SINERGITAS KAMPUS DAN SEKOLAH DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

Usti Fatimah Sari Sitorus Pane, Firahmi Rizky, Fifin Sonata, Zaimah Panjaitan, Rini Kustini

Abstract


Abstrak: Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini di latar belakangi dari masih bingungnya siswa kelas 12 Sekolah Menengah Atas dalam memilih langkah sesudah lulus sekolah nantinya, apakah melanjutkan kuliah, bekerja, kursus atau membuka lapangan kerja sendiri. Maka perlu adanya sosialisasi tentang Merdeka Belajar se-bagai bentuk memberikan pandangan kepada siswa 12 di Yayasan Pendidikan Kesuma LKM. Kegiatan dilakukan dengan metode seminar dan Talk Show. Merdeka belajar memberikan konsep bagaimana peserta didik bebas berkreasi sesuai bakat dan minat masing-masing. Jika melanjutkan kuliah, akan diberikan ma-gang 3 semester kuliah di perguruan tinggi diluar kampus tempat kuliah. Namun jika lulusan Sekolah Menengah Atas tidak mampu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi karena beberapa faktor, mereka dapat mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Kemenaker dengan website yang disediakan. Dengan kegiatan PKM ini disambut positif oleh siswa dan pihak sekolah dimana output yang didapatkan, siswa ke-las 12 sudah dapat gambaran akan kemana sesudah lulus sekolah. Mereka dapat menentukan pilihan sesuai minat dan bakat masing-masing.

Abstract:  This Community Service Activity (PKM) is motivated by the confusion of grade 12 high school students in choosing what steps to take after graduating from school, whether to continue studying, work, take courses or open their own jobs. So there is a need for socialization about Merdeka Learning as a form of giving views to stu-dents at the Kesuma LKM Education Foundation. Activities are carried out using seminar and talk show methods. Freedom to learn provides the concept of how stu-dents are free to be creative according to their respective talents and interests. If you continue to study, you will be given an internship of 3 semesters of study at a col-lege outside the campus where you are studying. However, if high school graduates are unable to continue on to higher education due to several factors, they can take part in training facilitated by the Ministry of Manpower with the website provided. With this PKM activity, the students and the school received a positive response. The output obtained was that the 12th graders had an idea of where they were going after graduating from school. They can make choices according to their respective interests and talents.


Keywords


Campus, Free Learning, Community Service, Schools

Full Text:

PDF

References


Alam, S. (2016). Tingkat Pendidikan dan Pengangguran di Indonesia (Telaah Serapan Tenaga Kerja SMA/SMK dan Sarjana). Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi), XIX, 250–257.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Jurnal Konseling Andi Matappa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1, 77–82.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Indonesia, P. R., Rahmat, D., Yang, T., & Esa, M. (1989). Presiden republik indonesia, dengan rahmat tuhan yang maha esa. 1, 1–17.

Luwuk, O. J. S. U., & Luwuk, U. M. (n.d.). P-issn 2620-861x e-issn 2620-8628. 1–11.

Memperoleh, U., Sarjana, G., Universitas, P., Semarang, N., & Kharisma, N. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/. Economic Education Analysis Journal, 4(3).

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(2), 330–338.

Nurrohmatulloh, M. A. (2016). Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Siswa-siswi SMK Negeri 1 Samarinda Kelas XII). EJournal Psikologi, 4(4), 446–456. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/06/JURNAL ASEP (ONLINE) (06-02-16-06-41-54).pdf

Putranto, T. D. (2018). Kelas Sosial Dan Perempuan Generasi Z di Surabaya Dalam Membuat Keputusan Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.25139/jkp.v2i1.841

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era. Fitrah:Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Subarkah, A., & Nurkhin, A. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Efikasi Diri, dan Bimbingan karier Terhadap Minat Melanjutkan ke Pendidikan Tinggi Pada Siswaa SMA Negeri 1 Kejobong. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(2), 400–414. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj%0APENGARUH

Tohir, M. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/sv8wq

Wadu, L. B., Ladamay, I., & Jama, S. R. (2019). Keterlibatan Warga Negara Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Karang Taruna. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 1. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7546

Yadnyawati, I. A. G., & Winyana, I. N. (2020). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Penerus Bangsa. Widyanatya, 2(02), 18–24. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.1043

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v5i1.6989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: