PENINGKATAN KAPASITAS GURU DAN SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJRAN DIGITAL

Muh Alif Kurniawan, Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana, Rendra Ananta Prima Hardiyanta, Ahmad Ma’ruf, Dikta Khansa Nariswari, Alfidha Maulia Merraphi

Abstract


Abstrak: Permasalahan utama Guru kurang menguasai media pembelajaran digital, sarana prasarana terbatas, hanya sebagian ruang kelas dilengkapi proyektor/ infrastruktur digital dan pembelajaran monoton, membuat siswa jenuh. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu peningkatan kapasitas Guru dan Siswa SMP Muhammadiyah 1 Kalasan di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta perlu dilakukan. Pengabdian ini fokus pada masalah kapasitas guru dalam menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menunjang pembelajaran yang lebih berkualitas dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini. Permasalahan di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan diatasi dengan metode pelaksanaan yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan media pembelajaran, penerapan teknologi,  evaluasi dan rencana tindak lanjut. Hasil kegiatan PkM ini yaitu Guru menghasilkan media pembelajaran digital (PPT, Canva, game edukatif), peningkatan signifikan: Dari 15 guru sebelum pelatihan hanya 2 guru atau 13,3% yang menggunakan media pembelajaran, namun setelah pelatihan dan pendampingan meningkat menjadi 13 guru atau 86,7% yang menggunakan media pembelajaran, Infrastruktur sekolah lebih baik dengan internet stabil & software resmi. Sedangkan ketercapaian luaran diantaranya: 1) Rekognisi KKN mahasiswa; 2)Poster; 3) Video kegiatan yang terupload di YouTube LPPM UAD; 4) Artikel media massa yang terbit di Suara Muhammadiyah.

Abstract: The main problems include teachers’ limited mastery of digital learning media, inadequate facilities since only some classrooms are equipped with projectors and digital infrastructure and monotonous teaching methods that cause student boredom. Therefore, this community service program aims to enhance the capacity of both teachers and students at SMP Muhammadiyah 1 Kalasan, Sleman, Yogyakarta. The program focuses on developing teachers’ skills in using digital learning media as teaching aids to improve learning quality while adapting to technological advances. The implementation method involves socialization, training and mentoring in digital learning media, application of technology, evaluation, and follow-up plans. The outcomes of this program include teachers successfully creating digital learning media (such as PowerPoint, Canva designs, and educational games). A significant improvement was observed: out of 15 teachers, only 2 (13.3%) used instructional media before the training, whereas after the training and mentoring, the number increased substantially to 13 teachers (86.7%) who employed instructional media in their teaching. However, after the training and mentoring, the number increased to 13 teachers (86.7%) who utilized instructional media The school’s infrastructure also improved with more stable internet access and licensed software. The tangible outputs achieved were: 1) Student recognition through KKN (community service program); 2) Posters; 3) a video of the activities uploaded on the LPPM UAD YouTube channel; 4) a media article published in Suara Muhammadiyah.


Keywords


Media Pembelajaran; Pembelajaran Menarik; Kapasitas Guru.

Full Text:

PDF

References


Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Hadziq, M., Ayu Havifah, D., & Badriyah, L. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Memperkuat Nilai-nilai Islami. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 801–827. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1293

Halmi, A. A., Yahya, M., & Anandari, D. R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection & Extension) pada Siswa Kelas X TKJ SMK Telkom Makassar. JIMU: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin, 3(1), 126–134. https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/547

Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584). https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Ian Harum Prasasti, & Agus Wahyudi. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Learning Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru Dan Siswa. Journal of Computer Science and Informatics (JOCSI), 2(2), 73–76. https://doi.org/10.69747/jocsi.v2i2.83

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Krismiyati, Purnamasari, J., Samsiah, & Ahmad, B. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Administrasi IISIP Yapis Biak. Logista : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.

Leba, I. H., Mashfufah, A., & Rahayuningsih, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Melalui TPACK Ditinjau Dari Bloom’s Digital Taxonomy. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 491–501. https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.4234

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465

Saifudin, A., & Khoiiri, M. Y. (2025). Membangun Kemampuan Literasi Media DigitalpadaLembaga Pendidikan. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 24–33. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/jiem/article/view/720

Setyowati, W., Jason Moscato, & Chioke Embre. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.379

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v8i4.35500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: