USE OF DUOLINGO APPLICATION TO IMPROVE ENGLISH VOCABULARY DURING COVID-19 FOR MINING ENGINEERING STUDENTS
Abstract
Abstrak: Duolingo masuk ke kategori aplikasi edukasi, tapi cara penggunaannya, layaknya bermain game sehingga mahasiswa juga dapat menggunakannya secara santai tanpa tekanan, dan dalam penggunaannya pula sangat mudah diterima dan diserap karena fleksibilitasnya. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu dan mengembangkan kemampuan berbahasa, oleh karena itu, dengan melibatkan mahasiswa semester III (tiga) S1 Teknik Pertambangan Fakultas Teknik maka kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan Duolingo application atau aplikasi Duolingo sebagai media pembelajaran elektronik untuk meningkatkan kemampuan kosakata berbahasa Inggris. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi dan metode tindakan sehingga hasilnya adalah bahwa mahasiswa secara langsung dilatih untuk selalu mengingat apa arti kata yang telah disebutkan tersebut lewat soal-soal yang diberikan pada setiaplevel sehingga mereka akan terus mengingat kosakata tersebut dengan menggunakan beberapa gambar, games dan lainnya dengan menampilkan bahasa inggris yang sering dipergunakan sehingga mahasiswa dapat belajar dengan lebih mudah. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan teknologi internet, dalam hal ini penggunaan aplikasi Duolingo untuk kegiatan pembelajaran bahasa khususnya bahasa inggris yang lebih kreatif, menarik, dan inovatif serta memahami konsep media pembelajaran beserta fungsi media pembelajaran sehingga aplikasi Duolingo ini memberikan peningkatan kosakata bahasa Inggris karena metode dan bentuk yang berbeda sehingga mahasiswa tidak merasa terbebani dalam pelaksanaannya.
Abstract: Duolingo is the educational application category like playing a game, so the students can also use its casually without pressure, and also easy to accept and absorb because of flexibility. This application aims to help and develop the language skills, therefore, by involving third semester students of Mining Engineering Faculty of Engineering, as the community service activity uses the Duolingo application as an electronic learning medium to improve their English vocabulary skills. This community service activity has been carried out using the observation and classroom action, so, the result is the students are directly trained to always remember about the word means through the questions given at each level by using several pictures, games and others. Students can also take advantages of internet technology, in this case the use of the Duolingo application for language learning activities, especially English which is more creative, interesting, innovative and they have to understand the concept of learning media and the functions of learning media so that this Duolingo application provides an increase in English vocabulary because of its methods and forms in its implementation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Hakim, S. L. (n.d.). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Via Daring.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.
Fanaqi, C., Nurkalam, F., Tias, D. A., Syahputri, S. D., & Octaviani, N. (2020). Komunikasi kesehatan bagi pelajar dengan pendekatan peer education. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.
Fatehah, N., Safitri, I. A., Aulia, S., Hidayah, S. N., Gunawan, F., Ramandani, W. M., Shofa, A. K., Maharani, M. T., Puryanti, A., & Bannah, M. (n.d.). Komunikasi Saat Pandemi Covid-19. Zahir Publishing.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Kristanto, A., Mariono, A., & Nuryati, D. W. (2018). Developing Media Module Proposed to Editor in Editorial Division. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 12054.
Kusuma, I. P. I. (2020). Mengajar Bahasa Inggris Dengan Teknologi: Teori Dasar Dan Ide Pengajaran. Deepublish.
Leuwol, N., & Gaspersz, S. (2020). Perubahan Karakter Belajar Mahasiswa Di Tengah Pandemik Covid-19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1 Extra), 32–44.
Nurhayati, D. A. W. (2020). Kuliah Daring Dinamika Pembelajaran Ketika Wabah Corona.
Nurofik, A., Al’asqolaini, M. Z., & Noviyanti, L. O. S. (n.d.). PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI INDONESIA.
Parmajaya, I. P. G. (2020). Analisis Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk): Problema Pandemi Covid 19 Dalam Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1).
Widyastuti, M., & Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan aplikasi Duolingo Dalam meningkatkan kamampuan kosakata Bahasa Inggris pada tenaga pengajar bimbingan belajar Omega Sains Institut. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).
Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi model pembelajaran Gerlach dan Ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38.
DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=======================
JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341
=======================
=======================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:
EDITORIAL OFFICE: