PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB BAGI GURU SMP
Abstract
Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SMPN 5 Praya Barat dalam penggunaan media pembelajaran, khususnya media Web-blog. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian di SMPN 5 Praya Barat ini dimulai dari kegiatan survey pendahuluan, pelaksanaan kegiatan pegabdian, sampai kepada penyusunan laporan. Berdasarkan diskusi yang diselenggarakan diperoleh kesimpulan bahwa para peserta pengabdian tersebut merasa antusias berjalan lancar atas diselenggarakannya kegiatan pengabdian pembuatan media pembelajaran berbasis android dan web-blog. Kegiatan berjalan lancar terlihat dari tingkat kehadiran peserta yang tinggi. Antusiasme para peserta terlihat dari aktifnya saat berdiskusi dan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi tanya-jawab kepada tim pengabdi. hal ini dikarenakan para peserta menyadari bahwa di era teknologi informasi, pembelajaran secara online merupakan salah satu sarana penting dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sekolah.respon peserta atas kegiatan pengabdian yang dilaksanakan menyatakan bahwa, dari kualitas pemateri adalah sangat baik. Peserta juga menyatakan sangat paham atas penjelasan yang telah diberikan oleh tim pengabdi. Hal ini dapat terlihat dari hasil angket atas persepsi peserta terhadap peningkatan pemahaman yang menyatakan sangat paham.
Abstract: The purpose of this devotional activity is to improve the ability of the teachers of SMPN 5 Praya Barat in the use of learning media, especially Web-blog media. The method of implementing devotional activities in SMPN 5 Praya Barat starts from preliminary survey activities, implementation of devotional activities, to the preparation of reports. Based on the discussion, the participants concluded that the participants were enthusiastic about running smoothly for the service of the creation of android-based learning media and web-blog activities. The activity went smoothly seen from the high attendance rate of participants. The enthusiasm of the participants is evident from the active discussions and the number of questions raised during the question-and-answer session to the service team. This is because the participants realized that in the era of information technology, online learning is one of the important means of conveying lesson materials to school students. Participants also expressed a very understanding of the explanation stipulated by the service team. This can be seen from the results of the questionnaire on participants' perception of improved understanding that expresses a very understanding.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmaludin, A., Handayani, P., & Septiana, L. (2019). Pelatihan internet pembuatan blog bagi guru-guru HIMAPAUDI Kecamatan Kemayoran, Jakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 111–118.
Andriyanto, A., & Muslikh, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(01).
Astuti, I. A. D., Nurullaeli, N., & Nugraha, A. M. (2018). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN WEB LOG SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR GURU. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 165–169.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
Haifaturrahmah, H., Fujiaturrahman, S., Muhardini, S., & Nurmiwati, N. (2020). Pelatihan Ice Breaking Bagi Guru SD sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajaran di Kelas. Journal of Character Education Society, 3(1), 70–77.
Mariyati, Y., Rahman, N., & Muhardini, S. (2019). TRAUMA HEALING SISWA SD KORBAN GEMPA DI DESA MIDANG GUNUNGSARI LOMBOK BARAT DENGAN PERMAINAN TANGRAM PUZZLE BANGUN DATAR. SINERGI: JURNAL PENGABDIAN, 1(1).
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284–291.
Novita, I., & Aryani, P. F. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Blog Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Sumber Daya Perempuan Bekerjasama Dengan Yayasan Perempuan, Anak Dan Keluarga (Perak).
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan blog sebagai media pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197–203.
Rahman, N, & Purwoko, A. A. (2020). Development of subjects specific pedagogy to build environmental awareness character on students in mining areas. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 413(1), 12033. IOP Publishing.
Rahman, Nanang. (2018). Pengembangan Subjek Specifik Pedagogik (SSP) Praktikum IPA Terpadu SMP/MTS Berbasis Home Materials Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Elementary, 1(1), 1–4.
Sari, N., & Rahman, N. (2017). USAha Pendidikan Dasar Computer “Diksar Comp” Mahasiswa di Fkip Muhammadiyah Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 87–95.
Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Supriyono, H., Sujalwo, S., Sapoetra, A., & Rahayu, E. T. (2015). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis web bagi guru SMP dan SMA Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 18(2), 98–109.
Tundjungsari, V., & Suhaeri, S. (2018). Pelatihan Pembuatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(1), 15–22.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: