EVALUASI PELATIHAN CEFE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI KOTA CIMAHI

Ade Sadikin Akhyadi, Cucu Sukmana, Jajat Sudrajat Ardiwinata

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana pelatihan CEFE telah dievaluasi dalam hal penguatan program kewirausahaan. Penyelidikan menggunakan teknik kualitatif dari sudut pandang Emic. Dengan penelitian evaluatif, penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Untuk proyek ini, Daniel Stufflebeam menciptakan teknik penilaian program model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian diberikan kepada pelaku UMKM, pendamping, dan koordinator, beserta alat pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Menurut hasil penelitian, evaluasi pelatihan CEFE sangat berguna dalam manajemen pelatihan, terutama untuk menangani masalah di dunia bisnis, kemudian berdasarkan diskusi yang diadakan tentang pelatihan yang lebih terstruktur dan terfokus jika dibandingkan dengan tidak menggunakan model pelatihan dan terakhir manajemen ini menerapkan simulasi nyata pada dunia wirausaha, sehingga model ini sangat baik untuk digunakan para wirausahawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana jalannya evaluasi program pelatihan CEFE.

Keywords


Evaluasi, Pelatihan CEFE, Kemandirian.

Full Text:

PDF

References


A. Strauss & J. Corbin. (1990). Qualitative Research: Grounded theory Procedure and Techniques. Sage Publication.

Abadi, R. F., & Asmiati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning Pada Program Studi Pendidikan Khusus Di Universitas Sultan. 3(2), 344–354.

Anwar. (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. & C. J. S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Edisi kedu). PT. Bumi Aksara.

Bonnes, C. (2020). Approaches to Teaching in Professional Training : a Qualitative Study. 459–477.

Borg and Gall. (1989). Educational Research. New York and London: Longman.

Boyatzis, J. . (1998). Thematic Analysis and Code Development: Transforming Qualitative Information. London and New Delhi. Sage Publications.

Brookfield, S. (1984). Pembelajar Dewasa, Pendidikan Orang Dewasa dan Komunitas (N. Y. Universitas Columbia (ed.)). Pers Perguruan Guru.

Carracedo, F. S., Soler, A., Martín, C., López, D., Ageno, A., Cabré, J., Garcia, J., Aranda, J., & Gibert, K. (2018). Competency Maps : an Effective Model to Integrate Professional Competencies Across a STEM Curriculum.

Chu, PH. and Chang, Y. (2017). John W, Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Journal of Social and Administrative Sciences (Vol. 4, Issue June, pp. 3–5).

Fraenkel, J.R., & Wallen, N. E. (2016). How To Design And Evaluate Research In Education (6th ed).

Marzuki, S. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Produktif, K., & Pkbm, D. I. (2008). STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM Puji Hadiyanti. 17(April).

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta : Bumi Aksara.

Taqiyuddin.M. (2008). Pendidikan Untuk Semua: Dasar dan Falsafah Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta : Mulia Press.

Tayibnapis, Y. F. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta : Renika Cipta.

Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.8333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: