Inovasi Pelayanan Publik Izin Mendirikan Bangunan Di Kota Bukittinggi

Fiyolla Junita Sari, Nellis Mardhiah

Abstract


: Izin  Mendirikan  Bangunan  (IMB)  merupakan  bentuk  perizinan  yang  diberikan  oleh  Dinas Penanaman  Modal  Terpadu  Satu  Pintu  Perindustrian  dan  Tenaga  Kerja  (DPMPTSPPTK)  di  Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami inovasi pelayanan publik IMB di Kota Bukittinggi. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data secara primer amaupun sekunder sesuai dengan objek penelitian yang telah ditetapkan Objek penelitian yaitu kesiapan sumber DPMPTSPPTK dalam memberikan pelayanan IMB berbasis sistem dan inovasi SIMBG dalam IMB. Berdasarkan hasil penelitian proses penerapan inovasi pelayanan publik SIMBG sudah berjalan dengan baik. Namun dalam penerapan SIMBG masih terdapat SDM belum paham tentang penggunaan   SIMBG.   Maka   dengan   demikian   DPMPTSPPTK   Kota   Bukittinggi   memperhatikan aksesibilitas  dari  tekonologi  yang  diterapkan,  karena  teknologi  informasi  dan  kecanggihan  inovasi pelayanan dalam prakteknya banyak sumber daya manusia kurang paham dalam penggunaan teknologi. Dengan tujuan dapat  menerapkan SIMBG dalam pelayanan IMB lebih efektif pada masa yang akan datang.


Keywords


Service Innovation, Building Permits, Service Innovation

Full Text:

PDF

References


Fajrianti, S. P. (2021). Aplikasi Simponie sebagai Inovasi Pelayanan Publik untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan di Kota Tangerang Selatan. Epistemik: Indonesian Journal of Social and …, 2(1), 13–26.

https://journal.epistemikpress.id/index.php/Epistemik/article/view/45%0Ahttps://jo urnal.epistemikpress.id/index.php/Epistemik/article/download/45/36

Irawan, B., Nizar, M., Akbar, P., & Khanz, A. H. (2020). Inovasi Pelayanan Permohonan Pengajuan Izin Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda. Matra Pembaruan, 4(2), 135–145. https://doi.org/10.21787/mp.4.2.2020.135-145

Junaidi, R. (2012). Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24 Tahun

Tentang Pedoman Teknis IMB ( IMB ) Gedung di Kabupaten Jombang Rahmad Junaidi. Jurnal Jejaring Administrasi Publik, 8, 162–174. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-admp6f01a677322full.pdf

Kiptiyah, M., Pudyaningsih, A. R., & Oktafiah, Y. (2019). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penerbitan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jurnal EMA, 4(1), 30–37. https://doi.org/10.47335/ema.v4i1.36

M Eko Atmojo, Helen Dian F, V. P. P. (2021). Analisis Studi Komparasi Penyelenggaraan Inovasi Pelayanan Publik Di Era New Normal. Jurnal Transformasi Administrasi, 11, 109–123.

Maysara, M., & Asari, H. (2021). Inovasi Pelayanan Publik melalui Sistem Aplikasi Potensi Investasi (Siapi) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP),

(September), 215–226. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i3.290

Mirdawati, Jamaluddin, Niswaty, R., Darwis, M., & Salam, R. (2018). Keefektifan Pelayanan IMB pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 37–44. https://ojs.unm.ac.id/iap/article/view/6535/3724

Publik, I. A., & Mab, U. (2019). Kualitas Pelayanan Dalam Penerbitan Izin Mendirikan

Bangunan ( Imb ) Pada Kantor Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.

Qodariah, A. L. (2020). Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Lebak. Peluang. http://ejurnal.ukim.ac.id/index.php/peluang/article/view/303

Setyawan, N. R., Kalalinggi, R., & Anggraeiny, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program E-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda. EJournal Pemerintahan Integratif, 7(1), 11–20.

Suparman, N. (2017). Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada

Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Jurnal Borneo Administrator, 13(1), 41. https://doi.org/10.24258/jba.v13i1.274

Tasyah, A., Septiya, S., Jasriyani Putri, S., Agung Fernanda, R., & Chesilia Azani, P. (2021). Best practice kebijakan e-government dalam mengimplementasikan pelayanan publik di era new normal. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1),

–33. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.163

TUMANGGOR, P. R. (2019). PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIK PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN

TESIS Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Administrasi Publik Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik pada progra.

Yohanes Susanto, & R.A. Zubaidah. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan dan Penulisan Inovasi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Tahun 2021. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i2.102




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v10i2.11866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: