FOSTERING TRAUMA HEALING THERAPY WITH A LITERARY APPROACH TO STUDENTS AFFECTED BY THE LOMBOK EARTHQUAKE

Ilham Ilham, Habiburrahman Habiburrahman, Rudi Arrahman, Akhmad H. Mus, Supratman Supratman

Abstract


Abstrak: Bencana alam berupa gempa bumi yang menimpa masyarakat Lombok NTB pada tanggal 29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,8 SR kemudian disusul dengan gempa bumi pada tanggal 5 Agustus 2018 dengan kekuatan 7,0 SR. Desa Pohgading merupakan salah satu bagian dari daerah kabupaten Lombok Timur berdekatan dengan desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya yang termasuk salah satu desa yang terdampak bencana alam berupa gempa bumi. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan psikososial support di Posko SMA Muhammadiyah Pohgading Kecamatan Pringgabaya pada tanggal 18 Oktober 2018 yang dilakukan oleh Tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur. Pada kegiatan tersebut, Tim memberikan berbagai macam permainan edukasi serta ada kegiatan membaca buku-buku cerita anak sekaligus pembagian hadiah bagi seluruh anak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Rasa senang dan gembira terpancar dari raut wajah para adik-adik hari itu. Dalam hal ini tim pengabdian UMMAT kembali melakukan pemulihan trauma healing lewat cara-cara yang familiar di mata masyarakat dengan pendekatan sastra. Pendekatan sastra yang diberikan untuk mengungkapkan gejolak jiwa mereka dan mewakili ungkapan hati mereka lewat puisi yang diungkapkan sehingga titik jenuh dari trauma tersebut menjadi hilang. Hal ini sesuai dengan manfaat sastra dalam kehidupan yaitu memperkaya rohani penikmatnya.

Abstract: Natural disasters in the form of an earthquake that struck the people of Lombok NTB on July 29, 2018 with a magnitude of 6.8 SR and then followed by an earthquake on August 5, 2018 with a magnitude of 7.0 SR. Pohgading Village is one part of the East Lombok regency area adjacent to Batuyang Village, Pringgabaya District, which is one of the villages affected by natural disasters in the form of earthquakes. This is evidenced by the existence of psychosocial support activities at the Muhammadiyah Pohgading High School Pringgabaya Subdistrict on October 18, 2018 conducted by the East Lombok Regency Library and Archives Service Team. In this activity, the Team provided various educational games and there were activities to read children's story books as well as the distribution of prizes to all children participating in the activity. Joy and joy emanated from the faces of the younger siblings that day. In this case, the UMMAT service team returned to trauma recovery through ways that were familiar to the public with a literary approach. Literary approach to express the turmoil of their souls and represent their heart's expressions through poetry that is expressed so that the saturation point of the trauma disappears. This is in accordance with the benefits of literature in life that is to enrich the spiritual audience.


Keywords


Trauma Healing; Pendekatan Sastra.

Full Text:

PDF

References


Ahdiah, I. (2019). DINAMIKA PENYINTAS MENJADI RELAWAN: Studi Kasus Pada Organisasi MDMC Dalam Menangani Bencana Gempa, Tsunami Dan Likuefaksi Di Kota Palu. DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 34–44.

Esti, I. (2013). Pengajaran sastra. Ombak.

Farahiba, A. S. (2019). Eksistensi Sastra Anak dalam Pembentukan Karakter pada Tingkat Pendidikan Dasar. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 47–59.

Insyan, O., Kamasuta, K., Rahmawati, H. V., Sauqy, M., Aswari, D. A., & Widayanti, B. H. (2020). TAMAN PINTAR UNTUK POST TRAUMATIC STRESS DISORDER GEMPA PADA SISWA SEKOLAH NONFORMAL. SINERGI: JURNAL PENGABDIAN, 1(2).

Itsnaini, O. (2017). Gambaran Coping Stress Wanita Penyintas Usia Dewasa Madya Pasca-Gempa Bumi di Klaten. Universitas Diponegoro.

Koteng, M. Z. (2012). Efektifitas Program Perlindungan Anak Bagi Anak Yang Terpisah Pasca Bencana Tsunami Di Aceh. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 2(1), 67–91.

Lestari, K. (2017). Hubungan antara bentuk-bentuk dukungan sosial dengan tingkat resiliensi penyintas gempa di Desa Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Universitas Diponegoro.

Lubis, S. S. W. (2017). Sastra daerah dalam muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di MI. ARICIS PROCEEDINGS, 1.

Luthfiyah, N., & Rochana, N. (2019). STUDI KUALITATIF: PELAKSANAAN PROGRAM DUKUNGAN PSIKOSOSIAL OLEH RELAWAN PADA BENCANA GEMPA BUMI DI LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT. Diponegoro University.

Maulana, A. (2019). PEMULIHAN PASCA GEMPA BUMI MELALUI METODE PSIKOLOGI SUPPORT PROGRAM UNTUK MENGHILANGKAN TRAUMA MASYARAKAT DUSUN LENDANG GALUH DESA SIGAR PENJALIN KECEMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Mujiburrahman, M., Masjudin, M., Irawan, D., Zaenudin, M., Septiana, W., Suhaini, S., & Irwansyah, I. (2019). KKN KBM Berbasis Masjid Sebagai Model Trauma Healing Berkelanjutan Pasca Gempa di Lombok Utara. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 1(1), 36–44.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan pengkajian sastra: Perkenalan awal terhadap ilmu sastra. Graha Ilmu.

Rosita, F. Y. (2013). Pembelajaran Moral, Etika, dan Karakter Melalui Karya Sastra. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 1(2).

Sagita, D. D., & Hariyati, T. (2019). Pendampingan Psikososial Anak dan Remaja Pasca Bencana di Palu, Sulawesi Tengah. Prosiding Abdimasmu, 1(1), 71–78.

Salamor, A. M., Salamor, Y. B., & Ubwarin, E. (2020). Trauma Healing Dan Edukasi Perlindungan Anak Pasca Gempa Bagi Anak-Anak Di Desa Waai. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 317–321.

Sembodo, E. (2010). Contekan Pintar Sastera Indonesia untuk SMP dan SMA. Hikmah.

Siswanto, W. (2011). Pengantar teori sastra. Grasindo.

Susanto, M. I. (2019). TA: Perancangan Buku Ilustrasi Psychological First Aid dengan Teknik Digital Painting sebagai Media Komunikasi Trauma Healing Anak Usia 6-12 Tahun Korban Bencana Kebakaran. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Suwarningsih, S., Muhafilah, I., & Herawati, T. M. (2019). PERUBAHAN KONDISI PSIKOSOSIAL DAN SPIRITUAL PADA KORBAN PTSD (POST TRAUMATIC STRESS DISORDER) PASCA BANJIR BANDANG DI KOTA GARUT JAWA BARAT. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(1), 1–11.

Syamsuddin, S. (2019). PEMULIHAN TRAUMA ANAK-ANAK KORBAN GEMPA DI KOTA PALU MELALUI MENDONGENG. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 27–33.

Teeuw, A. (2020). Sastra dan ilmu sastra; pengantar teori sastra.

Wiseno, B. (2019). Masalah kesehatan penyintas gempa dan tsunami di Donggala, Sigi dan Palu, Sulawesi Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 5(1), 32–37.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i3.5670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: