PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR: METODE HABITUASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL
Abstract
Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kedisiplinan dalam belajar melalui metode habituasi yang dirancang untuk meningkatkan motivasi intrinsik siswa di SMP Muhammadiyah Boarding School. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama satu bulan, dari tanggal 27 Agustus hingga 26 September 2024, sebagai bagian dari program KKN-dik yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram. Metode yang digunakan meliputi observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Tim pengelola program terdiri dari lima mahasiswa yang berkolaborasi dengan pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam penerapan aturan, lingkungan sekolah berkontribusi signifikan terhadap pembentukan kedisiplinan siswa. Siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai disiplin dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu, program sosialisasi yang melibatkan seluruh elemen sekolah berhasil menciptakan budaya disiplin yang positif. Program ini tidak hanya berdampak pada peningkatan hasil belajar, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan karakter siswa yang lebih bertanggung jawab dan teratur. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya konsistensi dan ketegasan pihak sekolah dalam menerapkan aturan disiplin guna memperkuat kebiasaan baik siswa.
Abstract: This study aims to develop discipline in learning through a habituation method designed to enhance students' intrinsic motivation at SMP Muhammadiyah Boarding School. The community service program was conducted over one month, from August 27 to September 26, 2024, as part of the KKN-dik program organized by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) at Universitas Muhammadiyah Mataram. The method utilized included observation, planning, implementation, and evaluation phases. The program management team comprised five students who collaborated with the school administration. The findings revealed that despite challenges in rule enforcement, the school environment significantly contributed to shaping students' discipline. Students were able to internalize disciplinary values in their daily lives, both at school and at home. Furthermore, the comprehensive socialization program involving all school elements successfully fostered a positive disciplinary culture. This program not only improved academic outcomes but also contributed to developing students' character, making them more responsible and organized. The study recommends the importance of consistency and firmness in school policies to strengthen students' positive habits.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Aprilia, F., & Wardhani, J. D. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4069
Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi tata tertib sekolah dalam penanaman budaya disiplin siswa. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183–194.
Azwar, W. (2023). Pembentukan Karakter Moral Peserta Didik melalui Pendekatan Habituasi. Seminar Nasional Paedagoria, Vol. 3, 50–58.
Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa. Nuansa Cendekia.
Haryuni, S. (2013). Penerapan bimbingan konseling pendidikan dalam membentuk kedisiplinan layanan bimbingan pengembangan diri. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Ibda, H. (2022). Ekologi perkembangan anak, ekologi keluarga, ekologi sekolah dan pembelajaran. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 4(2), 75–93.
Maemunah, M., Saddam, S., Sulystyaningsih, N. D., Suryantara, I. M. P., Rahmandari, I. A., & Mariaseh, N. W. (2024). Habituasi Nilai-nilai Etno-Digital Ethic untuk Penguatan Etika Komunikasi Digital dan Social Trust Mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 7(4), 377–387.
Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207
Ni’mah, Z. (2024). Habituasi toleransi sebagai upaya menguatkan pendidikan anti bullying di sekolah. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(1), 22–39.
Nupusiah, U., Aditya, R., & Dewi, D. S. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 10–16. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2194
Nurrohmatussa’adah. (2022). Pengaruh Pelayanan Bimbingan Konseling terhadap Kedisiplinan Siswa dan Siswi dI MTsN 1 Batanghari. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.183
Pratiwi, A., Nana Hendra Cipta, & Siti Rokmanah. (2023). PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2043
Pratomo, W. (2016). Memahami pendekatan dan habituasi pkn sebagai pendidikan nilai dan moral bagi guru di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(2).
Raniya, P. T., & Waharjani, W. (2023). Pendidikan Akhlak Kepada Anak Melalui Metode Habituasi (Telaah Hadits Abu Dawud dan at-Tirmidzi). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4761
Rimm, S. B. (2003). Mendidik dan menerapkan disiplin pada anak prasekolah: pola asuh anak masa kini. Gramedia Pustaka Utama.
Romdhoni, M., Irfani Lindawati, Y., & Soetrisnaadisendjaja, D. (2022). HABITUASI SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMAN 1 CIOMAS. Saskara : Indonesian Journal of Society Studies. https://doi.org/10.21009/saskara.012.02
Saddam, S. (2019a). Integrasi nilai-nilai konservasi habituasi kampus melalui kegiatan nonakademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 20–28.
Saddam, S. (2019b). Integrasi Nilai-Nilai Konservasi Habituasi Kampus Universitas Negeri Semarang Melalui Kegiatan Akademik. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 27–34.
Saddam, S., Maemunah, M., & Suryantara, I. M. P. (2024). Ethno-Digital Ethic Values in Campus Habituation for Strengthening Communication Ethics and Social Trust of Students. Proceeding of the International Conference on Social Sciences and Humanities Innovation, 1(1), 39–56.
Saddam, S., Setyowati, D. L., & Juhadi, J. (2016). Integrasi nilai-nilai konservasi dalam habituasi kampus untuk pembentukan kepribadian mahasiswa Universitas Negeri Semarang. JESS (Journal of Educational Social Studies), 5(2), 128–135.
Saddam, S., Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2018). The Integration Strategy of Conservation Values in Habituation of Semarang State University Campus. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(2), 1–13.
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK). https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Setyowati, D., Saddam, S., & Handoyo, E. (2020). Application of Conservation Value for Character Developing of Universitas Negeri Semarang Students.
Sinaga, S. J., Hutabarat, G. I. C., Nababan, Y. J., Turnip, F. C., & Hutauruk, A. J. B. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Perbandingan di SMP Free Methodist 1 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1865
Wahidah, N., Farid, M., Aca, L., Lestari, N. M., & Santoso, G. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ) Pendidikan Karakter Habituasi Kegiatan Keagamaan di Dalam dan di Luar Kelas Sekolah Menengah Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). 02(05), 375–382.
Waruwu, L., & Supriyoko. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.
Yana, K. F. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Muaro Jambi. Indonesian Journal of Education Research (IJoER). https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i1.549
Yusdiani, N., Sulaiman, U., & Seknun, Y. (2018). Penanaman Budaya Disiplin Terhadap Peserta Didik Kelas Vi Mis Guppi Laikang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Inspiratif Pendidikan, 7(2), 233–252.
Zuhroh, L. L., Oktiningrum, W., Adzimatnur, A., Wardhani, D. A. P., & Wibowo, A. (2024). Integrasi Permainan Tradisional Inovatif GABUL dan GABIL dengan Model Habituasi Sikap Anti-Bullying Bagi Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 7(1), 115–126.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i2.27216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: