IMPLEMENTASI PROGRAM MSIB BATCH 7 PADA KEGIATAN STUDI INDEPENDEN DI BANGKIT ACADEMY 2024 BY GOOGLE, GOTO, TRAVELOKA YAYASAN DICODING INDONESIA

Fifin Sonata, Hendra Jaya, Muhammad Syahril, Muhammad Dahria, Rudi Gunawan

Abstract


Abstrak: Yayasan Dicoding Indonesia (YDI) adalah sebuah perusahaan startup yang bertujuan mengembangkan ekosistem developer di Indonesia. YDI mempunyai platform pembelajaran elektronik pada halaman Dicoding.com. Salah satu program pembelajaran dan pelatihan YDI adalah Bangkit Academy 2024 yang diselenggarakan oleh Google, GoTo, dan Traveloka. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan keterampilan di bidang teknologi. Program MSIB menawarkan 2 jalur karir yaitu Cloud Computing dan Mobile Development (Android) yang keduanya memiliki topik Android Learning Path, Cloud Computing Learning Path dan Machine Learning Learning Path. Peserta program akan mendapat kesempatan untuk belajar dari para ahli di bidangnya dan mengerjakan proyek dunia nyata di bawah bimbingan mentor dari perusahaan teknologi ternama. Selain itu, program ini juga menawarkan peserta kesempatan untuk menerima sertifikasi dari Google. Program MSIB memerlukan kurikulum komprehensif yang mencakup pembelajaran teoretis, proyek dunia nyata, dan pendampingan. Sebagai hasil dari program ini, peserta memperoleh pemahaman mendalam tentang bidang pilihan mereka, keterampilan praktis yang kuat, dan sertifikasi yang mendukung keahlian mahasiswa. Kesimpulannya adalah program MSIB Bangkit Academy 2024 memberikan manfaat besar bagi peserta dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di bidang teknologi. Kerja sama dengan perusahaan teknologi dan mentor yang berpengalaman, peserta mampu dan siap berkarir pada industri teknologi menggunakan peluang kerja yang lebih baik.

Abstract:  Yayasan Dicoding Indonesia (YDI) is a startup company that aims to develop the developer ecosystem in Indonesia. YDI has an e-learning platform on the Dicoding.com page. One of YDI's learning and training programs is Bangkit Academy 2024 which is organized by Google, GoTo, and Traveloka. The purpose of this program is to provide opportunities for Indonesian students to develop skills in the technology field. The MSIB program offers 2 career paths, namely Cloud Computing and Mobile Development (Android), both of which have the topics of Android Learning Path, Cloud Computing Learning Path and Machine Learning Learning Path. Program participants will have the opportunity to learn from experts in their fields and work on real-world projects under the guidance of mentors from well-known technology companies. In addition, this program also offers participants the opportunity to receive certification from Google. The MSIB program requires a comprehensive curriculum that includes theoretical learning, real-world projects, and mentoring. As a result of this program, participants gain an in-depth understanding of their chosen field, strong practical skills, and certification that supports student expertise. The conclusion is that the MSIB Bangkit Academy 2024 program provides great benefits for participants in developing skills and knowledge in the technology field. Collaborating with technology companies and experienced mentors, participants are able and ready to pursue a career in the technology industry using better job opportunities.


Keywords


bangkit academy; cloud computing; mobile development; MSIB.

Full Text:

PDF

References


An Nisaa’ Budi Sulistyaningrum, Nurulita Artanti Nirwana, Dhiya Ratri Januar, & Nela Najwa Hilalia. (2022). Performa Kebijakan Kampus Merdeka pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2771–2786. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i6.489

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Arisandi, D., Mutiara, M. W., & Christanti Mawardi, V. (2022). Dampak Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 174–181. https://doi.org/10.24912/ jmishumsen. v6i1. 16163

Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). Kampus Mengajar : Upaya Transformasi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Nusa Tenggara Timur. 3(1).

Hayati, K., & Habibi, R. (2023). Klasifikasi Kelayakan Mahasiswa Masuk Program Msib Kampus Merdeka. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(3), 1650–1656. https://doi.org/10.36040/jati.v7i3.6882

Kirom, Z., & Susilowati, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kinerja Aparatur Pemerintah Kecamatan Kabupaten Tanggamus Menggunakan Metode SAW. April, 153–158.

Labi, A. T., & Nelwan, O. S. (2024). Peran Magang Bersertifikat Dan Studi Independen Bersertifikat (Msib) Dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Mahasiswa Manajemen Feb Unsrat the Role of Magang Bersertifikat and Studi Independen Bersertifikat (Msib) in Improving Career Planning of Feb Unsrat . Lumanauw 202 Jurnal EMBA, 12(3), 202–212.

Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2022). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199–204. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340

Rahman, A., Sukmajati, D. C., Mawar, M., Satispi, E., & Gunanto, D. (2023). Implementasi Kebijakan pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat di Indonesia. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 266–291. https://doi.org/10.30738/sosio.v9i2.14832

Rayes, P. R., Amryliana, S., Nisdania, B. N., & Bunayya, P. A. (2024). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Program MSIB Batch 5 dalam Project Research Management di Telkom CorpU, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v4i1.2830

Sari, S. P., Witono, B., & Nugroha, H. (2021). Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat ( MSIB ) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi ( Magang pada PT . Bank Syariah Indonesia , Tbk .). Seminar Nasional Dampak Implementasi MBKM, 1–20.

Sitanggang, N., Luthan, P. L., & Sibarani, C. G. G. T. (2020). Pengembangan Budaya Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Unit Usaha Furnitur Di Universitas Negeri Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 96. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.15416

Sonata, F., Hutagalung, J., Kusnasari, S., Kustini, R., & Santoso, I. (2024). Implementasi Program Kampus Merdeka Dalam Kegiatan Msib Magang Di Pt. Shippindo Teknologi Logistik. JCES | FKIP UMMat, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/jces.v7i1.19991

Suryani, L., Mei, A., Dadi, A. F. P., Lina, V. B., & ... (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 4(2), 1601–1614. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2050




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.28457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: