IAIN Batu Sangkar.

Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., AP, N., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 266–270.

Karim, S. A., Parenreng, J. M., & Hafizh, A. (2022). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah jaringan komputer di prodi PTIK UNM. Information Technology Education Journal, 1(1), 75–78.

Kemdikbud. (2023). Data pokok pendidikan sekolah.

Merliza, P. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Digital Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga. Journal of Mathematics Education, 9(1), 61–70.

Misdawati, M. (2023). Pengembangan modul digital berbasis game based learning di kelas IV MI datok sulaiman bagian putra palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Saputro, S. D., Dellia, P., Admoko, S., & Andreani, A. D. P. (2023). Analisis Penggunaan E-Modul berbasis Multiple Representation terhadap Minat dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3), 1117–1125. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.80187

Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook Dan Web Anyflip Di Smp Negeri 41 Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1865

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835

Yasir, M., & Dwi, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital IPA Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Peningkatan Hasil Belajar. Journal of Education and Informatics Research, 3(1), 90–98.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i4.26768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: