IMPLEMENTASI TEKNIK SYMBOLIC MODELING DALAM UPAYA PENINGKATAN PERSONALITY SAFETY SKILL

Candra Saputra, Lastri Rosanna, Bayu Azhar, Stephani Dwi Guna

Abstract


Abstrak: Upaya Peningkatan Personality Safety Skill dapat dilakukan dengan metode layanan tutorial melalui metode symbolic modeling. Tujuan Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengimplementasikan teknik symbolic modeling dalam upaya peningkatan Personality Safety Skill. Metode pelaksanaan dilakukan melalui pelatihan dan terapi langsung serta bersifat daring menggunakan paltform zoom cloud meeting. Adapun sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebanyak 35 orang siswa dan orang tua SDN 019 Pandau Jaya, Kota Pekanbaru. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan adanya peningkatan rerata Personality Safety Skill sebelum dilakukan terapi dengan setelah dilakukan terapi Symbolic Modling sebesar 2,54 (9,60-12,14 pada skala item 17 indikator). Disarankan kepada seluruh guru dan orang tua agar dapat secara intensif melakukan terapi symbolic modeling untuk meningkatan kewaspadaan anak dalam memahami Personality Safety Skill sehingga anak-anak dapa terhindar dari resiko ancaman terhadap kesalamatan dirinya.

Abstract: Efforts to improve Personality Safety Skills can be done with the tutorial service method through the symbolic modeling method. The purpose of this community service activity is to implement symbolic modeling techniques in an effort to improve Personality Safety Skills. Methods Implementation is carried out through direct and online training and therapy using the Zoom cloud meeting platform. The target of this community service activity is as many as 35 students and parents of SDN 019 Pandau Jaya, Pekanbaru City. The results of the implementation of community service activities showed an increase in the average Personality Safety Skill before therapy was carried out with after Symbolic Modling therapy was 2.54 (9.60-12.14 on a 17-indicator item scale). It is recommended to all teachers and parents to be able to intensively carry out symbolic modeling therapy to increase children's awareness in understanding Personality Safety Skills so that children can avoid the risk of threats to their safety.


Keywords


Anak; Personality Safety Skill; Symbolic Modeling.

Full Text:

PDF

References


Aprilaz, I. (2016). Perbandingan efektivitas antara metode video dan cerita boneka dalam pendidikan seksual terhadap pengetahuan anak prasekolah tentang personal safety skill. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Djanmah, W., Fadhilah, S., & Fauziah, R. (2017). Keefektifan Teknik Symbolic Modeling untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik SMP. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Fauziah, R., Fadhilah, S. S., & Djannah, W. (2017). Keefektifan Teknik Symbolic Modeling untuk Meningkatkan. 5(March).

Hasanah, A., Rahayu, S. R., & Kuswardinah, A. (2019). The Effect of Parenting, Teacher’s Role, and Peers on Children’s Personal Safety Skills in Tangerang. Public Health Perspective Journal, 4(3), 164–170.

Indrawati, N. P. V., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2016a). Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok B1 Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2).

Indrawati, Suarni, & Ujianti. (2016b). Implementasi Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok B1. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 4(2), 10.

Juarni, S. E., Mukhtar, D. Y., & Daulay, D. A. (2020). Knowledge and Personal Safety Skill of Children in Banda Aceh. 5(1), 60–62. https://doi.org/10.1177/1059840516664182

Kurniawan, T., & Purwanto, E. (2019). The Implementation of Psychoeducational Group with Role Play and Symbolic Modelling Techniques to Improve the Interpersonal Communication of the Guidance and Counseling Students of Universitas IKIP Veteran Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 51–55.

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Nurhayati, N. (2019). Efektivitas layanan bimbingan belajar melalui teknik symbolic modeling dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Purwanta, E. (2012). Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran Untuk Anak Dengan Masalah Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Belajar., 198–210.

Sadewi, A. I., & Wibowo, M. E. (2019). Group Counseling with Symbolic Modeling Technique to Improve Students Career Decision Making Self-Efficacy. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 163–167.

Sit, M. (2012). Perkembangan peserta didik. In Dirjen Dikti: Jakarta. Perdana Publishing (Kelompok Penerbit Perdana Mulya Sarana} Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Solihatun, D. A. (2014). Efektivitas Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik. Jurnal Ilmu Kependidikan, I(3), 1–16.

Ulfa, N., Hartini, S., Susilowati, N., & Agung budi prabowo. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Symbolic Modeling Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP PGII 2. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta, 1074–1084.

Umar, N. M., Noviekayati, I., & Saragih, S. (2018). Efektivitas Personal Safety Skill Terhadap Peningkatan Kemampuan Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Indigenous, 3(1), 45–50.

Utami, R. A., Setiawan, A., & Fitriyani, P. (2018). Penerapan Symbolic Modeling melalui Pendekatan Asuhan Keperawatan Keluarga dalam Menurunkan Kejadian Cedera pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan Holistic, 2(1), 30–41. https://doi.org/10.33377/jkh.v2i1.23




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: