THE ROLE OF INDONESIAN STUDENTS IN LEARNING AND ASSISTING OPENING CEREMONIAL USING THREE LANGUAGES AT SPORTS EVENTS IN THAILAND

Yuni Lutfiah, Aidil Syah Putra Syah Putra, Abdul Rohim

Abstract


Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswi Indonesia dalam mendampingi acara seremonial internasional dengan penggunaan tiga bahasa, serta mengidentifikasi tantangan dan strategi efektif dalam komunikasi lintas budaya. Pendampingan dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu koordinasi awal, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penguasaan bahasa Thailand, Inggris, dan Indonesia serta pemahaman budaya sangat berperan dalam kelancaran acara. Penggunaan ketiga bahasa tersebut memastikan komunikasi yang efektif di antara peserta dengan latar belakang berbeda. Strategi pembimbingan, seperti pelatihan intensif, simulasi, dan pemanfaatan teknologi, terbukti mendukung peningkatan keterampilan mahasiswa. Meskipun terdapat tantangan dalam penguasaan bahasa, perbedaan budaya, dan kesiapan menghadapi perubahan mendadak, pendekatan kolaboratif dan evaluasi berkala membantu mahasiswa tampil lebih percaya diri dan profesional dalam menjalankan peran mereka. Dengan demikian, pengabdian ini menegaskan pentingnya keterampilan komunikasi dan pemahaman budaya dalam mendukung keberhasilan acara seremonial internasional serta mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam interaksi lintas budaya.

Abstract:  This service aims to improve the understanding and skills of Indonesian female students in assisting international ceremonial events with the use of three languages, as well as identifying challenges and effective strategies in cross-cultural communication. Assistance is carried out through four main stages, namely initial coordination, planning, implementation, and evaluation. The results showed that mastery of Thai, English, and Indonesian as well as cultural understanding were instrumental in the smooth running of the event. The use of the three languages ensured effective communication among participants with different backgrounds. Mentoring strategies, such as intensive training, simulation, and technology utilisation, proved to support the improvement of students' skills. Despite challenges in language acquisition, cultural differences, and preparedness for sudden changes, the collaborative approach and regular evaluations helped students perform more confidently and professionally in their roles. Thus, this service confirms the importance of communication skills and cultural understanding in supporting the success of international ceremonial events and developing students' competence in cross-cultural interactions.


Keywords


pendampingan; komunikasi lintas budaya; tiga bahasa; seremonial internasional.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Y. S., Apriliani, N., & Muzili, S. (2024). Pembinaan Literasi dan Numerasi dalam Program Rumah Belajar Dengan Model Pendekatan TaRL di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur. 7(4), 7–11.

Aulya Rahman, D., Fauzi Hamdi, A., & Watini, S. (2023). Implementation of Siuul Model in Developing English Mc Skills in English Education Study Program. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 07(01), 167–173.

Azizah, N., Trisiana, A., & Yulianto, A. (2024). Peran Dinamis Generasi Muda Dalam Mendorong Partisipasi Politik di Indonesia. 07(02), 90–106. https://doi.org/10.32699/resolusi.v7i2.8239

Bahardur, I., & Afrinda, P. D. (2024). Pelatihan Master of Ceremony (MC) Acara Resmi Bagi Guru di SD IT Ar Royan Kota Padang. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 46–57. https://doi.org/10.60041/integratif.v1i2.46

Hudini, T. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Mahasiswa dalam Pemanfaatan Diplomasi Digital : Nasional dan Internasional. Faktor Exacta.

Kamlasi, I., & Salu, M. L. (2019). Workshop tentang Master of Ceremony (MC) bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FIP Universitas Timor. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3134

Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214

Musa, A. A. M., Bainus, A., & Yulianti, D. (2022). Peningkatan Hubungan Bilateral Sudan-Indonesia Melalui Diplomasi Budaya. Jurnal ICMES. https://doi.org/10.35748/jurnalicmes.v6i2.140

Sanisah, S., Azwar, W., Wati, Y., Handayani, N. P., Tarsulu, R., Suciyati, M., Geografi, P., Mataram, U. M., & Muhammadiyah, U. (2024). Pengembangan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Pendekatan TaRL dalam Kegiatan Rumah Belajar KKN-Dik di Desa Mujur. 7(4), 7–11.

Vidyarini, T. (2018). Adaptasi Budaya oleh Mahasiswa Internasional: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Scriptura. https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.71-79

Wardhani, B. (2023). From Jakarta to Oceania: Indonesia’s Cultural Diplomacy with the South Pacific. Journal of Asian Security and International Affairs. https://doi.org/10.1177/23477970231152011

Wulandari, J., & Djausal, G. P. (2024). Peningkatan Kompetensi Keprotokolan dan Master of Ceremony Pada Anggota Organisasi Wanita dengan Metode CPDL. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 159–168. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.16750




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i2.30078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: