MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MELALUI GERAKAN GLS PADA SISWA SMPN 2 PRAYA TENGAH

Linda Ayu Darmutika, Radit Fabian, Nurul Wasiah, Nurul Miiraz, Jumatun Hasanah, Sefia Rahayu

Abstract


Abstrak: Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran minat literasi dan numerasi siswa atau menjadikanya sebagai budaya. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMPN 2 Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif praktik, yakni melalui teknik/ tahap observasi, tahap sosialisasi & implementasi, serta tahap tahap evaluasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pustakawan, guru, peserta didik dan lingkungan prasarana sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan secara kompherensif dan aktual faktor kausalitas atas problem rendahnya tingkat kemampuan serta tidak meleknya siswa terhadap literasi (baca, tulis dan menghitung). Setelah dilaksanakn program GLS dan berdasarkan hasil evaluasi tim pengabdian, perubahan kesadaran dan semangat membudayakan literasi sangat terlihat, hingga sampai pada kemampuan berfikir, dan kualitas intelektual yang dapat memengaruhi perubahan nilai akademik secara optimal. Siswa yang semulanya pasif kini menjadi aktif.

Abstract: The School Literacy Movement (GLS) was carried out with the aim of increasing awareness of students' interest in literacy and numeracy or making it a culture. This service activity was carried out at SMPN 2 Praya Tengah, Central Lombok Regency. This service uses qualitative methods with a practical descriptive approach, namely through techniques/observation stages, socialization & implementation stages, as well as evaluation stages. Research informants include school principals, deputy principals for curriculum, librarians, teachers, students and the school infrastructure environment. Based on the research results, it shows comprehensive and actual causal factors for the problem of low levels of ability and students' lack of literacy in literacy (reading, writing and calculating). After implementing the GLS program and based on the evaluation results of the service team, changes in awareness and enthusiasm for cultivating literacy were very visible, down to the ability to think and intellectual qualities that could influence changes in academic grades optimally. Students who were originally passive have now become active.


Keywords


pelatihan dan bimbingan; literasi; numerasi.

Full Text:

PDF

References


Affiati, A., Haifaturrahmah, H., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2021). Tingkat Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31.

Anisah, N., Akbar, M. A., Hardi, S., Darmutika, L. A., Waluyan, R. M., & Niswariyana, A. K. (2024). Implementasi Kegiatan Literasi Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 492–503.

Anisaturahma, A., Nizar, M., Fujiaturrahman, S., Darmutika, L. A., Hastuti, I. D., & Ningsih, A. S. P. (2024). Hubungan Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 269–278.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

Deliyati, A., Gustina, R., Winata, A., Rejeki, S., Saddam, S., & Bidaya, Z. (2023). Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 478–486.

Fitrananda, A. F. (2020). Praktik Kultural Komunitas Rumah Literasi Indonesia Dalam Mengembangkan Literasi Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi. Universitas Airlangga.

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.

Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 35–38.

Hartati, T. S. (2020). Perpustakaan Nasional dalam Menciptakan Peradaban dengan “Heutagogy.” Perpustakaan Sebagai Simbol Peradaban Dan Pusat Budaya Bangsa, 55.

Huda, M. (2017). Perpustakaan dan Mutu Pendidikan: Peran Dan Tantangan Perpustakaan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter. Jurnal: Libraria, 5.

Irham, I., Hidayatullah, A., & Tasrif, T. (2020). Optimalisasi Budaya Literasi Dalam Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat Gemilang. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas, 1(1), 279–283.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1).

Ismail, A., Nojeng, A., Fakhri, M. M., & Jamaluddin, A. Bin. (2023). PKM Digitalisasi Pembelajaran: Meningkatkan Literasi Digital Melalui Aplikasi Kinemaster. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 198–206.

Kalida, M., & Mursyid, M. (2014). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Aswaja Pressindo.

Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., Prabowo, D. S., Setiawan, S., Syukron, A. A., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi pembelajaran: Konsep dan pengembangannya di era society 5.0. Penerbit Nem.

Kirani, C. (2022). Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Berkarakter (Studi Kasus di SDIT Darul Falah). IAIN Ponorogo.

Maemunah, M., Saddam, S., Sulystyaningsih, N. D., Suryantara, I. M. P., Rahmandari, I. A., & Mariaseh, N. W. (2024). Habituasi Nilai-nilai Etno-Digital Ethic untuk Penguatan Etika Komunikasi Digital dan Social Trust Mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 7(4), 377–387.

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai media pembelajaran daring berbasis android bagi siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12.

Nabilah, L. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving.

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168.

Nurlinasari, L., & Hamid, S. I. (2018). Efektivitas Model Multiliterasi Kritis Dalam Mengembangkan Civic Literacy Siswa SD Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civicus, 18(2), 9–18.

Nursyatin, Gustina, R., Saddam, Rejeki, S., Mayasari, D., & Isnaini. (2023). Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan untuk Bersaing di Era 4.0 serta Pengaruhnya. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 333–341.

Pd, H. M., Saddam, S., & Endang, S. (2023). Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan: Kajian Ontologis, Epistemologi dan Aksiologis Pedagogik. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(2), 33–43.

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut Baca terhadap minat membaca Siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85.

Prananda, M., Iqbal, R. A., Anjani, T. P., & Kurniawan, A. (2023). Pojok Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca di Pulau Panjang, Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 273–279.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Rejeki, S., Hasanah, S., Muttaqin, Z., Ibrahim, I., & Saddam, S. (2021). Empowering Women In Child Parenting Patterns Through Paar" Cinta Kasih" Education. JCES (Journal of Character Education Society), 4(3), 833–843.

Rizwana, R. A., Rejeki, S., Saddam, S., Farid, M. R. A., & Kaman, S. Y. (2023). Pengembangan Literasi Kebangsaan pada Siswa Sanggar Bimbingan Kampung Baru Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 163–178.

Saddam, S., Maemunah, M., & Suryantara, I. M. P. (2024). Ethno-Digital Ethic Values in Campus Habituation for Strengthening Communication Ethics and Social Trust of Students. Proceeding of the International Conference on Social Sciences and Humanities Innovation, 1(1), 39–56.

Saddam, S., Sulystyaningsih, N. D., Sakawibawa, I. D. K., & Rahmandari, I. A. (2024). Urgensi Pemahaman Wawasan Nusantara Bagi Generasi Muda di Era Globalisasi. Madani: Journal of Social Sciences and Social Science Education, 2(2), 75–88.

Saddam, S., & Syudirman, S. (2024). Konsep Pendidikan Kewarganegaraan di SD/MI (Tim Einstein College (ed.); ). Penerbit Einstein College.

Sumampow, Z. F. (2024). Pengembangan Kurikulum. Selat Media.

Syaharuddin. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan bagi Dosen dalam Menyusun Hasil PKM Berdasarkan Template Jurnal Terkareditasi Nasional. Indonesian Journal Of Community Service, 1(2), 126–133.

Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33.

Tanggur, F. S., Utomo, C. B., Wisnuwardana, I. G. W., Saddam, S., & Nuryanti, N. (2024). Strengthening Digital Literacy as a Strategy to Prevent the Commodification of Belis Culture in Manggarai. Jurnal Pendidikan IPS, 14(2), 399–408.

Umar, A. (n.d.). Peran perpustakaan SMPN 161 Jakarta dalam meningkatkan minat baca.

Wahyuni, I., Gustina, R., Nizar, M., Mayasari, D., Saddam, S., & Rejeki, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Pengenalan Budaya Sasak Terhadap Peserta Didik. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 168–173.

Wahyuni, S. (2009). Menumbuhkembangkan minat baca menuju masyarakat literat. Diksi, 16(2).

Yuni, Y., Ardilansari, A., Saddam, S., Candra, C., Muttaqin, Z., & Maemunah, M. (2023). Tingkat Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Nalar Siswa PPKn. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 80–89.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.27280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: