PELATIHAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU

Alfian Rahman Hadi, Ilham Ilham, Kuswadin Kuswadin, Yanti Yanti, Wafiq Nur Aziza, Satia Utari, Bella Hafiza, Nur Anita, Nuraimatul Aulia

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi digital menuntut guru untuk lebih adaptif dalam merancang media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Namun, sebagian besar guru masih menggunakan media konvensional yang terbatas pada metode ceramah dan bahan ajar sederhana, sehingga kurang mampu memotivasi siswa. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep media pembelajaran digital, (2) mengembangkan keterampilan teknis guru dalam mengoperasikan aplikasi Canva, dan (3) menumbuhkan kreativitas serta kepercayaan diri guru dalam merancang konten pembelajaran berbasis teknologi. Metode pelaksanaan menggunakan ceramah, diskusi, dan praktik langsung (hands-on training) dengan konsep pendampingan. Mitra kegiatan adalah guru-guru di Yayasan Birulwalidain NW Beretong, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, yang berjumlah 20 orang. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan Canva untuk menghasilkan berbagai media ajar, seperti poster, infografis, dan presentasi interaktif. Evaluasi melalui angket menunjukkan skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat baik, di mana 70% butir pertanyaan memperoleh penilaian sangat baik dan 30% penilaian baik. Hal ini membuktikan bahwa pelatihan efektif dalam meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan kepercayaan diri guru dalam mengintegrasikan media digital pada pembelajaran.

Abstract:  The development of digital technology requires teachers to be more adaptive in designing innovative, interactive, and relevant learning media for students' needs. However, most teachers still use conventional media that are limited to lecture methods and simple teaching materials, which are less effective in motivating students. Therefore, this community service activity was carried out with the following objectives: (1) to improve teachers' understanding of the concept of digital learning media, (2) to develop teachers' technical skills in operating the Canva application, and (3) to foster teachers' creativity and confidence in designing technology-based learning content. The implementation method used lectures, discussions, and hands-on training with a mentoring concept.The partners in this activity were 20 teachers at the Birulwalidain NW Beretong Foundation in Sekotong Subdistrict, West Lombok Regency. The training results showed an increase in teachers' competence in using Canva to produce various teaching media, such as posters, infographics, and interactive presentations. An evaluation through a questionnaire showed an average score of 4.7 in the excellent category, with 70% of the questions receiving an excellent rating and 30% receiving a good rating. This proves that the training was effective in improving the teachers' skills, creativity, and confidence in integrating digital media into learning.


Keywords


Canva; kreativitas guru; media pembelajaran; pelatihan; teknologi digital.

Full Text:

PDF

References


Alfiandra, Alfaraby, F., Apriliani, T., Maimunah, Rianti, W., & Nopianur, Y. A. (2024). Workshop Pemanfaatan Media Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran Guru di SMP Negeri 1 Indralaya. Jurnal Pengabdian West Science. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.402

Arfani, A. L., Putra, A. Y., Prasetyo, A. E. W. A., Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Workshop Pelatihan Bahan Ajar Interaktif dan Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menggunakan Aplikasi Canva. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1441

Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Paud di Kota Tangerang dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva. Journal Of Human And Education (JAHE). https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.571

Badjeber, R., & Mailili, W. H. (2020). Pengembangan Karya Inovatif Bentuk Alat Peraga untuk Meningkatkan Profesionalisme Kelompok Kerja. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 73–79.

Choirina, P., Rohman, M., Tjiptady, B. C., Darajat, P. P., Fadliana, A., & Wahyudi, F. (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16.

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120

Farhan, F. S., & Risdianti, E. (2021). Pengaruh Pemberian Metode Pembelajaran Secara Konvensional dan secara Preferensi Sensori Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.636

Ilham, Agrippina, S., Yusuf, A., Atriyana, I., & Rahmaniah, R. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Guru Di Boarding School Mu ’ Allimin Muhammadiyah Lombok Barat. 09(02), 997–1010.

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Marenden, V., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video Untuk Meningkatkan Mutu SDM Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal. Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3270

Martini, R. S., Gunarti, W., Satrio, M. G., Maryam, M., Khulqi A S, H., & Zahra, C. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva for Education, bagi Guru Paud di Kecamatan Pulo Gadung. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6067

Nukmatus syahria, Rahayu, E. Y., & Pandanwangi, A. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Bagi Guru-guru SMA/SMK Se-Bangkalan Madura. Pancasona. https://doi.org/10.36456/pancasona.v3i1.8627

Purwanto, L. A., Wibowo, F., Bintaro, T. Y., Romodhon, D., & Fauzan, A. (2024). e-Module Menggunakan Canva Guna Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di MI Muhammadiyah Pasirmuncang. Jurnal Pengabdian Teknik Dan Sains (JPTS). https://doi.org/10.30595/jpts.v4i1.20981

Sahri, Zayn, A. R., & Ni’mah, R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Bagi Guru-Guru MTs di Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. I-Com: Indonesian Community Journal. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.2902

Saiful, S. (2023). Sistem Pendidikan Islam, Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1659

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Susanti, S., Sumarni, E., & Putri, N. H. S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dengan Konteks Kemaritiman bagi Guru di SMP N 1 Bintan. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6318

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Wiyono, H., Firmansyah, H., Ramadhan, I., Adlika, N. M., Purnama, S., Budiman, J., Sumantri, S., Putri, R. R., & Febrianti, U. R. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru MGMP IPS Kabupaten Mempawah. Abdimas Galuh. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9185

Zubair, M., Sawaludin, S., Alqadri, B., & Kurniawansyah, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Guru MANW Unwanul Falah Paok Lombok. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i2.3289




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i4.34794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: