PROGRAM PEMBINAAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA QUR’AN DENGAN ILMU TAJWID DASAR DI MASYARAKAT DAN PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH BATUYANG

Mukhlishin Mukhlishin, Sahman Sahman, Ady Supryadi, Abdul Hamid

Abstract


Abstrak: Membaca al-Qur’an dengan tajwid merupakan kewajiban utama bagi umat Islam. Namun, pemahaman masyarakat tentang bacaan yang benar sesuai dengan ilmu tajwid dasar masih menjadi kendala yang signifikan, khususnya di kalangan PCM Batuyang dan masyarakat sekitarnya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pembelajaran berkelanjutan dalam membaca al-Qur’an dengan tajwid, guna memperbaiki kualitas bacaan di kalangan komunitas masyarakat dan pimpinan cabang Muhammadiyah Batuyang, Lombok Timur. Metode yang diterapkan meliputi ceramah, diskusi kelompok, praktik langsung, sesi tanya jawab, evaluasi dan umpan balik, serta pembelajaran berbasis teknologi. Hasil dari program pembinaan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca al-Qur’an dengan tajwid dasar, meskipun terdapat beberapa tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan. Antusiasme peserta dan pemilihan metode pengajaran yang tepat sangat berkontribusi terhadap keberhasilan program ini. Dengan strategi yang efektif, pembelajaran tajwid dapat ditingkatkan secara signifikan dalam komunitas.

Abstract: Reading the Qur'an with tajweed is a major obligation for Muslims. However, the community's understanding of correct reading by basic tajweed science is still a significant obstacle, especially among PCM Batuyang and the surrounding community. This service aims to provide coaching and continuous learning in reading the Qur'an with tajweed to improve the reading quality among the community and Muhammadiyah branch leaders of Batuyang, East Lombok. The methods applied include lectures, group discussions, hands-on practice, question-and-answer sessions, evaluation and feedback, and technology-based learning. This coaching program showed a significant improvement in the ability to read the Qur'an with basic tajweed, despite some challenges faced during implementation. The enthusiasm of the participants and the selection of appropriate teaching methods greatly contributed to the success of this program. With effective strategies, tajweed learning can be significantly improved in the community.


Keywords


tajwid; Batuyang; pengajaran berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Al-Khuli, M. (2010). Tajwid: The Art of Recitation of the Quran. Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Aldaihani, M. (2011). A comparative study of inclusive education in Kuwait and England. University of Birmingham.

Ally, M. (2009). Mobile learning: Transforming the delivery of education and training. Athabasca University Press.

Alqahtani, R. A. (2024). A comparative study of three different approaches to gifted education in the Kingdom of Saudi Arabia. University of Wollongong.

Amzat, I. H. (2022). Supporting Modern Teaching in Islamic Schools: Pedagogical Best Practice for Teachers. Routledge.

As, M., Harahap, F., Subaedah, S., Mine, T., & Köppen, M. (2024). Impact of Virtual Worlds on Student Engagement and Academic Performance: An Analysis of Online Learning Using Second Life Technology. Journal of Soft Computing and Data Mining, 5(1), 70–78.

Assegaf, S. (2020). Meraih Prestasi Belajar dengan Tahfidz Al-Qur’an Tinjauan Sekolah Islam Di Jakarta. Penerbit A-Empat.

Bakar, M. A. (2017). Rethinking madrasah education in a globalised world. Routledge.

Brown, H. D., & Abeywickrama, P. (2010). Language assessment: Principles and classroom practices (Vol. 10). Pearson Education White Plains, NY.

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi pendidikan agama Islam: Memperkuat nilai-nilai spiritual, etika, dan pemahaman keislaman dalam konteks modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96.

Ganyaupfu, E. M. (2013). Teaching methods and students’ academic performance. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(9), 29–35.

Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81–112.

Hidayat, A., Basyir, K., & Pradesa, D. (2024). Transforming Islamic Education Methodology in Indonesia: Implementing Fazlur Rahman’s Ideas Through a Process-Oriented Approach. Didaktika Religia, 12(2), 414–445.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative Learning in 21st Century.[Aprendizaje cooperativo en el siglo XXI]. Anales de Psicología/Annals of Psychology, 30(3), 841–851.

Juliyanti, L., & Idris, M. (2024). Teknik Komunikasi Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) Masjid Nur’saadah Dalam Meningkatkan Semangat Bersedekah Masyarakat Di Dusun IV Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tadzkir: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Komunikasi, 1(2), 11–20.

Khairullah, A. (2008). Pengembangan program dakwah pada sekolah menengah kejuruan (SMK) Islam Assa’datul Abadiyah Tanjung Duren Selatan Jakarta Barat.

Na’im, Z. (2023). Implementasi Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Metode 3T+ 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus. IAIN KUDUS.

Nurfaisal, N., Sunengko, S., & Abbas, M. F. F. (2024). Effective Curriculum Management in Islamic Primary Education: A Case Study of Integrated Islamic Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(4), 4578–4587.

Qur’an, K., & Albab, A. U. (n.d.). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Anak-anak di Pondok Pesantren Yanbu’ul.

Rahman, S. B. A., & Nurullah, A. S. (2015). The development of Islamic religious education in Malaysia. Hamdard Islamicus, 38(1), 35–67.

Sabrina, V., Oktavia, G., Albizar, A., Susanti, H., AR, F. M., & Suryani, Y. (2022). Eight Supporting Factors for Students Success in Quran Memorization. Khalifa: Journal of Islamic Education, 6(1), 73–103.

Saddam, S., Iskandar, I., Lestanata, Y., Sudarta, S., Hidayat, R., Rachman, M. T., Zitri, I., Ardyawin, I., Rifaid, R., Jafar, M. U. A., Iswanto, D., Sakban, A., Isnaini, I., Rahman, N., Setiawan, I., Ilham, I., Pratama, I. N., Hidayatullah, H., & Fariadin, A. (2022). Penguatan Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Melalui Penerapan Baitul Arqam Bagi Pemuda Muhammadiyah. Abdimas Mandalika, 1(1), 22. https://doi.org/10.31764/am.v1i1.8033

Sari, L. P., Rozalia, I., Muniroh, H., Agustina, R., Erdianti, O., Pebriyani, E., Sartika, K. D., Alamsyah, I. T., Satiawan, A., & Firdaus, S. (2024). Peningkatan Kesadaran Generasi Muda dalam Kegiatan Pengajian Rutin Mingguan (Studi Kasus Di Desa Sekunyit Kaur Selatan). MENYALA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 203–211.

Shihab, M. Q. (2007). “ Membumikan” Al-Quran: fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Mizan Pustaka.

Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Munawwarah, M., Abror, S., Mintarsih, M., & Rosyidi, H. (2024). Penguatan Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Talaqqi di Pondok Pesantren Terpadu Al-Chodidjah. Al Mu’azarah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–17.

Sutisna, E. (2023). Evaluasi program tahfiz Al-Qur’an. Publica Indonesia Utama.

Tofade, T., Elsner, J., & Haines, S. T. (2013). Best practice strategies for effective use of questions as a teaching tool. American Journal of Pharmaceutical Education, 77(7), 155.

Ulum, M. B., Fadlillah, F., Subhan, U. M., Muhibbin, M. N., Al Habib, A. I. R., Sakinah, N., & Sa’diyah, N. L. (2024). Optimalisasi Pemahaman Agama Melalui Kegiatan Mengaji Anak Desa Kaliglagah. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 183–196.

Usman, H. (2024). Penggunaan Aplikasi Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Pada Mts Nashrul Haq Pajalele Kab. Sidenreng Rappang. IAIN PAREPARE.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.28351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: