INTRODUCTION OF DELPHI MATH SOFTWARE AS A PROBLEM MAKING TOOL FOR TEACHERS AND STUDENTS OF PROSPECTIVE MATH TEACHERS

Ratni Purwasih, Vera Mandailina, Habib Ratu Perwira Negara, Suvriadi Panggabean, Rippi Maya, Syaharuddin Syaharuddin, Malik Ibrahim

Abstract


Abstrak: Kemampuan guru dan mahasiswa sebagai calon guru dalam membuat dan menyusun soal matematika merupakan indikator penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai titik maksimal dalam belajarnya. Karena intrumen evaluasi yang baik mampu menciptakan lulusan yang mampu berpikir kritis. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan software Delphi Math kepada guru dan mahasiswa sebagai upaya untuk melatih mereka dalam membuat soal-soal matematika dibidang teori bilangan, aljabar, geometri, statistika dan kombinatorika. Kegiatan dilaksanakan selama dua tahapan yakni sosialisasi atau pengenalan Delphi Math via Zoom dan pendampingan peserta via WA group. Sebanyak 135 peserta yang terdiri dari dosen, guru, dan mahasiswa telah berhasil mengikuti kegiatan ini dengan baik. Hasil evaluasi menggunakan angket skala Liker 5 opsi menghasilkan bahwa sebanyak 80,52% para peserta memahami manfaat Delphi Math, melakukan simulasi penyelesaian soal, dan membuat soal matematika dengan baik. Di masa mendatang, tim Abdimas berharap Delphi Math mampu dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran matematika di kelas serta akan terus dikembangkan menjadi software yang handal di bidang matematika.

 

Abstract:  The ability of teachers and students as prospective teachers in making and compiling math problems is an important indicator in determining the success of students in reaching the maximum point in their learning. Because a good evaluation instrument is able to create graduates who are able to think critically. This activity aims to introduce Delphi Math software to teachers and students as an effort to train them in making math problems in the field of number theory, algebra, geometry, statistics and combinatorics. The activity was carried out for two stages, namely the socialization or introduction of Delphi Math via Zoom and the mentoring of participants via WA group. A total of 135 participants consisting of lecturers, teachers, and students have successfully participated in this activity. The evaluation results using a 5-option Liker scale questionnaire resulted in that 80.52% of the participants understood the benefits of Delphi Math, simulated problem solving, and made math problems well. In the future, Abdimas team hopes Delphi Math can be used as an alternative medium of mathematics learning in the classroom and will continue to be developed into a reliable software in the field of mathematics.


Keywords


Learning Media, Delphi Math, Making Math Problems

Full Text:

PDF

References


Amir, A., Matematika, D. P., & Padangsidimpuan, I. (2016). Penggunaan Media Gambardalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1).

Aprilia, H., & Putri, L. I. (2020). Penggunaan Media Diorama: Solusi Pembelajaran Matematika Materi Skala Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Jenjang Dasar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 143. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3402

Citak, H., Ege, Y., & Coramik, M. (2019). Design and Optimization of Delphi-Based Electromagnetic Coilgun. IEEE Transactions on Plasma Science, 47(5), 2186–2196. https://doi.org/10.1109/TPS.2019.2904515

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Hartono, H., Haryadi, R., & Susiaty, U. D. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Pada Mgmp Matematika SMA Kabupaten Kubu Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 78. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1199

Khadijah, K., Astuti, W. W., & Ahmad, F. (2017). Deskripsi Kemampuan Membuat Soal Interaktif Mahasiswa Calon Guru di STKIP-PI Makassar. SAINTIFIK, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.112

Kusnati, K. (2018). Inovasi Pembelajaran Matematika Metode Rolling Question Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Kemampuan Berfikir Siswa Di Kelas Vii Smpn 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Euclid, 5(1), 55. https://doi.org/10.33603/e.v5i1.706

Mandailina, V., Al Musthafa, S., & Pramita, D. (2018). Kombinasi Media Delphi Dan Geogebra Dalam Pembelajaran Dimensi Tiga. Paedagoria | FKIP UMMat, 7(2), 65. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v7i2.32

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., & ... (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. JAHE (Journal of ….

Mandalina, V., Syaharuddin, Firdaus, M., Abdillah, Pramita, D., & Negara, H. R. P. (2019). Math mobile learning app as an interactive multimedia learning mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 2548–2550.

Men, F. E. (2017). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 191–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.7192

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887

Rhamdany, Z., Arifin, S., & Irpan, S. (2017). Kombinasi Delphi dan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Dimensi Tiga. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1), 6–14.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Subari, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Ipa Sd Al Azhar Dalam Pembuatan Soal Olimpiade. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 182. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.1569

Syaharuddin. (2018). Delphi for Education: Matematika, Multimedia, dan Database (1st ed.). Wade Group Publisher. https://www.buatbuku.com/book/delphi-for-education

Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboard Animation. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.5334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: