UTILIZATION OF MADING SCHOOL AS AN EFFORT TO IMPROVE CREATIVE WRITING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS

Nurmiwati Nurmiwati, Baiq Desi Milandari, Roby Mandalika Waluyan, Arpan Islami Bilal, I Made Suyasa

Abstract


Abstrak: Menulis merupakan salah satu kegiatan yang begitu kompleks. Dengan sifatnya yang kompleks tersebut, banyak siswa yang belum mampu melakukan kegiatan menulis secara baik. Ketidak mampuan tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu, kurangnya intensitas kegiatan menulis bagi siswa serta Kurangnya media dalam menyalurkan kreativitas siswa dalam kegiatan tulis menulis. Untuk itu, tim melakukan kegiatan pengabdian berupa pemanfaatan majalah dinding (mading) sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa di SMA Negeri 1 Gunungsari. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini  sebagai berikut: 1) Pada pertemuan I, tim menjelaskan tentang prosedur kegiatan dan apa saja yang akan dilakukan oleh mitra selama kegiatan pengabdian ini berlangsung; 2) pertemuan II, tim menyampaikan materi tentang majalah dinding serta bagaiamana proses memuat majalah dinding; 3) Pertemuan III berisi tentang kegiatan penyiapan serta pengumpulan bahan melaui kegiatan menulis kreatif yang dilakukan oleh siswa; dan 4) pertemuan IV dilakukannya produksi majalah dinding pada etalase-etalase yang ada di lingkungan sekolah.

Abstract: Writing is one of the most complex activities. many students have not been able to do writing activities well. The cause is the lack of intensity of writing activities for students and the lack of media in channeling students' writing creativity. Therefore, the team carried out community service activities in the form of using school bulletin boards as an effort to improve students' creative writing skills at SMA Negeri 1 Gunungsari. The results of this service activity are as follows: 1) the first meeting, the team explained about the activity procedure and what the partners would do during this service activity; 2) the second meeting, the team delivered material about school bulletin boards and how the process of loading school bulletin boards was; 3) third meeting contains the preparation and collection of materials through creative writing activities carried out by students; and 4) the fourth meeting, the production of wall magazines was carried out in the windows in the school environment.


Keywords


Pemanfaatan; Mading Sekolah; Menulis Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Ariska, R. (n.d.). Hubungan Antara Berpikir Kreatif Dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Pab 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Churiyah, Y. (2011). Komunikasi lisan dan tertulis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Genua, V., Ria, M. P. P., & Dhapa, D. (2020). Pendampingan Pembuatan Majalah Dinding Siswa SMAN 1 Magepanda Kabupaten Sikka. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 124–129.

Harahap, D. A., Nasution, W. N. A., Gulyanto, B., & Dailami, D. (2019). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Membuat Majalah Dinding Sebagai Hasil Jurnalistik Di Asahan. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Hasanah, A. (2010). Kemampuan komunikasi tulis dan lisan siswa dalam memecahkan masalah terbuka (open ended) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Buana Waru. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hidayah, W. (2018). Peningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Buku Harian Bergambar Siswa Kelas II B SD Timbulharjo Sewon Bantul. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 59–68.

Inayah, N. (2015). Analisis Keterampilan Menulis Dalam Buku Harian Siswa Kelas IV di SDN Mojolangu 2 Kota Malang. University of Muhammadiyah Malang.

Milandari, B. D., & Waluyan, R. M. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Show Not Tell Pada Siswa Kelas V Mi Nahdlatul Mujahidin Nw Jempong, Ampenan. Jurnal Ulul Albab, 22(2).

Nasir, R. (2018). Pengelolaan Majalah Dinding Di Madrasah Aliyah Negeri Kalabahi Dan SMA Neger 1 Kalabahi Kabupaten Alor Propinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra, Yogyakarta: PT. BFE.

Nursinto. (2005). Membina Majalah Dinding. Adicita Karya Nusa.

Oktarini, R. (2018). Pengelolaan Mading (Majalah Dinding) Sekolah di Madrasah Aliyah Sabilul Hasanah Kabupaten Banyuasin. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Priyono, Y. (2012). Analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santoso, H., & Sos, S. (2007). Majalah dinding sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menulis dan budaya baca siswa. Unpublished Master Thesis). Universitas Negeri Malang.

Zubaidah, E., & Saptomo, B. (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 8(01).




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: