MANAJEMEN KONTEN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WORDPRESS UNTUK GURU SMA N 7 YOGYAKARTA

Renna Yanwastika Ariyana, Prita Haryani, Irmah Gisfas

Abstract


Abstrak: Pandemi COVID-19 telah merubah berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali Pendidikan. Di tutupnya lembaga pendidiakn secara fisik disemua jenjang membuat transformasi menyeluruh pada kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar harus dilakukan secara online guna mendukung pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19. Guru yang merupaka elemen vital dalam pengajaran harus turut serta mengikuti alur perubahan tersebut. Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi merupakan solusi yang paling efektif yang dapat digunakan guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada para peserta didik. SMA Negeri 7 Yogyakarta sebagai salah satu sekolah yang harus melakukan proses pembelajaran secara online, tentu memerlukan beragam refrensi platform guna menunjang proses pembelajaran selama pandemi. Beragam pilihan platform online dapat digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran baik yang tersedia secara berbayar maupun gratis, salah satunya adalah WordPress. Dengan platform ini, guru dapat membangun dan bebas memodifikasi konten-konten pembelajaran yang akan di sampaikan kepada para peserta didik sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Abstract:  The COVID-19 pandemic has changed various sectors of life, including education. The closing of educational institutions physically at all levels makes a complete transformation of learning activities. The teaching and learning process must be carried out online to support the government in suppressing the spread of COVID-19. The teacher who is a vital element in teaching must participate in following the flow of these changes. Utilizing the development of information technology is the most effective solution that can be used by teachers in transferring knowledge to students. SMA Negeri 7 Yogyakarta as one of the schools that must carry out the online learning process, of course requires a variety of platform references to support the learning process during the pandemic. Various choices of online platforms can be used to deliver learning materials, both paid and free, one of which is WordPress. With this platform, teachers can build and freely modify learning content that will be conveyed to students according to their desired needs.


Keywords


COVID-19, pendidikan, WordPress, online, platform.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 1-5. doi:https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Anggreani, C., & Novitawati. (2021, Juli). IMPROVING EARLY CHILDHOOD EDUCATION TEACHER SKILL USING VIRTUAL LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. JCES (Journal of Character Education Society), 4(3), 533-540.

Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of Pandemic COVID-19 on the Teaching – Learning Process : A Study of Higher Education Teachers. Prabandhan: Indian Journal Of Management.

Arsa, D., & Nugraha, H. (2020, Agustus). Analisis Tingkat Kesadaran Penggunaan Free/Open Source Software (FOSS)pada Lembaga Pendidikan Indonesia. Jurnal Sains dan Sistem Informasi (JUSS), 3(1), 26-31. Diambil kembali dari https://online-journal.unja.ac.id/JUSS/article/view/10371/6518

Asmuni. (2020, Oktober). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281-288. Diambil kembali dari https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2941/2003

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv, 1-7. doi:10.31228/osf.io/yt6qs

Hariani, P. P., & Ngayomi Yudha, S. W. (2020, Juli). Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49. doi:https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. doi:https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

iiep. (2020, March 25). Three ways to plan for equity during the coronavirus school closures. Diambil kembali dari iiep: http://www.iiep.unesco.org/en/three-ways-plan-equity-during-coronavirus-school-closures-13365

Kemendikbud. (2020, Maret 24). SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9). Diambil kembali dari kementrian pendidikan dan kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Mustakim. (2020, Mei). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. Diambil kembali dari https://core.ac.uk/download/pdf/327171961.pdf

Puspitorini, F. (2020, Juli). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 99-106. Diambil kembali dari http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/274/232

Radhiani, A., & Sirwan. (2019). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal MediaTIK, 2(2), 1-7. doi:https://doi.org/10.26858/jmtik.v2i1.9822

Rochanah. (2020, Juli-Desember 2020). PERAN MAHASISWA PGMI IAIN KUDUS SEBAGAI AGENT OF CHANGE DI MASA PANDEMI COVID-19. ELEMENTARY Islamic Teacher Journal, 8(2), 339-357.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 91-98. doi:https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005

Wikipedia. (2019, Agustus 12). Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Diambil kembali dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Pendidikan,_Keilmuan,_dan_Kebudayaan_Perserikatan_Bangsa-Bangsa

Worldometers. (2021, Agustus 29). Covid-19 Corona Virus Pandemic. Diambil kembali dari Worldometers: https://www.worldometers.info/coronavirus/




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.7088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: