Pendampingan Sosialisasi Penanganan Kekerasan Seksual dan Bullying di SMPN 1 Masbagik

Hijril Ismail, Irmawati Banmalei, Nurul Wahidah, Husnul hotimah, Jumratul Ain, Nurul Huda, Setiawan Setiawan

Abstract


Abstrak: Kekerasan seksual dan bullying merupakan peristiwa yang kerap terjadi di Indonesia. Lombok Timur merupakan salah satu daerah yang tidak luput dari kejahatan. Beberapa kasus justru terjadi di lingkungan Pendidikan. Perilaku menyimpang ini menimpa remaja-remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan dan susah mengendalikan emosi. Oleh karena itu, diperlukan edukasi yang tepat kepada para siswa/siswi agar kejahatan tidak terjadi di lingkungan sekolah. Sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa PLP II bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya kekerasan seksual dan bullying. Program ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, di mana siswa merasa terbuka untuk melaporkan insiden kekerasan. Metode kegiatan yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang dilakukan di SMPN 1 Masbagik secara tatap muka dengan melibatkan 62 siswa dan beberapa guru sebagai pendukung. Kegiatan ini berhasil memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bahaya kekerasan seksual dan bullying, serta pentingnya melaporkan segala tindakan kejahatan yang terjadi. Dengan sosialisasi ini, diharapkan siswa menjadi lebih waspada terhadap kekerasan seksual dan bullying, sehingga siswa tidak menjadi pelaku maupun korban dalam setiap tindak kejahatannya, serta memiliki keberanian untuk melaporkan atau mencegah tindakan tersebut kepada pihak yang merasa bisa melindunginya.

Abstract:  Sexual violence and bullying are common occurrences in Indonesia. The east of lombok is one of the most violent areas in which a typical behavioral education environment affects adolescents who are experiencing growth and find it difficult to control their emotions. Therefore, proper education is required for students to prevent crime from occurring in the school environment. Socializing by PLP II students aims to increase students' understanding of the dangers of sexual violence and bullying this program is expected to create a safe and comfortable school environment, where students feel open to reporting violent incidents. The method of activities used are observation and interviews performed at 1 masbagic 1 in person by involving 62 students and a number of teachers supporting this activity to give a more thorough understanding of the dangers of sexual violence and bullying, and the importance of reporting any of the crimes committed with the socialization, it is expected that students be more aware of sexual violence and bullying, So that the student is neither a perpetrator nor a victim in any of his crimes, and has the courage to report or prevent such actions to those who feel that they can protect him.


Keywords


Kekerasan, sosialisasi, seksual, bullying, remaja, edukasi

Full Text:

PDF

References


Aini, F., Saddam, S., & Suratmi, S. (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X Fase E SMA. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 8(2), 1–8.

Amalia, R. R., Oktaviani, F. S., Retno, S., & Andayani, D. (2024). Peningkatan Kesadaran Siswa Melalui Program Sosialisasi Anti Kekerasan Seksual Dan Anti Bullying Di Smp Khoiriyah Sumobito Increasing Students ’ Awareness Through Anti-Sexual Violence and Anti-Bullying Socialization Program At Smp Khoiriyah Sumobito. X(1), 1–7.

Arif, A. M., Sakban, A., Mayasari, D., Saddam, S., Rejeki, S., & Nisa, H. (2023). Fanatisme dan Lunturnya Nilai Kebudayaan Gen Z: Dampak Trend K-Pop. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 140–149.

Ariyanik, S., Suhartini, E., & Sosiologi, P. (2012). Fenomena kenakalan remaja di desa Wonorejo kabupaten Situbondo. Jurnal Entitas Sosiologi, 1(2), 16–26.

Ayu Suciartini, N. N., & Unix Sumartini, N. L. P. (2019). Verbal Bullying Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 152. https://doi.org/10.30659/j.6.2.152-171

Deliyati, A., Gustina, R., Winata, A., Rejeki, S., Saddam, S., & Bidaya, Z. (2023). Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tatangan di Era Digitalisasi. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 478–486.

Hajawiyah, A., Hapsari, M. F., Yuliyanto, R., & Efandi, S. (2023). Sosialisasi Kenakalan Remaja, Sex Education, dan Kekerasan Seksual di SMP Negeri 3 Trucuk. Jurnal Bina Desa, 4(3), 355–362. https://doi.org/10.15294/jbd.v4i3.39289

Harefa, T. M., Manik, J. P., Yahaubun, C. H., Gomies, D., Antoni, A., Kesamay, S., Serlaut, Y., & Ritiauw, S. P. (2023). Sosialisasi Pencegahan Bullying Dikalangan Siswa. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 33–37. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.33-37

Hastuti, L. (2020). Tri pusat pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat) dalam membentuk akhlak melalui pembinaan agama. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(1), 83–95.

Mariyona, K. (2020). Dampak Kekerasan Seksual Pada Remaja Putri Dalam Proses Pembelajaran Di Smps Psm Kota Bukittinggi. MIKIA: Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak (Maternal and Neonatal Health Journal), 16–21. https://doi.org/10.36696/mikia.v4i2.13

Mozin, N., Kamuli, S., Ngiu, Z., Al Hamid, S., Nggilu, A., & Rusli, P. R. (2023). Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Smp Negeri 3 Limboto. Civic Education Law and Humaniora : Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 35–42. https://doi.org/10.37905/celara.v1i2.22125

Nadila, A. P., Rizkiana, F., Wirayudha, D., & Nugraha, F. (2024). Sosialisasi Gerakan Anti-Bullying dan Kekerasan Seksual dengan Program Edukasi dan Konseling. 838–844.

Nursyatin, N., Gustina, R., Saddam, S., Rejeki, S., Mayasari, D., & Isnaini, I. (2023). Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan untuk Bersaing di Era 4.0 serta Pengaruhnya. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 333–341.

Omalia, N., Mansyur, A., Rehan, R., Rauzah, R., & Irawan, A. (2023). Sosialisasi Pencegahan Pelecehan Seksual, Bullying Bullying , serta Narkotika di SMP Negeri 3 Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 113–117. https://doi.org/10.58835/nawadeepa.v2i3.152

Purbararas, E. D. (2018). Problema Traumatik: Kekerasan Seksual pada Remaja. Jurnal Ijtimaiya, 2(1), 63–89.

Puspasari, D., Rahayuningsih, T., Afriyeni, N., Hidayat, T., Susanti, R., Anggreiny, N., & Gufron Rhodes, P. (2022). Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan Seksual dan Bullying di Sekolah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 41(December), 12–17.

Sugandi, D., Sumarni, D., Patrio, E., & ... (2020). Karakter Dan Sifat Kejujuran Mahasiswa Melalui Kantin Kejujuran. Pendekar: Jurnal …, 2(1), 15–22.

Wati, E., Sari, W., Ibrahim, I., Rezeki, S., Maemunah, M., & Saddam, S. (2023). Dampak Modernisasi terhadap Sopan Santun Generasi Milenial. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 66–72.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v7i4.27763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: